Home » » Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel dan Grafik

Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel dan Grafik

Untuk menciptakan lingkungan sehat, kerja sama antar anggota keluarga dan masyarakat sangat dibutuhkan. Beberapa kerja sama dan kegiatan masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan sehat antara lain bekerja sama membersihkan sampah yang ada di lingkungan rumah, bekerja sama membersihkan saluran air agar terhindar dari penyakit menular, dan bekerja sama menanam pohon agar lingkungan asri.

Untuk mengumpulkan data tentang kegiatan masyarakat yang ada di sekitar tempat tinggalmu sehubungan dengan upaya menciptakan lingkungan sehat. Data yang dikumpulkan akan disajikan dalam bentuk tabel. Untuk kegiatan pengumpulan data harus terlebih dahulu membuat kuesioner. Kuesioner adalah suatu daftar yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab atau dikerjakan oleh responden atau orang tua/ anak yang ingin diselidiki. Berikut ini contoh kuesioner.

Lembar Kuesioner

Berilah tanda cek (√) untuk kegiatan yang pernah dilakukan (dalam 2 minggu terakhir) dan tanda silang (X) untuk kegiatan yang tidak pernah dilakukan.
No.KegiatanYaTidak
1.Keluargaku membuang sampah pada tempatnya
2.Keluargaku menanam pohon dan bunga di sekitar rumah
3.Keluargaku melakukan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan rumah:
4.Keluargaku berolahraga bersama
5.Keluargaku memilah sampah
6.Keluargaku mendaur ulang sampah

Data primer adalah data yang kamu kumpulkan sendiri. Data sekunder adalah data yang dikumpulkan oleh orang lain. Data sekunder merupakan data yang sudah tersedia sehingga kita tinggal mencari dan mengumpulkan; sedang data primer adalah data yang hanya dapat kita peroleh dari sumber asli atau pertama. Jika data sekunder dapat kita peroleh dengan lebih mudah dan cepat karena sudah tersedia, misalnya di perpustakaan, atau buku-buku; maka data primer harus secara langsung kita ambil dari sumber aslinya, melalui nara sumber yang tepat dan yang kita jadikan responden dalam penelitian kita.

Turus adalah istilah untuk menggambarkan angka berupa simbol tertentu dengan tujuan untuk mempermudah pembacaan angka, terutama angka yang berjumlah cukup banyak. Simbol yang digunakan umumnya berupa garis-garis vertikal, dimana setiap kelipatan lima menggunakan empat garis horizontal dan satu diagonal.

Setelah mengumpulkan data tentang kegiatan dalam menciptakan lingkungan sehat. Berikut adalah hasil survei yang dilakukan kepada 36 siswa kelas VI di sebuah sekolah yang disajikan dalam bentuk turus dan angka.
KegiatanBanyak siswa
TurusAngka
Siswa selalu membuang sampah pada tempatnyaIIII IIII IIII IIII IIII25
Siswa yang menanam pohon dan bunga di sekitar rumahnyaIIII IIII IIII II17
Siswa selalu melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan rumah bersama wargaIIII IIII IIII IIII II22
Siswa yang berolahraga bersama minimal sekali semingguIIII IIII IIII IIII IIII III28
Siswa yang memilah sampah di rumahIIII IIII IIII14
Siswa yang mendaur ulang sampahIIII III8

Posyandu Kampung Sehat Melati selalu melakukan pencatatan terhadap perkembangan berat badan bayi yang ada di kampung tersebut dan menyajikan dalam bentuk grafik. Amati grafik perkembangan berat badan seorang bayi yang tercatat di Posyandu Kampung Melati berikut ini.
No.PertanyaanGambar
1.Apa yang ditunjukkan oleh grafik tersebut? Grafik Perkembangan Berat Badan Seorang Bayi
grafik
2.Bagaimana perbandingan berat badan bayi pada usia 3 bulan dan 6 bulan? Usia 3 bulan berat badan bayi 6,5 kg Usia 6 bulan 7,5 kg.
3.Pada usia berapa bayi tersebut mempunyai berat badan tertinggi? Pada usia 8 bulan.
4.Apakah ada permasalahan dalam perkembangan berat badan bayi tersebut? Jelaskan. Usia 9 bulan berat badan bayi menurun.
5.Buat 4 pertanyaan lainnya yang bisa kamu jawab dari grafik tersebut.
6.Tukarkan pertanyaan tersebut dengan teman di sebelahmu dan minta mereka menjawab.

