Home » » Soal Evaluasi Tema 5 Subtema 1 Kelas VI

Soal Evaluasi Tema 5 Subtema 1 Kelas VI

Materi tema lima kelas VI sekolah dasar subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan terdiri dari enam mata pelajaran yaitu IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, PKn, IPS, dan SBdP. Pada akhir subtema biasanya diadakan evaluasi pembelajaran. Evaluasi merupakan suatu proses berkelanjutan tentang pengumpulan dan penafsiran informasi untuk menilai keputusan-keputisan yang dibuat dalam merancang suatu sistem pembelajaran. Evaluasi berkenaan dengan proses yang berhubungan dengan pengumpulan informasi yang memungkinkan kita menentukan tingkat kemajuan pengajaran, ketercapaian tujuan pembelajaran.

Berikut ini beberapa soal evaluasi tema lima subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan.

1. Kamu sudah mempelajari cerita beberapa pelaku wirausaha yang meraih sukses, dan telah mewawancarai beberapa pelaku wirausaha di sekitarmu. Tuliskan peranan sikap kerja keras, jujur, dan pantang menyerah pada kegiatan wirausaha. Tuliskan juga pendapatmu tentang pentingnya sikap-sikap tersebut dalam hidupmu sehari-hari. Perhatikan kerapian tulisan, penggunaan kosakata baku, serta penggunaan tanda baca dengan tepat.

Dalam wirausaha sikap kerja keras, jujur, dan pantang menyerah karena bisa membuat seseorang menjadi lebih berkerja keras untuk menyelesaikan sesuatu dan sikap jujur dapat menumbuhkan kepercaya diri atau membuat optimis.
  1. Bagi seorang wirausaha, sikap pantang menyerah dan ulet adalah sikap yang tidak mudah patah semangat dalam menghadapi berbagai rintangan, selalu bekerja keras untuk mewujudkan tujuan, menganggap rintangan/hambatan selalu ada dalam setiap kegiatan yang harus dihadapi. Seseorang dikatakan memiliki sikap ulet, jika memiliki kepribadian tangguh, kuat, tidak mudah putus asa, memiliki cita-cita tinggi. Selain itu, seorang yang dikatakan ulet adalah mereka yang mencurahkan tenaga, pikiran, waktu serta harta untuk tercapainya keberhasilan.
  2. Kejujuran merupakan sebuah jalan untuk mencapai kemajuan di dalam berwirausaha. Kejujuran dalam segala kegiatan wirausaha, misalnya menimbang barang, mengukur, membagi, berjanji membayar utang akan membuat ketenangan lahir dan batin menambah kepercayaan para pelanggan. Berwirausaha harus dilandasi oleh kejujuran, apabila seorang wirausaha jujur maka ia akan mendapat keuntungan dan kesuksesan.

2. Tuliskan contoh sebanyak mungkin tentang perubahan sifat benda akibat pengaruh suhu dalam kehidupan sehari-hari. Kamu dapat membuatnya dalam bentuk peta pikiran, tabel, atau bentuk tulisan lainnya.
No.BendaPerlakuanPerubahan
1.MentegaDipanaskan di atas apiMeleleh
2.AirDimasak dalam panciMenguap
3.AirDimasukan dalam kulkasMembeku
4.Gula pasirDImasukan dalam air panasMelebur
5.LilinDipanaskanMeleleh
6.GaramDimasukan ke dalam airMelebur
7.Embun Udara lembab dan dinginMengembun
8.Minyak kelapaDibiarkan di udara dinginMembeku
9.Es KrimDibiarkan di udara terbukaMencair
10.Es BatuDibiarkan di udara terbukaMencair

3. Pak Jono, seorang pelaku wirausaha kacang goreng pedas. Ia ingin merancang sebuah kemasan untuk produk jualannya. Volume kemasan yang dibutuhkan untuk paket kacangnya adalah antara 1000-1500 cm³
.
Bantulah Pak Jono untuk membuat sebuah rancangan kemasan menggunakan bangun gabungan balok dan kubus. Buatlah dengan bentuk yang menarik, dengan tetap memperhatikan kebutuhan volume
yang diinginkan Pak Jono.

Buatlah sketsa kemasan, ukuran sisi-sisi, serta perhitungan volumenya.
Volume Balok = p x l x t = 12 x 8 x 8 = 768 cm³
Volume Kubus = s³ = 8³ = 512 cm³
Volume Keseluruhan = 768 + 512 = 1.280 cm³
sketsa kemasan
4. Buatlah jaring-jaring bangun-bangun penyusun kemasan tersebut pada kertas berpetak.
jaring kemasan
Evaluasi mempunyai fungsi : Kurikuler (alat pengukur ketercapaian tujuan mata pelajaran), instruksional (alat ukur ketercapaian tujuan proses belajar mengajar), diagnostik (mengetahui kelemahan siswa, penyembuhan atau penyelesaian berbagai kesulitan belajar siswa), placement (penempatan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya, serta kemampuannya) dan administratif BP (pendataan berbagai permasalahan yang dihadapi siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhanya).
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:11 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....