Home » » Daftar Nama Taman Nasional Di Indonesia

Daftar Nama Taman Nasional Di Indonesia

Taman nasional  adalah Kawasan Pelestarian Alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Kriteria suatu wilayah dapat ditunjuk dan ditetapkan sebagai kawasan taman nasional antara lain memiliki sumber daya alam hayati dan ekosistem yang khas dan unik yang masih utuh dan alami serta gejala alam yang unik, memiliki satu atau beberapa ekosistem yang masih utuh, mempunyai luas yang cukup untuk menjamin kelangsungan proses ekologis secara alami; dan merupakan wilayah yang dapat dibagi kedalam zona inti, zona pemanfaatan, zona rimba, dan/atau zona lainnya sesuai dengan keperluan.

Taman nasional dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan; misalnya : tempat penelitian, uji coba, pengamatan fenomena alam, pendidikan dan peningkatan kesadartahuan konservasi alam; misalnya : tempat praktek lapang, perkemahan, out bond, ekowisata,, penyimpanan dan/atau penyerapan karbon, pemanfaatan air serta energi air, panas, dan angin serta wisata alam; misalnya : pemanfaatan air untuk industri air kemasan, obyek wisata alam, pembangkit listrik (mikrohidro/pikohidro).
Daftar Nama Taman Nasional Di Indonesia
Selain itu taman nasional juga untuk pemanfaatan tumbuhan dan satwa liar; misalnya : penangkaran rusa, buaya, anggrek, obat-obatan, pemanfaatan sumber plasma nutfah untuk penunjang budidaya; misalnya : kebun benih, bibit, perbanyakan biji, pemanfaatan tradisional.  Pemanfaatan tradisional dapat berupa kegiatan pemungutan hasil hutan bukan kayu, budidaya tradisional, serta perburuan tradisional terbatas untuk jenis yang tidak dilindungi.

Di Indonesia sendiri ada banyak Taman Basional yang tersebar di pulau-pulau yang ada di Indonesia. Berikut ini daftar nama taman nasional yang ada di Indonesia berdasarkan pulau di mana taman tersebut berada.

A. Bali dan Nusa Tenggara
Pulau Bali dan Nusatenggara
Nama Tahun Luas totalLokasi
km² mi²
Bali Barat 1995 190 73 Taman Nasional Bali Barat terletak di Kabupaten Buleleng Bali. Hewan-hewan seperti Banteng, Rusa, lutung, kalong dan aneka burung. Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya. Kordinat (8°8'25"S 114°28'40"E)
Gunung Rinjani 1990 413 159 Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) terletak di Kabupaten Lombok Timur Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ragam fauna yang dimiliki oleh TNGR adalah antara lain; Musang Rinjani, Rusa , Lutung budeng, burung Cikukua Tanduk, Dawah Hutan, Kepodang Kuduk Hitam. Kordinat (8°24'22"S 116°27'59"E)
Gunung Tambora 2015 716 276 Taman Nasional Gunung Tambora terletak di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Jenis satwa di antaranya dari kelas mamalia (Rusa Timor), reptil (Biawak, Kadal Pohon, Ular Sanca), primata (Kera Abu) dan aves. Terdapat 8 jenis burung yang dilindungi, 1 jenis di antaranya merupakan spesies perioritas terancam punah dan dua jenis burung endemik NTB. Koordinat (8°14'46"S 117°59'32"E)
Kelimutu 1992 50 20Taman Nasional Kelimutu terletak di Pulau Flores tepatnya Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di Gunung Kelimutu, terdapat danau Danau tiga warna, masing-masing Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai and Tiwu Ata Polo. Beberapa koleksi flora yang merupakan endemik Kelimutu adalah uta onga, turuwara (Rhododendron renschianum), dan arngoni. Koordinat (8°45'12"S  121°47'39"E)
Komodo 1980 1.817 701 Taman Nasional Komodo terletak di Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur. Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, komodo hanya ditemukan di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Gili Motang dan Nusa Kode. Koordinat (8°32'0"S 119°30'0"E)
Laiwangi Wanggameti 1998 470 180Taman Nasional Laiwangi-Wanggameti terletak di pulau Sumba, Tepatnya di kabupaten Sumba Timur provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Taman Nasional Laiwangi-Wanggameti merupakan habitat dari beberapa satwa liar seperti: kera ekor panjang, babi hutan, biawak, ular sanca Timor, ayam hutan. Koordinat (10°4'40"S 120°10'39"E)
