Home » » Tugas Pemimpin di Lembaga Politik

Tugas Pemimpin di Lembaga Politik

Lembaga politik merupakan seperangkat norma yang dijadikan kesepakatan bersama yang juga menyangkut dalam bidang politik dan juga mengkhususkan diri pada pelaksanaan kekuasaan dan wewenang. 

Politik digunakan oleh seseorang untuk menguasai dan menjalankan roda pemerintahan suatu wilayah yang dikuasainya, umumnya negara. Dengan politik sang penguasa bisa mempengaruhi masyarakat, menguasai suatu wilayah serta menjalankan roda pemerintahannya.

Dalam menjalankan roda politik diperlukan suatu badan yang disebut dengan lembaga politik. Fungsi lembaga politik sendiri adalah menjalankan roda perpolitikan dengan menjalankan tugasnya semaksimal mungkin agar roda perpolitikkan dapat berjalan dengan lancar.
lembaga politik
Agar persatuan dan kesatuan terjaga, maka negara membutuhkan pejabat-pejabat untuk mewujudkannya. Pejabat-pejabat yang menjalankan lembaga politik antara lain Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, Lurah/Kepala Desa, Ketua Rukun Warga, dan Ketua Rukun Tentangga. Berikut ini beberapa pemimpin di lembaga politik beserta kelembagaan dan jabatannya, prestasi atau
program yang mengamalkan nilai persatuan dan kesatuan, dan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki.
Presiden Joko Widodo
LembagaPresiden (Politik)
JabatanPresiden Republik Indonesia
Tugas
Tugas Presiden sebagai Kepala Negara tercantum dalam peraturan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai berikut :
  1. UUD 1945 Pasal 10: Presiden memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.
  2. UUD 1945 Pasal 13 ayat 1: Presiden mengangkat duta dan konsul.
  3. UUD 1945 Pasal 13 ayat 3: Presiden menerima penempatan duta negara lain dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat.
  4. UUD 1945 Pasal 29 Ayat 2: Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu
  5. UUD 1945 Pasal 31 Ayat 4: Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional
  6. UUD 1945 Pasal 32 Ayat 1: Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.
  7. UUD 1945 Pasal 32 Ayat 2: Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.
  8. UUD 1945 Pasal 34 Ayat 1: Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.
  9. UUD 1945 Pasal 34 Ayat 2: Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan
  10. UUD 1945 Pasal 34 Ayat 3:  Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak
PrestasiBekerja, bekerja, bekerja” merupakan slogan dalam kepemimpinan Jokowi dalam menakhodai negara ini ternyata Jokowi menghadapinya dengan memberi keteladanan bekerja sebagai bhakti kepada negerinya menciptakan Indonesia negara besar dan bermartabat.

Presiden RI ini diolok-olok dan difitnah oleh kekuatan lama dan para lawan politiknya, satu per satu dibalas dengan bukti kerja nyata dan niat lurus untuk bangsa dan negaranya. 
Nilai KepemimpinanKeteladanan beliau dalam menempatkan kepemimpinan yang melayani masyarakat, sederhana, bisa menjadi panutan seluruh rakyat. Gagasan revolusi mental sangat dibutuhkan seluruh lapisan masyarakat. Perubahan gaya hidup, pola pikir menuju masyarakat Indonesia yang maju, mandiri dan sejahtera.
Gubernur DKI Jakarta Ahok
LembagaPemerintah DKI (Politik)
JabatanGubernur
Tugas
Sebagai wakil pemerintah pusat, gubernur memiliki tugas dan wewenang sebagai berikut, sebagaimana juga tertuang pada UU No.32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah
  1. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota.
  2. Koordinasi penyelenggaraan urusan pemerintah di daerah provinsi dan kabupaten/kota.
  3. Koordinasi pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan tugas pembantuan di daerah provinsi dan kabupaten/kota.
Prestasi
Mekanisme penyusunan anggaran Pemprov DKI yang menggunakan sistem e-budgeting.  Penyusunan anggaran melalui sistem e-budgeting tersebut sudah transparan dan akuntabel.

