Home » » Nilai Persatuan dan Kesatuan Dalam Budaya atau Kesehatan

Nilai Persatuan dan Kesatuan Dalam Budaya atau Kesehatan

Di sekitar kita banyak pemimpin yang baik. Mereka mengajak orang-orang di sekitarnya untuk melakukan perbuatan yang baik. Pemimpin yang baik bekerja untuk kepentingan masyarakat luas. Ia pun harus menyampaikan kebaikan-kebaikan yang diharapkan akan diikuti oleh orangorang di sekitarnya. Untuk menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya, seorang pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan baik. Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar apa yang menjadi tujuan yang ingin di capai dapat di sampaikan kepada anggotanya.

Untuk menjadi Seorang pemimpin hendaknya harus dapat membangun karakter dan sifat-sifat kepemimpinan yang dapat menjadi inspirator bagi bawahan. Berikut beberapa sifat kepemimpinan .

Intergritas artinya “Komplit” utuh dan sempurna yang berarti tidak ada cacat. Bagi seorang pemimpin yang mempunyai integritas tinggi tentu kata-kata yang diucapkannya akan memberikan kuasa, mempunyai kekuatan akan rencana-rencana nya dan akan memberikan daya atas setiap tindakannya.

Pemimpin yang mempunyai integritas selalu bertindak sesuai dengan ucapannya, selalu konsisten dengan apa yang sudah di yakini dan yang dilakukannya, antara sikap dan tindakan juga antara nilai hidup yang dianut dengan nilai hidup yang dijalankan. Bertindak tanpa kompromi atas kebenaran yang ada.

Kejujuran adalah simbol moralitas tertinggi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Ada sosok pemimpin yang memiliki kejujuran dalam menjalankan kebenaran tetapi banyak sekali orang disekitar nya yang mencoba menggeser kedudukannya sebagai seorang pemimpin karena dianggap menghalangi niatnya untuk berbuat tidak baik.

Kita tentu pernah mengenal ilmu Padi semakin berisi maka semakin lama semakin menunduk ke bawah. Begitu pula anda sebagai seorang pemimpin, semakin berisi maka semakin merendah pula sikap, tutur kata dan perilaku anda. Kerendahan hati merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pemimpin yang hebat.

Bapak Budaya
Pemimpin yang baik adalah orang yang mau terus belajar dari siapa saja. Sebagai ketua RT yang dicintai warganya, Ibu Erika banyak belajar dari Pak Abdi. Beliau adalah Lurah Kampung Palapa, yang letaknya bersebelahan dengan Kampung Sehat Melati.

Seperti banyak orang lainnya, Ibu Erika terinspirasi atas keberhasilan Pak Abdi menggalang warga untuk menjaga nilai-nilai budaya lokal. Seperti yang dirasakan oleh Ibu Erika hari ini, ketika menghadiri undangan peringatan Hari Kemerdekaan di Kampung Palapa. Ibu Erika mendengarkan pidato Pak Abdi.
bapak budaya
“Warga Kampung Palapa. Sudah enam puluh delapan tahun negara kita berdiri mandiri, merdeka dari penjajah. Setiap tahun kita berkumpul merayakannya, bukan tanpa tujuan. Aneka lomba dan kegiatan makan bersama adalah bentuk syukur kita atas kebebasan untuk hidup berkarya, dan ungkapan terimakasih kita atas jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan ini.”

“Wargaku tercinta, satu hal penting yang tak akan bosan saya sampaikan, adalah agar kita selalu menjunjung tinggi budaya lokal dalam setiap langkah. Aneka lomba tujuh belasan ini bukanlah untuk mengejar hadiah, tapi yang lebih penting adalah untuk meneruskan nilai luhur yang terkandung dalam berbagai permainan rakyat, kepada anak-anak kita.”

“Tarik tambang dan lomba bakiak mengajarkan nilai kerjasama, mengatur strategi, dan saling percaya. Balap karung, lomba kelereng dengan sendok, atau menyunggi tampah bola akan melatih keseimbangan dan kepercayaan diri. Ayo terus tanamkan nilai-nilai luhur kepada anakanak, karena jika kita tidak memelihara permainan tradisional, maka generasi mendatang tak akan bisa mengenalnya lagi.”

“Selalu ada cara sederhana untuk melestarikan budaya bangsa. Tidak hanya rumah, tari, dan lagu. Permainan rakyat juga warisan leluhur yang penuh makna dan perlu dilestarikan.”

“Selamat berpesta memperingati kemerdekaan bangsa, wargaku. Cintai bangsamu, cintai budayamu.”

Manfaat apa yang diperoleh penduduk dari program atau kegiatan Pak Lurah?
(Dapat menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, dapat bersilaturahmi, mengenal budaya)

Apakah Pak Lurah sudah mengajak penduduknya mengamalkan sikap persatuan? Jelaskan!
(ya, Pak Lurah mengajak penduduk untuk bersatu, menjaga kekeluargaan, mencintai budaya)

Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Pak Lurah? Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya!

Berdasarkan jawabanmu, buatlah tulisan tentang Pak Abdi tersebut. Kamu dapat menggambar sosoknya sesuai imajinasimu. Pak Abdi dipilih oleh masyarakat. Apa yang dilakukannya ditujukan untuk kepentingan rakyatnya. Ia tidak ingin mengecewakan penduduknya. Sungguh pemimpin yang patut dicontoh.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:24 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....