Home » » Pidato Persuasif Budaya Hidup Sehat

Pidato Persuasif Budaya Hidup Sehat

Pak Lurah menyatakan betapa pentingnya menjaga budaya lokal. Hal ini tentunya patut dicontoh oleh pemimpin lainnya. Pemimpin adalah contoh bagi orang-orang di sekitarnya. Pemimpin yang baik selalu menularkan nilai-nilai kebaikan. Seorang pemimpin memiliki nilai melayani, disiplin, rendah hati dan bekerja sepenuh hati. Pikirkan seorang pemimpin di sekitarmu yang dapat membuat perubahan, misalnya ketua RT/RW, camat, lurah, kepala desa atau pemuka agama. Bagaimana mereka membuat perubahan di lingkunganmu?

Kita juga bisa seperti mereka. Buatlah teks pidato yang berisi ajakan untuk membuat suatu perubahan. Berikut adalah contoh topik pidato yang dapat dipilih : Pentingnya senam pagi, Jalan bersama, Bersepeda pagi, Lingkungan bersih, dan Gerakan bebas rok*k. Pilihlah topik lainnya sesuai kebutuhan daerahmu.

Pidato yang dibuat harus memuat informasi tentang topik yang dibahas. Pidato berisi kalimat ajakan atau kalimat yang meyakinkan, dilengkapi dengan contoh-contoh kegiatan untuk meyakinkan pendengar dan memberi inspirasi bagi mereka. Perhatikan struktur pidato seperti yang telah pelajari sebelumnya atau lihat di bagian bawah.

A. Kerangka Pidato
Kerangka pidato adalah catatan tentang pokok-pokok isi pidato yang disusun sesuai dengan urutan yang dikehendaki. Nah, berdasarkan kerangka tersebut, kita dapat menyusun naskah pidato. Kerangka pidato tersusun atas bagian-bagian sebagai berikut.
  1. Salam pembuka. Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)
  2. Pendahuluan memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas.
  3. Inti berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.
  4. Penutup digunakan untuk menyampaikan rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
  5. Salam penutup berisikan kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.

Lingkungan Bersih
Assalamualaikum wr.wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, yang saya hormati Bapak Ibu guru dan karyawan , dan teman – teman semua yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan. Perkenankanlah saya menyampaikan sedikit ulasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan mengurangi penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut.

Lingkungan sekolah merupakan faktor pendorong keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Siswa dan guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif karena didukung oleh keadaan lingkungan yang nyaman. Maka dari itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dimulai dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci meja karena dapat menjadi sarang nyamuk. Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Kesimpulannya adalah kebersihan lingkungan sangat penting bagi keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Upaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dimulai dari hal yang sangat kecil yaitu dari diri- sendiri. Lingkungan yang sehat sangat penting dan harus diusahakan.


Semoga kita semua dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terimakasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan saya mohon maaf. Terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb

Pentingnya Senam Pagi
Assalamu’alaikum wr.wb

Bapak kepala sekolah yang saya hormati, Bapak, Ibu guru dan karyawan yang saya hormati, serta teman-teman yang saya sayangi.

Puji syukur kita panjatkan atas ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita sehingga kita dapat hadir di tempat ini dalam rangka memperingati hari olahraga nasional dengan keadaan sehat tak kurang suatu apa pun. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato tentang pentingnya senam pagi.

Pepatah mengatakan “Mensana in corpore sano” Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kalimat tersebut menggambarkan betapa pentingnya kesehatan. Apabila tubuh kita sehat, kita dapat melakukan berbagai aktifitas, seperti bekerja, belajar, bermain, dan melakukan apapun yang kita suka menjadi menyenangkan.

Senam pagi merupakan kegiatan senam yang dilaksanakan pada waktu pagi hari. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan melakukan kegiatan senam pagi secara rutin. Dengan senam pagi maka kita bisa merasakan hangatnya sinar matahari pagi yang kita tahu memiliki kandungan vitamin D yang selain baik untuk kesehatan tulang, juga baik untuk system kekebalan tubuh kita. Dengan senam pagi dapat mempengaruhi aktivitas jantung. Dengan meningkatnya hormone adrenalin saat berolahraga pagi dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, hal itu baik untuk menjaga fungsi jantung. Dengan senam pagi dapat menambah semangat dalam melakukan kegiatan.

Saudara-saudara, sudah jelas bahwa senam pagi sangat penting bagi kesehatan dan kehidupan. Marilah kita senantiasa menjaga kesehatan kita dengan cara melakukan senam pagi secara rutin. Marilah kita mengubah cara berpikir yang memandang olah raga sebagai beban menjadi ajang rekreasi yang menyenangkan dan membuat enjoy bagi setiap pelakunya.

Kesimpulannya olah raga senam pagi sangat penting bagi kesehatan tubuh dan olah raga ini juga memiliki banyak manfaat. Untuk itu kegiatan senam pagi perlu dilakukan secara rutin. Dengan jasmani yang sehat maka jiwa kita juga sehat.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Wasalamu’alaikum wr wb.

Bersepeda Pagi
Assalamualaikum wr.wb

Bapak kepala sekolah yang saya hormati, Bapak, Ibu guru dan karyawan yang saya hormati, serta teman-teman yang saya sayangi.

Puji syukur kita panjatkan kepada lillahirabbi yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk berkumpul di tempat ini dalam keaadaan sehat walafiat. Perkenankanlah saya menyampaikan pidato tentang Bersepeda Pagi.

Bersepeda adalah sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga, serta merupakan salah satu moda transportasi darat yang menggunakan sepeda. Bersepeda pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan bersahabat dengan alam karena tidak mengakibatkan polusi. Sudah saatnya kita membudayakan kembali bersepeda dengan membuat kegiatan Goes to sekolah atau goes to kantor.
sepeda pagi

Dengan membiasakan tubuh bersepeda setiap pagi hari, kita bisa mendapatkan manfaat dari olahraga yang kini bisa dijadikan hobi. Manfaat bersepeda setiap hari bagi yang masih dalam masa pertumbuhan tentu akan lebih merangsang pertumbuhan tulang. Sehingga pertumbuhan tinggi akan lebih maksimal.

Bagi Anda yang memiliki berat badan tidak ideal atau obesitas, bersepeda pagi bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Bersepeda memungkinkan pembakaran lemak. Manfaat bersepeda untuk diet ini cukup efektif. Karena hampir seluruh anggota tubuh ikut terlibat untuk menciptakan proses metabolisme tubuh yang lebih efektif dan maksimal dalam pembakaran energi.

Bersepeda merupakan satu kegiatan yang sangat menyehatkan. Untuk itu marilah kita membiasakan bersepeda santai selama 20 menit setiap hari sebelum melakukan aktifitas sehari-hari. Banyak orang tahu bahwa olah raga itu penting untuk kesehatan, tapi sedikit yang dengan suka rela, dengan riang gembira melakukan kegiatan olah raga rutin. Mari biasakan berolah raga sebagai suatu kegiatan suka rela yang rutin dilaksanakan.

Kesimpulannya olah raga bersepeda pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apabila olah raga ini dilaksanakan secara rutin setiap hari maka tubuh akan sehat. Olah raga harus dilakukan dengan suka rela sehingga olah raga selain sebagai hiburan juga sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.

Sekian pidato dari saya semoga bisa jadi acuan untuk kita menjaga alam yang asri ini , kurang lebih mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum wr.wb
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:31 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....