Terobosan yang dilakukan Basuki terkait proses perizinan dengan membentuk pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang memudahkan masyarakat.

Langkah Basuki dalam menjamin kesejahteraan masyarakat dengan pembagian kartu-kartu, seperti Kartu Jakarta Pintar, Kartu Jakarta Sehat, dan juga Kartu E-Natura yang masih direncanakan.
Nilai KepemimpinanGaya kepemimpinannya yang dikenal tegas membuat semua pejabat di DKI Jakarta jika melakukan kesalahan pasti mendapat semprotan dari Ahok. Gaya kepemimpinan tersebut sebuah upaya untuk mempengaruhi orang lain dan menggerakannya untuk mencapai suatu tujuan yag telah ditetapkan .

Ahok lebih mengutamakan kepentingan rakyat yang dipimpinnya dibandingkan kepentingan partainya sehinggah ahok memiliki pengaruh yang kuat dimasyarakat.

Jujur itu hebat gaya inilah yang dimiliki Ahok gaya kejujuran dalam memimpin ketika kejujuran dimiliki seorang pemimpin maka kepercayaan dari rakyat dapat dimilikinya.
Walikota Tri Rismamaharini
LembagaPemerintah Kota Surabaya (Politik)
JabatanWalikota
Tugas
Wali Kota memiliki tugas dan wewenang memimpin penyelenggaraan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD Kota.
Prestasi
Taman-taman kota yang dibangun Risma adalah pemugaran taman bungkul di Jalan Raya Darmo dengan konsep all-in-one entertainment park, taman di Bundaran Dolog, taman buah Undaan, serta taman di Bawean, dan di beberapa tempat lainnya yang dulunya mati sekarang tiap malam dipenuhi dengan warga Surabaya.

Kota Terbaik Se-Asia Pasifik versi Citynet pada tahun 2012.
Penghargaan Kota Berkelanjutan ASEAN, Enviromentally Award 2012.
Masuk nominasi 10 wanita paling inspiratif 2013 versi Majalah Forbes pada tahun 2013.

Meraih 2 kategori penghargaan tingkat Asia Pasifik dalam ajang FutureGov Award 2013, yakni data center melalui Data Center Pemerintah Kota Surabaya dan Data Inclusion melalui Broadband Learning Center (BLC). Menyingkirkan 800 kota di Asia Pasifik.
Nilai KepemimpinanPemimpin yang menunjukkan standar tinggi dari tingkah laku moral dan etika, serta menggunakan kemampuan untuk menggerakkan individu maupun kelompok terhadap pencapaian misi mereka dan bukan untuk nilai perseorangan.

Langkah Risma yang begitu berani untuk membawa perubahan di Kota Surabaya ialah keberaniannya untuk menutup tempat lokalisasi  terbesar di Asia Tenggara yakni Dolly.

Gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh Risma menunjukkan bahwa berbagai usaha yang dilakukan Risma untuk memperbaiki dan membawa perubahan yang lebih baik bagi warga Kota Surabaya.
Camat Sartika Mayasari
LembagaPemerintah Kecamatan (Politik)
JabatanCamat Blangkenjeran
Tugas
Kecamatan mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan Pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah. Untuk menyelenggarakan tugas pokok Kecamatan mempunyai fungsi :
  1. Penyusunan rencana program dan kegiatan dalam jangka pendek, menengah dan panjang
  2. Penyelenggaraan administrasi perkantoran meliputi urusan perencanaan dan evaluasi, keuangan serta umum dan kepegawaian ;
  3. Perumusan kebijakan teknis sesuai lingkup tugasnya;
  4. Pembinaan organisasi dan aparatur Kelurahan;
  5. Pengawasan dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Kelurahan;
  6. Pembinaan kependudukan dan kemasyarakatan di Kelurahan;
  7. Penyelenggaraan pemerintahan, ketentraman dan ketertiban umum, Pelayanan umum, Kesejahteraan Rakyat serta pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  8. Melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  9. Pelaksanaan koordinasi terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan oleh perangkat daerah di Kecamatan;
  10. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya;
Prestasi
Camat menjadi Nominee Citra Kartini Bidang Pemerintahan tingkat Nasional di tahun 2013.
Nilai KepemimpinanSetinggi apapun jabatan perempuan, tetap saja perempuan yang memiliki kodrat sebagai istri dan ibu.

