Home » » Teks Pidato tentang Tegur Sapa

Teks Pidato tentang Tegur Sapa

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita sebagai warga masyarakat tentunya tidak bisa hidup sendiri sendiri. Bersosialisasi sangat penting. dalam kehidupan bermayarakat. Cara bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat dapat dimulai dengan tegur sapa. Dengan bertegur sapa kita bisa lebih mengenal anggota masyarakat yang ada di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari jika kita bertemu orang yang kita kenal ataupun yang belum kita kenal ada baiknya jika kita menyapa orang tersebut.

Kebiasaan saling tegur sapa dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari misalnya ketika berpapasan di lorong antarrumah, di jalan, atau di pasar tak pernah terlewat untuk saling menegur. Sekedar mengucap “Selamat pagi, selamat siang, selamat sore” sampai bertukar kabar atau berbincang sejenak.
tegur sapa

Untuk lebih memahami tentang budaya tegur sapa yang ada di sekitar kita pada tulisan ini akan sedikit dibahas mengenai pentingnya budaya tegur sapa. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan membuat pidato singkat tentang budaya tegur sapa. Untuk memudahkan pembuatan pidato berikut ini beberapa ketentuan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat teks pidato.
  1. Salam pembuka berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam dan lain-lain)
  2. Pendahuluan memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas. Kali ini akan membahas pentingnya budaya tegur sapa bagi masyarakat.
  3. Inti berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan. Keterangan lengkap tentang topik disampaikan secara rinci. Untuk melengkapi topik, bisa menambahkan contoh-contoh yang mendukung manfaat budaya tegur sapa.
  4. Penutup berisi penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
  5. Salam penutup berisi kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.

Setelah memahami dengan baik beberapa ketentuan dalam proses penyusunan teks pidato tersebut, berikut ini contoh pidato tentang pentingnya tegur sapa bagi masyarakat.
Assalamualaikum wr. wb,

Yang Terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru,  serta teman-teman yang saya hormati.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari yang cerah. Perkenankanlah saya menyampaikan sedikit ulasan mengenai pentingnya tegur sapa bagi masyarakat.

Tegur sapa adalah perkataan untuk menegur (mengajak bercakap-cakap dan sebagainya). Tegur Sapa ibarat “bumbu” dalam menjalin persaudaraan dan persatuan, dimana tanpa adanya tegur sapa, persahabatan akan terasa hambar, ibarat sayur tanpa garam. Selain itu mengucapkan salam dan menjawab salam merupakan perintah dari Allah SWT yang wajib kita lakukan.

Dalam kehidupan bermasyarakat bertegur sapa memiliki banyak manfaat yang dapat kita peroleh. Dengan tegur sapa kita kita dapat mengenal orang yang baru kita kenal sehingga menambah jumlah teman. Tegur sapa dapat menjadi awalan untuk berkomunikasi secara langsung. Meskipun responnya bermacam-macam, baik positif atau negatif, tapi spontan bisa dirasakan.

Budaya tegur sapa menjadi perekat warga. Budaya tegur sapa membangun kepedulian terhadap sesama. Ternyata budaya tegur sapa dapat merekatkan kekeluargaan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat. Dengan bertegur sapa, kita telah menjalin komunikasi dan memberi perhatian. Seorang pemimpin yang baik selalu mengutamakan tegur sapa agar kekeluargaan selalu terjaga.

Budaya tegur sapa dapat mengasah kepedulian sosial dan menjauhi sikap dan perilaku individualisme. Inilah sikap yang menjadikan salah satu dasar keberhasilan kita dalam pergaulan. Melalui bertegur sapa maka kita akan menebar kebaikan di manapun kita berada.

Pengaruh globalisasi memang telah mempengaruhi kebudayaan bangsa kita. Seringkali kita melihat di wilayah perkotaan, antara anggota masyarakat cenderung bersifat kurang peduli terhadap anggota masyarakat lain. Kita sebagai manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan dan keberadaan dari orang lain. Karena itu, marilah kita semua yang hadir pada saat ini, untuk mulai membudayakan budaya Tegur Sapa mulai dari sekarang.

Marilah kita mulai budaya tegur sapa dengan memberikan senyuman ataupun sapaan kepada orang yang kita jumpai. Membiasakan diri untuk tersenyum dan memberikan sapaan ketika kita bertemu sata sama lain dapat menciptakan lingkungan yang, ramah, dan bersahabat baik di sekolah maupun tempat yang lainnya.

Bertegur sapa juga dapat mempererat persatuan dan menjalin persaudaraan. Marilah kita saling bertegur sapa dengan siapapun orang yang kita temui. Dengan tegur sapa akan terjalin hubungan yang baik antarwarga masyarakat, rakyat dan pemimpinnya dan anggota masyarakat yang lainnya.

Yang Terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, serta teman-teman yang saya hormati.
Demikian pidato yang saya sampaikan yang kesimpulannya adalah budaya tegur sapa sangat penting dalam bermasyarakat. Dengan bertegus spa kita dapat menjalin persaudaraan dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Sekali lagi marilah kita budayakan budaya tegur sapa mulai dari sekarang. Apabila dalam menyampaikan pidato ada kesalahan kata atau kalimat saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:05 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....