Manupeu Tanah Daru 1998 880 340Taman Nasional ini terletak di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional Manupeu-Tanah Daru memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan di antaranya suren, taduk, kesambi, pulai, asam, kemiri , dan lantana (Lantana camara). Satwa endemik yang ada pada kawasan taman nasional ini yaitu kakatua cempaka, julang Sumba, punai Sumba, sikatan Sumba, kepodang-sungu Sumba, dan madu Sumba. Koordinat (9°44'0"S 119°43'32"E)

B. Pulau Jawa
Pulau Jawa
Nama Tahun Luas totalLokasi
km² mi²
Alas Purwo 1992 434 168Taman Nasional Alas Purwo (TN Alas Purwo) adalah taman nasional yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Keanekaragaman jenis fauna di kawasan TN Alas Purwo di antaranya yaitu : Banteng, Rusa, Ajag, Babi Hutan, Kijang, Macan Tutul (Panthera pardus), Lutung, Kera Abu-abu, dan Biawak. Koordinat (8°39’55”S 114°27’16”E)
Baluran 1980 250 96Taman Nasional Baluran terletak di wilayah Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur. Taman Nasional ini memiliki tumbuhan asli yang khas yaitu Widoro bukol, Mimba, Pilang Kenaekaragaman Satwa antara lain Sekelompok rusa di wilayah pos Bama, Banteng, Kerbau liar, Ajag (Cuon alpinus javanicus) Kijang, Macan tutul, Kancil, dan Kucing bakau . Koordinat (7°55'14."S 114°23'15.27"E)
Bromo Tengger Semeru 1983 503 194Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki keragmaan flora antara lain cemara gunung, jamuju, edelweis, berbagai jenis anggrek dan rumput langka. Pada dinding yang mengelilingi TN Bromo Tengger Semeru terdapat banyak rerumputan, mentigi, akasia, cemara, dll. Satwa antara lain luwak, rusa, kera ekor panjang, kijang, macan tutul , ajag dan berbagai jenis burung seperti alap-alap burung, rangkong , elang ular bido, srigunting hitam, elang bondol, dan belibis. Koordinat (8°2'0"S  112°57'18"E)
Gunung Ciremai 2004 155 60Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) terletak di Kabupaten Kuningan provinsi Jawa Barat. Keragaman fauna  di antaranya jenis-jenis saninten, jenitri, mara, aneka jirak us. Keragaman fauna beberapa jenisnya berstatus rentan, misalnya celepuk jawa (Otus angelinae) dan ciung-mungkal jawa (Cochoa azurea). Beberapa jenis mamalia penting yang terdapat di TNGC, di antaranya, macan tutul; surili; lutung budeng; kukang jawa atau muka geni; kijang muncak (Muntiacus muntjak); dan pelanduk jawa. Koordinat (6°54'37"S  108°25'2"E)
Gunung Gede Pangrango 1980 150 58 Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) terletak di di wilayah 3 kabupaten yakni Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Di dalam kawasan hutan TNGP, dapat ditemukan Pohon Rasamala, kantong semar;, berjenis-jenis anggrek hutan. TNGP juga merupakan habitat dari berbagai jenis satwa liar, seperti kepik raksasa, sejenis kumbang, lebih dari 100 jenis mamalia seperti Kijang, Pelanduk, Anjing hutan, Macan tutul, Sigung, dll, serta 250 jenis burung. Kawasan ini juga merupakan habitat Owa Jawa, Surili dan Lutung dan Elang Jawa yang populasinya hampir mendekati punah. Koordinat (6°46'45"S   106°55'44"E)
Gunung Halimun-Salak 1992 400 150Taman Nasional Gunung Halimun - Salak (TNGHS) terletak di Jawa bagian barat. Keberadaan beberapa jenis fauna penting yang dilindungi di sini seperti elang jawa, macan tutul jawa, owa jawa, surili dan lain-lain. Kawasan TNGHS dan sekitarnya juga merupakan tempat tinggal beberapa kelompok masyarakat adat, antara lain masyarakat adat Kasepuhan Banten Kidul dan masyarakat Baduy. Koordinaat (6°44'54"S 106°25'3"E)
Gunung Merapi 2004 64 25Taman Nasional Gunung Merapi terletak di Magelang, Boyolali dan Klaten di Jawa Tengah, serta Sleman di Yogyakarta. Ekosistem Merapi secara alami merupakan hutan tropis pegunungan yang terpengaruh aktivitas gunung berapi. Beberapa jenis endemik di antaranya adalah saninten, anggrek Vanda tricolor, dan elang jawa. Taman nasional ini juga merupakan tempat hidup macan tutul. Koordinat (7°37'4"S 110°25'35"E)