Karir bukanlah tujuan namun itu given (pemberian/amanah-red) jangan terlalu terobsesi untuk mendapatkan jabatan namun harus disyukuri untuk berkarya yang manfaatnya dapat dirasakan masyarakat banyak.
Lurah Aryadi Wardoyo
LembagaPemerintah Kelurahan (Politik)
JabatanLurah Tlogomas
Tugas
Lurah mempunyai tugas pokok menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dan melaksanakan urusan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota. Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut Lurah mempunyai tugas:
  1. Pelaksanaan kegiatan pemerintahan kelurahan
  2. Pemberdayaan masyarakat
  3. Pelayanan masyarakat
  4. Penyelenggaraan ketentrataman dan ketertiban umum
  5. Pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum
  6. Pembinaan lembaga kemasyarakatan di tingkat kelurahan
Prestasi
Kelurahan Tologomas menjadi juara I kelurahan berprestasi, dan berhak meraih penghargaan: “ADIKARYA BHAKTI PRAJA TAHUN 2014”.
Nilai KepemimpinanKemampuan mempengaruhi orang lain agar bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara berbagai kegiatan yang akan dilakukan ditentukan bersama antara pimpinan dan bawahan.
Ketua RW H. Edy Karman, SE,
LembagaRukun Warga (Politik)
JabatanRW 06 Kelurahan Gandaria Selatan
TugasTugas seorang ketua RW antara lain :
  1. Membantu menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah.
  2. Memelihara kerukunan hidup warga.
  3. Menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.
PrestasiWarga RW 06 Kelurahan Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta memetik hasil atas jerih payah dalam pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM). Atas kesuksesan ini mengantarkan RW 06 sebagai juara pertama Lomba Kinerja RW tingkat Kota Jaksel dan menjadi wakil Jaksel dalam lomba serupa di tingkat DKI Jakarta.
Nilai KepemimpinanSebagai tokoh masyarakat, Edy bahu membahu bersama warga dalam mengelola seabrek program pembangunan di tingkat RW. Meliputi Sistem Administrasi dan Pelayanan Masyarakat, Membangun Rumah Serba Guna, Bank Sampah Abuserin, Tanaman Obat Keluarga ( TOGA ), Koperasi Wanita Prima ( Kopwan Prima ), Kota Layak Anak, RW Siaga dan membudidayakan ternak ikan lele.
Ketua RT
LembagaRukun Tetangga (Politik)
JabatanRT 05 Bhakti Jaya Depok
Tugas
Tugas seorang ketua RT antara lain :
  1. Membantu menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota; 
  2. Memelihara Kerukunan hidup warga;
  3. Menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.
Prestasi
Warga RT 05 Bhakti Jaya menjadi juara lomba pemukiman sehat dengan Pola Hidup Bersih & Sehat (PHBS) serta lomba tingkat RT bersih & hijau, yang digagas Dinas Kesehatan, dimenangkan oleh RT 05 RW 10 Kelurahan Baktijaya Kec. Sukmajaya.
Nilai KepemimpinanSebagai tokoh masyarakat, bahu membahu bersama warga dalam mengelola area pemukiman, drainase, ruang terbuka hijau, tempat pengolahan sampah (TPS), pemilahan sampah, pengolahan sampah, jalan lingkungan, sarana penunjang kehidupan lingkungan, dan bank sampah
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:05 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....