Home » » Wirausaha Pengadaan Barang dan Jasa

Wirausaha Pengadaan Barang dan Jasa

Di sekitar kita banyak terdapat berbagai usaha yang dilakukan oleh masyarakat. Usaha tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di sekitarnya, baik dalam bentuk pengadaan barang maupun jasa. Usaha yang ada di sekitar tersebut memiliki pengaruh terhadap aspek ekonomi, sosial, pendidikan, dan budaya. Dengan adanya usaha akan memberikan keuntungan bagi penjual (ekonomi), usaha dapat membuka lapangan pekerjaan (sosial dan ekonomi), usaha kerajinan dan makanan tradisional (budaya).

Barang adalah suatu benda yang dapat dipegang atau dilihat baik yang merupakan hasil produksi ataupun yang berada dialam yang memiliki kegunaan untuk memenuhi kebutuahn manusia. Jasa adalah aktivitas atau pekerjaan manusia yang dapat memuaskan atau membantu individu lain. Contoh usaha jasa antara lain bengkel reparasi, kursus, lembaga pendidikan, jasa telekomunikasi, transportasi dan lain-lain. Sebenarnya perbedaan antara barang dan jasa sukar dilakukan, karena pembelian barang tertentu kerapkali disertai dengan jasa-jasa khusus (misalnya instalasi atau garansi untuk reparasi) dan pembelian suatu jasa seringkali pula meliputi barang-barang yang melengkapinya (makanan di restoran).

Manusia berusahan mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhannya, kebutuhan dapat berupa makanan seperti beras, dan lauk pauk, dapat pula berupa pakaian seperti baju, celana dan kaos kaki, dan juga berupa jasa seperti nonton ke bioskop, naik bus dan bantuan dokter serta bantuan hukum seperti pengacara. Dengan kemampuan kita dalam memenuhi kebutuhan kelangsungan hidup manusia terus berlanjut, dan dengan terpenuhinya semua yang  kebutuhan manusia, akan menjadikan kelangsungan hidup manusia yang sejahtera.
barang dan jasa
Dalam kehidupan sehari-hari manusia berusaha memenuhi kebutuhannya. Dalam pemenuhan kebutuhan tersebut dibutuhkan berbagai jenis kebutuhan dan jenis usaha yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut seperti dalam tabel di bawah ini.
No.KebutuhanJenis Wirausaha
BarangJasa
1.PakaianPengrajin BatikTukang Jahit
2.MakananPetani PadiPenjual Nasi
3.KesehatanPembuat JamuTukang Pijat
4.RekreasiPembuat KerajinanTravel
5.PendidikanPercetakan BukuPengajar les

Salah satu contoh usaha yang dilakukan adalah Usaha Kecil Menengah (UKM) kerajinan tanah liat di Kasongan.

Sentra UKM Gerabah Kasongan terletak pada ketinggian sekitar 100 meter dari permukaan laut. Luas wilayahnya 34,3 hektar. Karena terletak di atas sungai, wilayah Kasongan tidak memperoleh pengairan yang cukup. Sebagian besar wilayah terdiri dari tanah pekarangan kering, sehingga hanya ditumbuhi beberapa tanaman tertentu. Namun, sifat tanah di Kasongan mudah menyerap air karena mengandung unsur kapur dan pasir serta abu vulkanik. Jenis tanah ini adalah liat dan mudah dibentuk
apabila dicampur dengan takaran air yang tepat.

Memanfaatkan kekayaan sumber alamnya tersebut, Kasongan berkembang menjadi sebuah desa wisata yang menghasilkan produk seni kerajinan gerabah sebagai mata pencaharian utama. Nilai ekonomis dari gerabah mampu memotivasi penduduk Kasongan untuk meggeluti produk berbahan baku leleran (tanah liat) tersebut menjadi andalan kehidupan sehari-hari. Sebagian besar penduduk Kasongan menjadi pelaku wirausaha yang memproduksi dan menjual karya seni dari tanah liat. Karya seni ini, bukan hanya digemari oleh wisatawan lokal, akan tetapi dikenal juga di mancanegara. Banyak wisatawan asing yang datang ke Kasongan untuk membeli aneka kerajinan dari tanah liat.

Berdasarkan hasil pengamatan dan pemahamanmu tentang kerajinan Kasongan, jawablah pertanyaan berikut:
  1. Apa yang melatarbelakangi masyarakat Kasongan menekuni wirausaha kerajinan gerabah? Tanah di daerah Kasongan berupa tanah liat cocok untuk bahan gerabah.
  2. Bagaimana interaksi masyarakat Kasongan dengan lingkungan sekitarnya? Masyarakat Kasonggan menggeluti produk berbahan tanah liat menjadi kegiatan ekonomi masyarakat.
  3. Apakah produk yang dihasilkan memberikan pengaruh terhadap perkembangan budaya? Dengan dikembangkannya gerabah Kasongan produk kerajinan tersebut dikenal di mancanegara.
  4. Apakah produk yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk penghidupan keluarga para pengrajin? Produk yang dihasilkan dapat dijual dan menjadi andalan kehidupan sehari-hari masyarakat Kasongan.

Kita diberi kemampuan berpikir dan potensi berkreativitas oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib memperluas wawasan dan mengasah kreativitas yang kita miliki sehingga dapat memberi manfaat bagi orang lain. Salah satu jalan untuk mewujudkan hal tersebut adalah melalui wirausaha. Dengan berwirausaha, kita dapat memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita. Nilai-nilai yang diperlukan dalam berwirausaha, di antaranya jujur, disiplin, dan mempunyai komitmen.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:52 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....