Gunung Merbabu 2004 57 21aman Nasional Gunung Merbabu terletak di wilayah 3 (tiga) kabupaten yaitu Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Semarang, provinsi Jawa Tengah. Keragaman hayati antara lain tusam, puspa dan bintuni. Beberapa jenis hewan yang tercatat dari kawasan ini di antaranya adalah elang jawa, elang hitam, alap-alap sapi, elang-ular bido, ayam hutan, tekukur, gelatik batu, kijang, landak, musang luwak, monyet ekor-panjang, macan tutul, dan lain-lain. Koordinat (7°27'6"S 110°26'18"E)
Karimunjawa 1986 1.116 431Taman Nasional Karimunjawa terletak di Kabupaten Jepara provinsi Jawa Tengah. Flora : Pohon Dewandaru, Pohon Kalimasada, Pohon Nyamplungan Fauna di Kepulauan Karimunjawa terdiri antara lain Burung elang laut merupakan satwa langka yang dapat dijumpai di kepulauan ini, Rusa, Trenggiling, Landak, Ular, Bangau Tong tong, Bangau Abu-abu, Elang Laut Dada Putih, dan Wedi-wedi. Koordinat (5°48'59"S   110°22'19"E)
Kepulauan Seribu 1982 1.080 420Taman Nasional Kepulauan Seribu terletak di Kabupaten Administrasi Kepaulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta. Jenis-jenis vegetasi yang dapat dijumpai di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu adalah pandan laut, butun, cemara laut, mengkudu, sentigi, ketapang dan seruni. Jenis reptil antara lain adalah penyu sisik , penyu hijau , ular sanca dan biawak. Mamalia yang dijumpai adalah kucing hutan dan lumba-lumba hidung botol.Koordinat (5°42'58"S   106°37'30"E)
Meru Betiri 1982 580 224Taman Nasional Meru Betiri berada dalam wilayah Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Taman nasional Meru Betiri merupakan habitat tumbuhan langka yaitu padma Rafflesia zollingeriana yang endemik di Jawa. Satwa yang ada antara lain banteng, monyet ekor panjang, harimau Jawa, macan tutul, ajag. Koordinat ( 8°27’0" S, 113°52’ 0" E )
Ujung Kulon 1992 1.206 466Taman Nasional Ujung Kulon terasuk wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil disekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang. Beberapa jenis tumbuhan diketahui langka dan di pulau jawa hanya terdapat di TN Ujung Kulon antara lain : Batryohora geniculata, Cleidion spiciflorum, Heritiera percoriacea, dan Knema globularia. Beberapa jenis satwa endemik penting dan merupakan jenis langka yang sangat perlu dilindungi adalah Badak Jawa, Owa Jawa, Surili dan Anjing hutan. Secara Administrasi TN Ujung Kulon termasuk wilayah Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Koordinat (6°45'37"S   105°22'18"E)

C. Pulau Kalimantan
Pulau Kalimantan
Nama Tahun Luas totalLokasi
km² mi²
Betung Kerihun 1995 8,000 3.100Taman Nasional Betung Kerihun (sebelumnya Gunung Bentuang) adalah taman nasional yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Koordinat (1°13'0"N   113°10'22"E)
Bukit Baka Bukit Raya 1992 1.811 699Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya merupakan Kawasan konservasi yang terletak di Kabupaten Sintang dan Kabupaten melawi Provinsi  Kalimantan Barat. Tumbuhan endemik antara lain Symplocos rayae, Gluta sabahan, Dillenia beccariana, Lithocarpus coopertus, Selaginnella magnifica, dan Tetracera, glaberrima. Fauna di antaranya yaitu beruang madu, kesadu, musang wisel, orang utan, lutung kelabu, lutung hitam , kelasi/ lutung merah, lutung dahi putih, owa ungko, dan kelempiau. Koordinat (0°27'35"S   112°29'10"E)
Danau Sentarum 1999 1.320 510Taman Nasional Danau Sentarum terletak di Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Sekitar setengah taman ini terdiri dari danau. Danau ini memiliki kekayaan flora dan fauna yang luar biasa dan tak dimiliki daerah lain. Tumbuhannya saja ada 510 spesies dan 33 spesies di antaranya endemik TNDS, termasuk 10 spesies di antaranya merupakan spesies baru. Hewan mamalia di TNDS di antaranya spesies endemik, dan 64 persen hewan mamalia itu endemik Borneo. Terdapat Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum tercatat sebagai salah satu habitat ikan air tawar terlengkap di dunia. Koordinat (0°50'59"N   112°5'36"E)
