Home » » Membedakan Campuran dan Larutan

Membedakan Campuran dan Larutan

Larutan adalah campuran dua zat atau lebih yang terdiri dari zat terlarut dan pelarut. Ukuran partikel larutan sangat kecil, kurang dari 1 mm, sehingga tidak dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop ultra sekalipun dan tidak dapat dibedakan antara zat terlarut dan medium pelarutnya. Contoh larutan gula, kita tidak bisa membedakan mana gula mana air dalam larutan gula.

Zat yang jumlahnya lebih sedikit di dalam larutan disebut (zat) terlarut atau solut, sedangkan zat yang jumlahnya lebih banyak daripada zat-zat lain dalam larutan disebut pelarut atau solven. Contoh larutan:
  1. Larutan garam adalah campuran homogen dari garam dalam air.
  2. Larutan gula adalah campuran homogen dari gula dalam air.
  3. Larutan oralit adalah campuran homogen dari gula dan garam dalam air.

Campuran adalah materi yang terdiri atas dua macam zat atau lebih dan masih memiliki sifat-sifat zat aslinya. Jika kita mencapur minyak dengan air, terlihat ada batas di antara kedua cairan tersebut. Jika kita mencampur dengan alkohol, batas antara keduanya tidak terlihat. Minyak dan air membentuk campuran heterogen.
  1. Campuran heterogen adalah campuran yang tidak serbasama, membentuk dua fasa atau lebih, dan terdapat batas yang jelas di antara fasa-fasa tersebut. Alkohol dan air membentuk campuran homogen. Contoh campuran heterogen: campuran tepung beras dengan air, campuran kapur dengan pasir, dan campuran serbuk besi dengan karbon
  2. Campuran homogen adalah campuran yang serbasama di seluruh bagiannya dan membentuk satu fasa.Contoh campuran homogen: campuran gula atau garam dapur dengan air, air teh yang sudah disaring, dan campuran gas di udara

Campuran homogen biasa disebut larutan. Dan yang membedakan antara campuran dan larutan adalah kalau campuran menimbulkan endapan, atau zat terlarut dan pelarutnya bisa di bedakan dan dapat terlihat. Kalau larutan zat terlarut dan pelarutnya melebur menjadi satu sehingga tidak bisa terlihat mana zat pelarut dan mana zat terlarut dan tidak menimbulkan endapan.

Larutan adalah campuran homogen antara zat terlarut (solute) dan zat pelarut (solvent). Larutan dapat berwujud padat, cair, dan gas.
  1. Larutan berwujud padat. Larutan berwujud padat bisa ditemukan pada paduan logam. Contohnya kuningan yang merupakan paduan seng dan tembaga.
  2. Larutan berwujud cair. Contohnya, larutan gula dalam pelarut air.
  3. Larutan dalam wujud gas. Contohnya, ruang yang terdiri atas bermacam-macam gas, diantaranya adalah nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida.

Amati contoh menu yang dibawa oleh guru. Menu tersebut adalah contoh menu yang biasa disediakan oleh Posyandu Kampung Sehat Melati. Bantu petugas Posyandu mengelompokkan menu tersebut ke dalam larutan atau campuran.
campuran
No.MenuCampuranLarutan
1.Susu Kedelai-
2.Bubur Kacang Hijau-
3.Jus Buah-
4.Air Teh yang disaring-
5.Kopi-

Campuran adalah zat yang terdiri atas dua atau lebih zat yang bergabung menjadi satu tanpa komposisi tetap dan masih mempunyai  sifat zat asalnya. Sebagai contoh udara, air laut, sirop, tanah, lem, makanan, kuningan, perunggu, dan sebagainya. Larutan adalah campuran yang homogen. Larutan merupakan bercampurnya dua macam zat (pelarut dan terlarut). Dalam hal ini penyebaran molekul-molekul kedua zat itu merata dan serba sama (homogen). contoh larutan garam dan larutan gula.

Laporan Percobaan Campuran dan Larutan
1. Tujuan
Membedakan campuran dan larutan.

2. Alat dan bahan
Alat :  beberapa bahan seperti gula pasir, garam, tepung beras, susu cair, kopi, tanah, pasir, air sabun, setiap bahan sebanyak 3 sendok makan, air sebanyak setengah gelas aqua bekas.
Bahan : gelas aqua bekas, sendok, pensil, bolpoin, penggaris, dan buku tulis.

3. Cara kerja
  • Siapkan bahan – bahan yang akan digunakan.
  • Siapkan gelas aqua bekas yang sudah diisi dengan air kira – kira setengah gelas aqua.
  • Masukan setiap bahan ke suatu gelas kemudian berilah label sesuai bahan agar tidak tertukar.
  • Aduk hingga air dan bahan menyatu dan amati sekitar 8 menit.
  • Amati perubahan yang terjadi pada setiap campuran.
  • Tulis manakah bahan yang termasuk campuran dan bahan yang termasuk larutan

4. Hasil percobaan
  • Bahan yang termasuk campuran :tepung beras, kopi, tanah, pasir,
  • Bahan yang termasuk larutan : gula pasir, garam, susu cair dan air sabun.

5. Kesimpulan
Campuran terdapat endapan dan larutan tidak terdapat endapan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:39 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....