Data grafik tersebut dapat disajikan ke dalam tabel sebagai berikut.
UmurBerat Badan
14
25,5
36,5
46,8
57,5
67,5
78
88,5
98,2

Setelah selesai membuat potpourri, seorang siswa melakukan pendataan mengenai bahan-bahan yang paling banyak terdapat dalam potpourri yang dibuat teman satu kelas.

Kuesioner
Bahan apa yang paling banyak ada dalam potpourri kamu?
Beri tanda √ pada kotak berikut
SerehMawarDaun KeringMelati

Dari kuesioner yang diajukan didapatkan data sebagai berikut
BahanLaki-lakiPerempuan
Sereh93
Mawar25
Daun kering63
Melati75

Grafik
grafik
Kesimpulan :
Bahan yang paling banyak digunakan dalam potpouri adalah Bunga Pinus dan Melati.

Setelah kamu membaca grafik dan tabel, manakah yang lebih memudahkan kamu mengetahui informasi? Grafik atau tabel. Jelaskan jawabanmu.

Tabel adalah daftar berisi ikhtisar dari sejumlah fakta dan informasi. Biasanya fakta atau informasi itu hanya berupa nama dan bilangan yang tersusun dalam urutan kolom dan baris.Tabel berfungsi menjelaskan suatu fakta atau informasi secara singkat, jelas, dan lebih menarik daripada kata-kata. Sajian informasi yang menggunakan tabel lebih mudah dibaca dan disimpulkan. 

Grafik merupakan gambar yang terdiri atas garis dan titik-titik koordinat. Dalam grafik terdapat dua jenis garis koordinat, yakni garis koordinat X yang berposisi horisontal dan garis koordinat Y yang vertikal. Pertemuan antara setiap titik X dan Y membentuk baris-baris dan kolom-kolom. Grafik digunakan untuk memperjelas suatu bacaan. Grafik memungkinkan penyampaian informasi yang kompleks secara lebih mudah. Grafik digunakan untuk membandingkan jumlah data. Selain itu, digunakan pula untuk menunjukkan fluktuasi suatu perkembangan jumlah, misalnya dalam rentang waktu lima tahun, enam tahun, sepuluh tahun, atau lebih. Dengan grafik, perbandingan serta naik turunnya suatu jumlah data akan lebih jelas.

Siswa kelas 6 SD Negeri Melati ingin mengetahui jajanan siswa Sekolah Dasar di beberapa sekolah di Jakarta. Untuk itu, mereka mencoba menggali informasi dari sebuah hasil survei. Apa saja jajanan yang digemari siswa Sekolah Dasar dari hasil survei tersebut?
No.Jenis JajananJumlah Siswa yang sering membeli
1.Es Sirop100
2.Es Krim123
3.Mie Ayam74
4.Mie Bakso61
5.Nasi uduU101
6.Cakwe105
7.Batagor165
8.Siomay186
9.Bakso Goreng53
grafikjajanan siswa
Diskusikan jawaban untuk pertanyaan berikut secara berkelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
  1. Apa informasi penting yang kamu temukan dari tabel dan grafik tersebut? Jelaskan! Jenis-jenis jajanan siswa sekolah dasar di Jakarta.
  2. Apa makanan yang paling sering dibeli oleh siswa? Siomay (186 siswa)
  3. Berapa jumlah siswa yang memberikan jawaban dalam survei tersebut? Bagaimana cara kamu mengetahuinya? Menjumlahkan siswa yang membeli jajanan yaitu es sirop 100, es krim 123, mie ayam 74, mie bakso 61, nasi uduk 101, cakwe 105, batagor 165, siomay 186, dan bakso goreng 53 sehingga jumlah seluruhnya adalah 968 siswa.
  4. Tulis hasil analisa kelompokmu terhadap tabel dan grafik tadi beserta komentar dan saran. Pada jumlah siswa dalam grafik akan lebih jelas dipahami jika menggunakan interval yang lebih kecil misalnya 10 sehingga data dalam grafik lebih mudah dipahami.
  5. Menurutmu, apakah semua jajanan yang mereka beli sehat? Jelaskan alasan jawabanmu! Belum tentu karena harus diperhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jajanan tersebut.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:57 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.