Gunung Palung 1990 900 350Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) terletak di Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, dan Sandai Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, sekitar 30 menit penerbangan dari Pontianak.TNGP mempunyai ekosistem yang dikatakan sebagai yang terlengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia. Selain itu, TNGP juga adalah habitat orangutan. Bekantan adalah mamalia dengan jumlah terbesar di TNGP. Koordinat (1°13'41"S  110°11'47"E)
Kayan Mentarang 1996 13.605 5.252Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) terletak di Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara. Jenis flora yang ada dalam kawasan ini di antaranya anggrek dan rotan. Selain itu juga beberapa jenis burung yang menarik di antaranya adalah 7 jenis Enggang, Kuau Raja, Sepindan Kalimantan dan jenis-jenis Raja Udang. TNKM juga merupakan habitat bagi banyak jenis satwa dilindungi seperti banteng, beruang madu , trenggiling (Manis javanica), macan dahan, landak , dan rusa sambar. Koordinat (3°34' 0" N,116° 36' 40" E)
Kutai 1982 1.986 767Taman Nasional Kutai berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan sebagian kecil wilayah Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur. Koordinat ( 0°24'38"N   117°22'11"E)
Sebangau 2004 5.687 2.196Taman Nasional Sebangau terletak di Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau & Kota Palangka Raya di provinsi Kalimantan Tengah. Beberapa flora seperti Ramin, Meranti Jawa, Shorea tysmanniana, Jelutung, Nyatoh , Bintangur, Kapur Naga dan lain-lain. Sedangkan untuk jenis fauna yang spesifik di antaranya ada orangutan, Bakantan, Beruang Madu, Owa, Burung Rangkong , Macan Daun, Monyet Ekor Panjang dan lain-lain. Koordinat (2°35' 0"S   113°34'28"E)
Tanjung Puting 1982 4.150 1.370Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Kecamatan Kumai di Kotawaringin Barat dan kecamatan-kecamatan Hanau serta Seruyan Hilir di Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah. Jenis-jenis tumbuhan lain yang dapat ditemui di TNTP adalah keruing, meranti, ramin, jelutung, gaharu, kayu lanan. Fauna antara lain orangutan kalimantan, bekantan, owa kalimantan, dan beruang madu, buaya sinyulong, buaya muara, dan labi-labi. Koordinat (3°10' 0" S, 111° 56' 0" E)

D. Maluku dan Papua
Pulau Maluku dan Papua
Nama Tahun Luas totalLokasi
km² mi²
Aketajawe-Lolobata 2004 1.673 646Taman Nasional Aketajawe-Lolobata adalah taman nasional yang terletak di Kepulauan Joronga Kabupaten Halmahera Selatan , Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Taman ini dianggap penting bagi keselamatan 23 spesies burung endemik oleh BirdLife International. Koordinat (1°05' 47"S 128°22'58"E)
Lorentz 1997 25.050 9.670Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional yang terletak di Kabupaten Nduga, Kabupaten Asmat dan Kabupaten Mimika provinsi Papua, Idan merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Jenis-jenis tumbuhan di taman nasional ini antara lain nipah (Nypa fruticans), bakau (Rhizophora apiculata), Pandanus julianettii, Colocasia esculenta, Avicennia marina, Podocarpus pilgeri, dan Nauclea coadunata. Koordinat (4°32'22"S   138°4'5"E)
Manusela 1982 1.890 729Taman Nasional Manusela adalah taman nasional yang terletak di Kepulauan Maluku. Tepatnya di Kabupaten Maluku Tengah. Terdapat sekitar 117 spesies burung, 14 di antaranya endemik, seperti Nuri Bayan, Kasturi tengkuk-ungu, Kakatua Maluku, Todiramphus lazuli, Todiramphus sanctus, Philemon subcorniculatus dan Alisterus amboinensis. Taman Nasional Manusela merupakan perwakilan tipe ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah dan hutan hujan pegunungan di Maluku. Koordinat (3°2'36"S   129°30'8"E)
Teluk Cenderawasih 2002 14.535 5.611 Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia. Taman nasional ini terletak di Kabupaten teluk Wondamai, provinsi Papua Barat. Taman Nasional Teluk Cenderawasih meliputi pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon dan Yoop.(2°44'40"S 134°35'21"E)
