Home » » Fitur Fitur Baru Dapodik 2016

Fitur Fitur Baru Dapodik 2016

Hari Senin Tanggal 18 Juli 2016 adalah Hari Pertama Sekolah di Tahun Pelajaran 2016/2017, hari dimulainya proses pembelajaran di tahun pelajaran baru. Memasuki Tahun Pelajaran Baru 2016/2017 ini Aplikasi Dapodik juga akan memasuki era baru, dimana akan dirilis Aplikasi Dapodik 2016. 

Aplikasi Dapodik 2016 adalah pengembangan dan penggabungan dari Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK, jadi Aplikasi Dapodik 2016 dapat digunakan untuk sekolah jenjang SD, SMP, SLB, SMA dan SMK. Secara teknis Aplikasi Dapodik 2016 juga mendapatkan pengembangan dan perubahan yang cukup banyak, baik dari sisi tampilan, pengembangan prosedur Registrasi maupun penambahan fitur dan atribut-atribut data baru lainnya.

A. Fitur Baru Di Dapodik Versi 2016
Di tahun pelajaran 2016/2017 yang baru tentunya banyak sekali data-data di Aplikasi Dapodik yang harus di lakukan  pemutakhiran dan data baru yang harus dimasukkan. Perubahan versi aplikasi dari V 4.1.1 untuk sekolah dasar juga diikuti oleh beberapa perubahan. Aplikasi baru juga membawa perubahan-perubahan baik tampilan maupun fitur aplikasi. Beberapa perubahan yang dilakukan antara lain sebagai berikut.
  1. Satu aplikasi untuk semua satuan pendidikan, tidak ada lagi Dapodik Paud, Dapodik Das, dan Dapodik Men.
  2. Registrasi dapat dilakukan dengan cara online dan offline. Registrasionline tidak memerlukan data prefill, Registrasioffline memerlukan data prefill. Registrasi menggunakan username dan password yang terdaftar di server Dapodik (sama dengan saat unduh prefill).
  3. Halaman generate prefill yang baru, untuk dapat melakukan generate prefill dibutuhkan username dan password yang terdaftar di server Dapodik (sinkronisasi terakhir). Kolom yang harus diisi antara lain jenjang pendidikan, Ussername, Password dan Kode Registrasi.
  4. Kab/kota bertanggung jawab atas pengguna Dapodik. Otoritas KKDATADIK Kab/Kota antara lain Registrasi data operator sekolah baru (username dan password), Reset password aplikasi Dapodik (jika diperlukan), Penonaktifan operator sekolah (jika diperlukan), dan Reset koderegistrasi.
  5. Fungsi tambah PTK Baru dinonaktifkan sehingga untuk menambah PTK baru dapat dilakukan oleh KKDATADIK dan Bidang Kepegawaian Dinas pendidikan kabupaten/kota.
  6. Foto profil pengguna dan sekolah, namun foto ini hanya tersimpan di database lokal saja, tidak terkirim ke server pusat
  7. Pembaruan menu sanitasi, pembaruan menu MoU Kerjasama untuk SMK

B. Persiapan Operator Sekolah
Pada Aplikasi Dapodik 2016 database telah dilakukan upgrade versi untuk mengakomodir perkembangan kebutuhan. Maka untuk menggunakan Aplikasi Dapodik 2016 sekolah yang sebelumnya menggunakan Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB versi 4.1.1 dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK versi 8.4.0 harus melakukan install ulang menggunakan Installer Dapodik 2016 dan melakukan registrasi ulang kembali. 

Terdapat pengembangan cara registrasi pada Aplikasi Dapodik 2016, yaitu dapat dilakukan secara Off Line dan On Line. Secara garis besar methode Off Line dilakukan dengan mendownload prefill sedangkan methode On Line registrasi dilakukan secara on line tanpa perlu mendownload prefill sebelumnya. Untuk keperluan registrasi ini maka Operator Dapodik harus menyiapkan:
  1. Persiapan Komputer server.  Spesifikasi perangkat keras yang diperlukan adalah: Processor minimal Pentium Core Duo, Memory minimal 2 GigaByte, Storage tersisa minimal 400 MegaByte, CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD
  2. Spesifikasi perangkat lunak yang diperlukan adalah: Windows 7 32 & 64 Bit, Windows 8 32 & 64 Bit, Windows 8.1 32 & 64 Bit, Windows 10 32 & 64 Bit, Layar Monitor dengan resolusi minimal 1024 x 768, Terpasang web Browser versi baru, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Comodo, dan UC Browser
  3. Kode Registrasi diperlukan untuk melakukan download prefill atau registrasi online. Untuk SMA dan SMK kode registrasi dapat dilihat pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Sedangkan untuk SD, SMP dan SLB dapat meminta/menanyakan ke KKdatadik di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
  4. Akun Aplikasi Dapodik. Siapkan akun aplikasi Dapodik berupa user dan password yang telah diregistrasikan pada aplikasi Dapodik versi sebelumnya  dan telah terdaftar di server Dapodik Pusat. Akun berupa user dan password ini akan diperlukan untuk melakukan download prefill atau registrasi online. Bagi operator baru (SD/SMP/SLB/SMA/SMK) dapat meminta user dan password Aplikasi Dapodik dari operator lama atau meminta dibuatkan akun baru kepada: KKdatadik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Tim Support Dapodikdasmen Pusat.
  5. Siapkan data peserta didik penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar) Bagi peserta didik yang bersedia menerima KIP, inputkan data yang diminta sesuai dengan yang tertera pada KIP. Bagi peserta didik yang tidak bersedia menerima KIP , inputkan alasannya (menolak, sudah mampu, menerima bantuan sejenis dari PEMDA).
  6. Formulir pendataan yang telah diisi dan di validasi oleh pemilik data akan menjadi dasar bagi Operator Dapodik dalam entry data dan pemutakhiran data di Aplikasi Dapodik. 

C. Diagram Alir Tambah PTK Baru
Aplikasi baru dapodik ini tidak ada fitur untuk menambah PTK Baru, namun penambahan PTK baru dilakukan oleh KKDATADIK dan Bidang Kepegawaian Dinas pendidikan kabupaten/kota. Alur yang digunakan adalah sebagai berikut.
Diagram Alir Tambah PTK Baru

Penjelasan dan pemahaman mengenai pengembangan Aplikasi Dapodik 2016 terdapat dalam Panduan Singkat Aplikasi Dapodik 2016. Silahkan bagi anda yang membutuhkan unduh di web dapodik. Panduan ini akan berisi penjelasan singkat mengenai perkembangan dan perubahan-perubahan pada Aplikasi Dapodik 2016, sekaligus sebagai panduan untuk melakukan upgrade dari aplikasi Dapodik versi lama menjadi Aplikasi Dapodik 2016.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:22 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....