Home » » Tempat Ibadah dan Hari Besar Agama di Indonesia

Tempat Ibadah dan Hari Besar Agama di Indonesia

Agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Dalam UUD 1945 dinyatakan bahwa "tiap-tiap penduduk diberikan kebebasan untuk memilih dan mempraktikkan kepercayaannya" dan "menjamin semuanya akan kebebasan untuk menyembah, menurut agama atau kepercayaannya". Pemerintah, bagaimanapun, secara resmi hanya mengakui enam agama, yakni Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Khonghucu.

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 prosentase masing-masing pemeluk agama adalah sebagai berikut : Agama Islam 87,50%, Kristen 6,98%, Katholik 2,92%, Hindu 1,69%, Budha 0,72% dan Khong Hu Cu 0,05%. Berikut ini beberapa agama yang ada di Indonesia.
  1. Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia, dengan 88% dari jumlah penduduk adalah penganut ajaran Islam. Mayoritas Muslim dapat dijumpai di wilayah barat Indonesia seperti di Jawa dan Sumatera. Masuknya agama islam ke Indonesia melalui perdagangan.
  2. Kebudayaan dan agama Hindu tiba di Indonesia pada abad pertama Masehi, bersamaan waktunya dengan kedatangan agama Buddha, yang kemudian menghasilkan sejumlah kerajaan Hindu-Buddha seperti Kutai, Mataram dan Majapahit.
  3. Buddha merupakan agama tertua kedua di Indonesia, tiba pada sekitar abad keenam masehi. Sejarah Buddha di Indonesia berhubungan erat dengan sejarah Hindu.
  4. Agama Katolik untuk pertama kalinya masuk ke Indonesia pada bagian pertama abad ketujuh di Sumatera Utara. Dan pada abad ke-14 dan ke-15 telah ada umat Katolik di Sumatera Selatan. Kristen Katolik tiba di Indonesia saat kedatangan bangsa Portugis, yang kemudian diikuti bangsa Spanyol yang berdagang rempah-rempah.
  5. Kristen Protestan berkembang di Indonesia selama masa kolonial Belanda (VOC), pada sekitar abad ke-16. Kebijakan VOC yang mengutuk paham Katolik dengan sukses berhasil meningkatkan jumlah penganut paham Protestan di Indonesia.Agama ini berkembang dengan sangat pesat di abad ke-20, yang ditandai oleh kedatangan para misionaris dari Eopa ke beberapa wilayah di Indonesia, seperti di wilayah barat Papua dan lebih sedikit di kepulauan Sunda.
  6. Agama Konghucu berasal dari Cina daratan dan yang dibawa oleh para pedagang Tionghoa dan imigran. Diperkirakan pada abad ketiga Masehi, orang Tionghoa tiba di kepulauan Nusantara. Berbeda dengan agama yang lain, Konghucu lebih menitik beratkan pada kepercayaan dan praktik yang individual.

Berikut nama kitab suci, hari besar, tempat ibadah masing-masing agama yang ada di Indonesia.
Tempat IbadahAgama Islam
masjid
Kitab SuciAl-Qur’an
Nama NabiNabi Muhammad SAW
Hari BesarIdul Fitri, Idul Adha, Tahun Baru Hijrah, Isra’ Mi’raj
Tempat IbadahMasjid
Tempat IbadahAgama Kristen Protestan
gereja
Kitab SuciAlkitab
Nama PembawaYesus Kristus
Hari BesarNatal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Isa Almasih
Tempat IbadahGereja
Tempat IbadahAgama Katholik
gereja
Kitab SuciAlkitab
Nama PembawaYesus Kristus
Hari BesarNatal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Isa Almasih
Tempat IbadahGereja
Tempat IbadahAgama Hindu
pura
Kitab SuciWeda
Nama Pembawa-
Hari BesarNyepi, Saraswati, Pagerwesi
Tempat IbadahPura
Tempat IbadahAgama Budha
vihara
Kitab SuciTri Pitaka
Nama PembawaSiddharta Gautama
Hari BesarWaisak, Asadha, Kathina
Tempat IbadahVihara
Tempat IbadahAgama Kong Hu Cu
klentheng
Kitab SuciSi Shu Wu Ching
Nama PembawaKong Hu Cu
Hari BesarTahun Baru Imlek, Cap Go Meh
Tempat IbadahLi Tang / Klenteng
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:21 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....