Wasur 1990 4.138 1.598Taman Nasional Wasur merupakan bagian dari lahan basah terbesar di Papua. Biodiversitasnya membuat taman ini dijuluki sebagai "Serengeti Papua".[1] Sekitar 70% dari luas wilayah ini terdiri dari sabana, sementara vegetasi lainnya merupakan hutan rawa-rawa, hutan monsoon, hutan pantai, hutan bambu, padang rumput dan hutan sagu. Tamana yang dominan meliputi spesies mangrove, Terminalia dan Melaleuca. Jenis satwa yang umum dijumpai antara lain kanguru pohon, kesturi raja, kasuari gelambir, dara mahkota/mambruk, cendrawasih kuning besar, cendrawasih raja, cendrawasih merah, buaya air tawar, dan buaya air asin.Koordinat (8°36' 6"S   140°50'02"E)

E. Pulau Sulawesi
Pulau Sulawesi
Nama Tahun Luas totalLokasi
km² mi²
Bantimurung - Bulusaraung 2004 480 185Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung terletak di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) Provinsi Sulawesi Selatan. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung memiliki berbagai keunikan, yaitu: karst, goa-goa dengan stalaknit dan stalakmit yang indah, dan yang paling dikenal adalah kupu-kupu.Koordinat (4°53'42"S   119°44'55"E)
Bogani Nani Wartabone 1991 2.871 1.108 Taman Nasional Bogani Nani Wartabone terletak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Bolaang Mongodow Utara., Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo Sebelumnya, taman nasional ini bernama Taman Nasional Dumoga Bone. Nama taman nasional ini berasal dari Nani Wartabone, Pahlawan Nasional Indonesia. Koordinat (0°33'44"N   123°42'10"E)
Bunaken 1991 890 305Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia. Bagian daratan meliputi lima pulau: Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen. Spesies alga yang dapat ditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda dan Padina. Koordinat (1°41'19"N   124°45'0"E)
Kepulauan Togean 2004 3.620 1,400Taman Nasional Kepulauan Togean adalah sebuah sebuah taman nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-Una. Kepulauan ini dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi.Koordinat (0°23'13"S  122°0'39"E) 
Lore Lindu 1982 2.290 884Taman Nasional Lore Lindu yang terletak di selatan kabupaten Donggala dan bagian barat kabupaten Poso Provinsi Sulawesi tengah. Taman Nasional Lore Lindu memiliki fauna dan flora endemik Sulawesi serta panorama alam yang menarik karena terletak di garis Wallace yang merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia.Koordinat (1°28'10"S  120°10'13"E)
Rawa Aopa Watumohai 1989 1.052 406Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai terletak di Kabupaten Konawe Selatan provinsi Sulawesi Tenggara, Taman ini memiliki beragam vegetasi, seperti hutan mangrove. Di taman nasional ini juga terdapat babirusa, anoa dan burung, 37 di antaranya endemik. Koordinat (4°26'31"S 122°01'11"E)
Taka Bone Rate 2001 5.308 2.049Taman Nasional Taka Bonerate adalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia.Kawasan ini terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Keragaman flora berbagai jenis koral Pocillopora eydouxi, Montipora danae, Acropora palifera, Porites cylindrica, Pavona clavus, Fungia concinna.Koordinat (6° 34' 0" S, 121° 5' 55" E)
Wakatobi 2002 13.900 5.370Taman Nasional Wakatobi merupakan terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Di taman ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut yang memiliki 25 buah gugusan terumbu karang.Koordinat (5° 41' 0" S, 124° 0' 0" E)

G. Pulau Sumatera
Pulau Sumatera
Nama Tahun Luas totalLokasi
km² mi²
Batang Gadis 2004 1.080 417Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) terletak di Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.Tujuan pembentukan taman nasional adalah untuk menyelamatkan satwa dan habitat alam. TNBG juga sebagai simbol pengakuan nilai-nilai kearifan lokal dalam mengelola hutan. Koordinat (0°26'56.8"N, 99°12'22.1"E)
Berbak 1992 1.627 628Taman Nasional Berbak merupakan kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang terletak di Kab. Tanjung Jabung, Provinsi Jambi. Koordinat  (1°19'37"S   104°19'31"E)
