Home » » Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 1 Lingkungan Sehat, Masyarakat Sehat

Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 1 Lingkungan Sehat, Masyarakat Sehat

Tema enam subtema satu Lingkungan Sehat, Masyarakat Sehat kelas vi sekolah dasar kurikuluk 2013 terdiri dari beberapa mata pelajaran. Matematika membahas tentang memahami kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu. Mengumpulkan data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai. Serta menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistik sederhana, tabel, dan grafik.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia membahas tentang mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. Sedangkan PPkn membahas tenatng memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan seharihari di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Berikut ini contoh soal evaluasi tema enam subtema satu.

1. Kamu akan melakukan survei tentang olahraga yang paling digemari oleh siswa kelas 6, rancang kuesioner untuk survei tersebut.
Olah raga apa yang paling kalian gemari?
Beri tanda √ pada kotak berikut
Senam LantaiBulu TangkisSepak BolaVoli Bal

2. Menurutmu apa syarat dari sebuah kuesioner yang baik?
  1. Tampilan kuesioner harus ditampilkan dalam bentuk yang rapi disertai instruksi, dan kumpulan pertanyaan yang disiapkan dengan berbagai alternatif pilihan jawaban.
  2. Menyusun pertanyaan secara logis dan rapi dan memudahkan partisipan untuk menjawab.
  3. Bahasa yang dipergunakan harus disesuaikan dengan kemampuan responden.

3. Dayu melakukan survei ke teman-teman satu kelasnya tentang atlet bulu tangkis yang paling digemari. Berikut adalah data yang dihasilkan Dayu. Dari kuesioner yang diajukan didapatkan data sebagai berikut
Pemain Bulu TangkisLaki-lakiPerempuan
Rudi Hartono64
Susi Susanti34
Alan Budikusuma26
Liem Swie King45
Icuk Sugiarto53
Taufik Hidayat46
Yang lainnya12
Buatlah grafik berdasarkan data tersebut!
pemain bulutangkis
Apa kesimpulanmu tentang data tersebut?
Pemain bulutangkis yang paling digemari siswa adalah Rudihartono dan Taufik Hidayat masing-masing dipilih oleh 10 orang siswa.

4. Perhatikan grafik berikut!
tinggi badan
a. Apakah penyajian grafik tersebut sudah benar? Mengapa? Grafik garis biasa digunakan untuk melihat perubahan pada periode waktu tertentu.  Periode waktu bisa dalam bentuk detik, jam, bulan, triwulan, semester hingga tahun. 

b. Berapa tinggi badan Siti pada usia 2, 5, dan 9 tahun? 70 cm, 80 cm, dan 140 cm.
c. Pada usia berapa tinggi badan Siti mengalami penambahan paling banyak? Usia 6 - 7 tahun.
d. Pada usia berapa tinggi badan Siti mengalami penambahan paling sedikit? Usia 3 - 4 tahun.

5. Kerja sama dalam mewujudkan masyarakat sehat sangat diperlukan di lingkungan tempat tinggal kita. Sebutkan contoh-contoh kerja sama tersebut.
  • Setiap pekarangan rumah ditanami aneka tanaman untuk bumbu dapur dan tanaman obat, seperti jahe, sereh, kumis kucing, pare, dan berbagai tanaman lainnya. 
  • Warga bekerja bakti untuk membersihkan sampah di selokan, balai warga, bak sampah umum, serta merapikan pepohonan di tempat umum. 
  • Setiap hari Minggu pagi diadakan senam sehat bersama. 
  • Warga yang memiliki bayi dan balita secara rutin datang ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk mendapatkan penyuluhan mengenai makanan dan minuman sehat serta imunisasi gratis. 
  • Warga yang memiliki bayi dan balita secara rutin datang ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk mendapatkan penyuluhan mengenai makanan dan minuman sehat serta imunisasi gratis. 
  • Warga  aktif mengolah sampah dapur dan daun kering menjadi kompos, untuk  dipakai memelihara tanaman.

6. Sebutkan dan jelaskan 3 contoh sikap masyarakat yang bijak terhadap alam sehingga memberi manfaat bagi kesehatan banyak orang. Membuang sampah pada tempatnya serta mengolah sampah menjadi pupuk dan barang kerajinan. Menanam tanaman obat dan bunga dilingkungan rumah. Membuat lobang biopori dan membersihkan lingkungan sekitar.

7. Sebutkan dan jelaskan pula contoh masyarakat yang tidak bijak terhadap alam sehingga memberikan dampak yang tidak baik terhadap kesehatan masyarakat. Contoh masyarakat yang tidak bijak terhadap lingkungan diantaranya adalah membuang sampah sembarangan sehingga mengakibatkan banjir dan menimbulkan berbagai macam penyakit. 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....