Home » » Cara Menentukan Garis Bujur dan Garis Lintang

Cara Menentukan Garis Bujur dan Garis Lintang

Untuk dapat menentukan letak suatu tempat salah satunya adalah dengan menggunakan Google Map yang merupakan layanan pemetaan  yang dikembangkan oleh Google. Melalui Google Map  kita dapat melihat informasi geografis pada hampir semua wilayah di muka bumi. Layanan ini interaktif, karena di dalamnya peta dapat digeser sesuai keinginan pengguna, mengubah tingkat zoom, serta mengubah tampilan peta. Google maps juga menawarkan peta yang dapat diseret dan gambar setelit untuk seluruh dunia, serta menawarkan rute perjalanan.

Google Maps dibuat dengan menggunakan kombinasi dari gambar peta, database, serta objek-objek interaktif yang dibuat dengan bahasa pemrograman HTML, Javascript, dan AJAX, serta beberapa bahasa pemrograman lainnya. Gambar-gambar peta yang muncul pada layar merupakan hasil komunikasi dari pengguna dengan database pada web server google untuk menampilkan gabungan dari potongan-potongan gambar yang diminta. 

Seluruh citra yang ada diintegrasikan ke dalam suatu database pada google server, yang nantinya akan dipanggil sesuai kebutuhan permintaan. Bagian-bagian gambar peta yang merupakan gabungan dari gambar-gambar yang mewakili gambar tertentu dalam longitude, latitude, dan zoom level tertentu.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya aplikasi ini dapat digunakan untuk menentukan koordinat suatu tempat. Misalnya saja sekolah, kantor, jalan, dan masih banyak yang lainnya. Misalnya jika kita ingin melihat koordinat suatu tempat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Buka browser anda, seperti Mozilla Firefox, atau google chrome yang ada di computer kalian masing-masing. Pilihlah maps yang tertera pada menu google yang sudah di akses.
  2. Ketik nama lokasi atau tempat yang dimaksud pada kolom pencarian yang sudah tersedia. Karena yang saya contohkan adalah UPK Lumbir, maka masukan UPK Lumbir di kolom pencarian. Jika tempat yang kita cari sudah ada dalam Google Map maka akan langsung dibawa menuju ke temapat yang dimaksud (tanda merah).
  3. Untuk menemukan koordinat tempat silahkan klik kanan tanda merah tadi kemudian pilih "Ada apa di sini?'
  4. Setelah itu akan ditunjukan koordinat tempat tersebut. Pada contoh koordinat UPK Lumbir adalah -7.443148 (latitude= garis lintang, 108,957423(longitude = garis bujur). Jika akan menggunakan garis lintang dan bujur maka UPK Lumbir terletak di 7.443148 LS, dan 108,957423 BT.
Garis Bujur dan Garis Lintang

Perlu pemahaman  pada kordinat tempat tersebut adalah kode (-) negatif dan Positif.
  1. Koordinat lokasi bumi dengan GPS memiliki dua angka menunjukan garis horisontal dan vertikal. Diawali dengan dua koordinat letak bumi dari angka depan Latitude (ketinggian) dan angka belakang Longitude (panjang)
  2. Latitude = garis lintang mengarah dari khatulistiwa (0) ke kutub selatan, atau khatulistiwa ke kutub utara (sudut 0-90 dan 0 -(-90). Latitude adalah garis yang horisontal / mendatar. Titik 0 adalah sudut ekuator, tanda + menunjukan arah ke atas menuju kutub utara, sedangkan tanda minus di koordinat Latitude menuju ke kutub selatan. Titik yang dipakai dari 0 ke 90 derajat ke arah kutub utara, dan 0 ke -90 derajat ke kutub selatan
  3. Longitude = garis bujur adalah garis horizontal seperti dari khatulistiwa. Sudut 0 (Greenwich) ke arah Hawai adalah 0-180, sedangkan kebalikannya dari 0 ke -180. Longitude adalah garis lintang . Angka dari sudut bundar bumi horisontal. Titik diawali dari 0 ke 180 derajat, dan 0 ke (-180) ke arah sebaliknya. Titik 0 dimulai dari garis negara Inggris. Mengarah ke Indonesia akan menjadi angka positif. Kebalikannya koordinat Longitude minus adalah arah kebalikan.
Garis Bujur dan Garis Lintang
Dengan mengetahui penjelasan mengenai kedua tanda tersebut maka kita dapat menentukan kordinat suatu tempat. Hal-hal yang perlu diingat adalah sebagai berikut.

  1. Negara-negara atau tempat yang berada di Lintang Utara (Inggris = N) bertanda koordinat latitude positif (tidak ditulis), sedangkan negara atau wilayah yang berada di Lintang Selatan (Inggris = S) memiliki latitude bertanda negatif (-). Misalnya Kota Canberra Australia memiliki koordinat (-35.292605, 149.123593) karena Canberra terletak di Lintang Selatan dan Bujur Timur. Kota Montevideo di Uruguay memiliki koordinat (-34.900513, -56.171366) karena kota ini terletak di Lintang Selatan dan Bujur Barat.
  2. Negara-negara atau wilayah yang berada di Bujur Timur (Inggris = E) bertanda longitude positif (tidak ditulis), sedangkan negara-negara atau wilayah yang berada di Bujur Barat (Inggris = W) bertanda longitude negatif (-). Misalnya kota Moscow, Rusia memiliki koordinat (55.759336, 37.615898) karena Moscow berada di Listang Selatan dan Bujur Timur. Kota Guinea Bissau koordinatnya (12.120590, -14.671827) karena kota ini terletak di Lintang Selatan dan Bujur Barat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:57 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....