Bukit Barisan Selatan 1999 3.650 1.410Taman Nasional Bukit Barisan Selatan terletak di wilayah Kabupaten Lampung Barat dan wilayah Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan memiliki beberapa hutan dataran rendah di Sumatera. Fauna yang ada diantaranya gajah Sumatera, badak Sumatera dan harimau Sumatera Koordinat (5° 15' 0" S, 104° 10' 0" E)
Bukit Duabelas 2000 605 233Taman Nasional Bukit Duabelas adalah taman nasional yang terletak di Maro Sebo Ulu, Kabupaten Batanghari provinsi jambi. Taman ini merupakan taman nasional yang relatif kecil, meliputi wilayah seluas 605 km². Di kawasan hutan lindung ini berdiam Suku Anak Dalam atau Suku Kubu atau Orang Rimba. Koordinat (1°55'38"S 102°51'35"E)
Bukit Tiga Puluh 1995 1.277 493Taman Nasional Bukit Tiga Puluh terletak di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Taman seluas 143.143 hektare ini terdiri dari hutan hujan tropis dan terkenal sebagai tempat terakhir spesies terancam seperti orangutan Sumatra, harimau Sumatra, gajah Sumatra, badak Sumatra, tapir Asia, beruang madu dan berbagai spesies burung yang terancam. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga merupakan tempat tinggal bagi Orang Rimba dan Talang Mamak. Koordinat (1°6'9"S 102°30'13"E)
Gunung Leuser 1980 7.927 3.061Taman Nasional Gunung Leuser biasa disingkat TNGL terletak di dua Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Provinsi Aceh meliputi Kabupaten Aceh Barat Daya,Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, sedangkan Provinsi Sumatera Utara meliputi Kabupaten Dairi, Karo dan Langkat. Di taman nasional ini terdapat orangutan sumatera, sarudung, siamang, monyet ekor panjang, beruk,  kedih, macan dahan, beruang madu, harimau sumatera, gajah sumatera , badak sumatera, dan rusa sambar. Koordinat (3° 30' 0" N, 97° 30' 0" E)
Kerinci Seblat 1999 13.750 5.310Taman Nasional Kerinci terletak di empat provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Taman nasional ini juga memiliki beragam flora seperti bunga terbesar di dunia Rafflesia arnoldi, dan bunga tertinggi di dunia, Titan Arum. Fauna di wilayah taman nasional terdiri antara lain Harimau Sumatra, Badak Sumatra, Gajah Sumatra, Macan Dahan, Tapir Melayu, Beruang Madu dan sekitar 370 spesies burung.Koordinat (0°48'29"S   100°29'38"E)
Sembilang 2001 2.051 792Taman Nasional Sembilang terletak di Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyu Asin,  provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Taman Nasional Sembilang merupakan habitat bagi harimau Sumatra, gajah Asia, tapir Asia, siamang, kucing emas, rusa Sambar, buaya muara, ikan Sembilang, penyu air tawar raksasa, lumba-lumba air tawar dan berbagai spesies burung.Koordinat (2°02'10"S   104°39'31"E)
Siberut 1992 1.905 735 Taman Nasional Siberut terletak di Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Di Pulau Siberut tercatat antara lain 896 spesies tumbuhan berkayu. Terdapat empat spesies endemik primata yang terancam punah. Keempat spesies endemik tersebut adalah siamang Mentawai, lutung, monyet Mentawai, dan beruk.Koordinat (1°20'5"S   98°55'13"E)
Tesso Nilo 2004 386 149Taman Nasional Tesso Nilo terletak di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu Provinsi Riau. Terdapat 360 jenis flora yang tergolong dalam 165 marga dan 57 suku, 107 jenis burung, 23 jenis mamalia, tiga jenis primata, 50 jenis ikan, 15 jenis reptilia dan 18 jenis amfibia di setiap hektare Taman Nasional Tesso Nilo. Tesso Nillo juga adalah salah satu sisa hutan dataran rendah yang menjadi kawasan konservasi gajah. Koordinat (0°2'46"S   101°35'11"E)
Way Kambas 1989 1.300 500Taman Nasional Way Kambas terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Provinsi lampung. Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi.Koordinat (4° 55' 0" S, 105° 45' 0" E0
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:57 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....