Home » » Cara Kerja Sebuah Web

Cara Kerja Sebuah Web

Sebuah web browser adalah program perangkat lunak yang gunakan untuk mengakses World Wide Web dari Internet. Meskipun penjelajah web terutama ditujukan untuk mengakses Internet, sebuah penjelajah juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau berkas pada sistem berkas. Browser pertama, yang disebut NCSA Mosaic, dikembangkan di Pusat Nasional untuk Aplikasi Super Komputer di awal 1990-an.

Sat ini ada beberapa penjelajah web yang populer adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari. Meskipun banyak browser yang berbeda yang tersedia, Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox yang jauh yang paling populer. Pendatang baru di pasar penjelajah web adalah Google Chrome. Pertama kali dirilis pada bulan September 2008, popularitas Chrome meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun. 

Peningkatan ini berbanding terbalik dengan popularitas Internet Explorer yang cenderung menurun. Pada Desember 2011, Google Chrome menyalip Internet Explorer 8 sebagai web browser yang paling banyak digunakan namun tetap lebih rendah jika dibandingkan dengan jumlah gabungan semua versi Internet Explorer yang digunakan.

A. Anatomi Browser
Ketika pertama kali membuka browser web, biasanya dengan mengklik dua kali pada icon di desktop komputer, halaman web yang telah ditetapkan muncul. Halaman ini disebut sebagai halaman “home” atau halaman awal. Dengan Google Chrome misalnya, mungkin anda akan dibawa ke halaman awal Google Chrome atau ke halaman yang dipilih oleh penyedia layanan Internet.
Halaman Utama Browser
Pada tingkat yang paling sederhana, Web secara fisik terdiri dari komputer pribadi atau perangkat mobile, perangkat lunak web browser, sambungan ke penyedia layanan Internet, komputer yang disebut server yang disebut hosting dan router dan switch yang mengarahkan aliran informasi.

Ada banyak pilihan perangkat lunak server, tetapi dua yang paling populer adalah Apache (perangkat lunak open source untuk server) dan Internet Information Services (IIS ) dari Microsoft. Apache tersedia secara bebas untuk komputer berbasis Unix dan dapat diinstal pada Mac menjalankan Mac OS X. Ada versi Windows juga. Microsoft IIS adalah bagian dari keluarga Microsoft.

Setiap komputer dan perangkat (modem, router, smartphone, mobil, dll) yang terhubung ke Internet diberi alamat IP numerik yang unik (IP singkatan dari Internet Protocol). Sebagai contoh, komputer yang dihosting google.com memiliki alamat IP 173.194.34.99. Semua angka-angka tersebut dapat memusingkan, untungnya ada Domain Name System (DNS) yang dikembangkan untuk memungkinkan kita merujuk ke server dengan nama domainnya, "google.com ", Pencocokan nama domain ke alamat IP numerik masing-masing adalah tugas dari server.

Sebuah halaman web adalah dokumen elektronik yang ditulis dalam bahasa komputer yang disebut HTML (Hypertext Markup Language). Setiap halaman web memiliki alamat yang unik, yang disebut URL atau Uniform Eerources Locator yang mengidentifikasi di mana web server yang memuat dokumen web.

Sebuah website memiliki satu atau lebih halaman web terkait, tergantung pada bagaimana itu dirancang. Halaman web pada situs yang dihubungkan bersama melalui sistem hyperlink, memungkinkan untuk melompat di antara halaman web dengan mengklik pada link.

Link muncul dalam warna yang berbeda dari teks - biasanya dengan warna biru dan sering digarisbawahi. Bila memindahkan kursor di atas link teks atau melalui link grafis, perubahan icon dari panah ke tangan.

B. Memahami Alamat Web
Uniform Resource Locators atau URL adalah alamat yang digunakan untuk menemukan file. Informasi yang terkandung dalam URL memberi kemampuan untuk berpindah dari satu halaman web yang lain hanya dengan klik. 

Ketika mengetik URL ke browser atau klik link hypertext, browser mengirim permintaan ke komputer remote, yang disebut server web, untuk mendownload satu atau lebih file. Setiap URL unik, mengidentifikasi satu file tertentu. Berikut adalah contoh URL:


Bagian pertama dari URL (sebelum dua garis miring ) memberitahu jenis sumber daya atau metode akses di alamat itu. Sebagai contoh:
  1. http : dokumen hypertext atau direktori (http://www.google.co.id/)
  2. ftp : file yang tersedia untuk di-download atau direktori file tersebut news : newsgroup (ftp://labs.if.undip.ac.id)
  3. file : file yang terletak pada drive lokal komputer Anda (file:///C:/Users/Admin/Documents/GERAK_TARI_RANTAYA_PUTRA_ALUS.htm)

Bagian kedua biasanya adalah alamat komputer di mana data atau layanan berada. Bagian tambahan mungkin menentukan nama file, port untuk menghubungkan ke, atau teks untuk mencari dalam database.

Bagian Bagian URL
Sebuah URL lengkap umumnya terdiri dari tiga komponen : protokol, nama situs, dan path absolut ke dokumen atau sumber daya, seperti yang ditunjukkan pada contoh berikut.
http://www.mikirbae.com/2016/08/sejarah-pengembangan-web.html

http://
Hal pertama yang dilakukan adalah URL menentukan protokol yang akan digunakan untuk transaksi tertentu. Aturan HTTP membiarkan server tahu untuk menggunakan Hypertext Transfer Protocol, atau masuk ke dalam "modus web"

www.mikirbae.com
Bagian berikutnya dari URL mengidentifikasi situs dengan nama domainnya. Dalam contoh ini, nama domain adalah mikirbae.com. www di bagian awal adalah nama host tertentu di domain tersebut. Nama host " www " telah menjadi sebuah kesepakatan. Tetapi, kadang-kadang nama host dapat dihilangkan. Bisa lebih dari satu website di domain (kadang-kadang disebut subdomain). Misalnya, ada : blog.mikirbae.com, gadget.mikirbae.com, dan sebagainya.

/2016/08/sejarah-pengembangan-web.html
Ini adalah path absolut melalui direktori pada server ke dokumen HTML yang diminta. Kata-kata dipisahkan oleh garis miring adalah nama direktori, dimulai dengan direktori root dari host,

Sebagian dari URL yang akan menggunakan start dengan http, yang merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, metode yang file HTML yang ditransfer melalui Web. Berikut adalah beberapa hal-hal lain untuk mengetahui tentang URL :
  1. Sebuah URL biasanya tidak memiliki spasi.
  2. Penulisan URL tidak sensitif huruf besar-kecil. Jadi mengetik "http://www.kemdikbud.go.id" atau "HTTP://WWW.KEMDIKBUD.GO.ID" atau variasi huruf besar dan kecil akan membawa ke halaman yang sama.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:03 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....