Home » » Manfaat Potpourri Bidang Sosial Budaya dan Ekonomi

Manfaat Potpourri Bidang Sosial Budaya dan Ekonomi

Ternyata tumbuhan dan rempah-rempah kering bisa diolah menjadi hiasan dan pewangi ruangan. Selain memberi keindahan dan kenyamanan, potpourri juga menebar wangi tanpa bahan kimia, sehingga baik untuk kesehatan. Potpourri adalah campuran bunga, tumbuhan kering, atau rempah-rempah kering yang digunakan sebagai penghias dan pewangi ruangan. Potpourri memberi aroma lembut, biasanya.

Potpourri yang paling umum berasal dari olahan bunga-bunga kering. Pekerjaan membuat potpourri merupakan kesibukan yang menarik dan unik. Selain untuk membuat harum ruangan, kita bisa mengkreasikannya untuk menambah keindahan interior tempat kita. Tak hanya untuk diri sendiri, potpourri juga dapat digunakan untuk kado atau suvenir. Saya yakin orang yang menerima pemberian tersebut akan senang dan terkesan dengan hadiah kita.

Proses pembuatan potpouri yang sangat mudah dan gampang. Beberapa bahan seperti jeruk nipis, serai, pandan, daun salam, bunga pinus, bunga mawar, bunga melati, kayu manis, cengkeh dan rempah lainya dapat digunakan sebagai bahan pembuat potpourri. Bahan-bahan tersebut diolah terlebih dahulu dengan cara dikeringkan di udara bebas dan tidak terkena sinar matahari langsung. Dengan cara pengolahan demikian aroma dari bahan-bahan tersebut tetap terjaga.

Ternyata Potpourri memiliki banyak manfaat dalam bidang sosial, budaya, dan ekonomi yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat untuk lingkungan diantaranya sisa - sisa potpourri dapat diolah menjadi pupuk kompos, Manfaatnya untuk lingkungan sosial adalah ruangan yang lebih harum akan membuat suasana di ruangan menjadi lebih nyaman dan menunjang interaksi sosial baik bersama teman ataupun keluarga.

Manfaat Potpourri di lingkungan budaya diantaranya adalah berkembangnya budaya hidup sehat yang berkembang di masyarakat. Potpouri dapat dijadikan aroma terapi. Selain itu bunga kering yang sudah tidak digunakan juga dapat diolah diolah menjadi kerajinan tangan oleh seniman - seniman Indonesia.

Manfaat bidang ekonomi dari potpouri adalah menghemat biaya yang digunakan untuk biaya pengharum ruangan. Selain itu pembuatan potpourri juga dapat dikembangkan sebagai kegiatan yang dapat menghasilkan keuntungan. Dengan semakin berkembangnya pemahaman pentingnya kesehatan peminat potpuri semakin banyak sehingga dapat dijadikan kegiatan ekonomi yang menguntungkan.

Setelah berdiskusi tentang manfaat potpourri, sekarang perhatikan hasil survei yang dilakukan oleh SD Negeri Mawar tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat. Kegiatan survei melibatkan 80 orang siswa (36 laki-laki dan 44 perempuan). Survei ini dilaksanakan dalam dua tahap. Berikut adalah hasil survei tahap pertama:
No.Kegiatan PHBSFrekuensi
Laki-laki (36)Perempuan (44)
1.Menyuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun1726
2.Mengonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah2224
3.Menggunakan jamban yang bersih dan sehat1517
4.Olah raga yang teratur dan terukur2526
5.Memberantas jentik nyamuk1819
6.Tidak mer*kok3444
7.Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan2115
8.Membuang sampah pada tempatnya2729

Setelah dilakukan penyuluhan oleh UKS Sekolah, maka dilakukan survei kedua. Berikut adalah hasil survei tahap kedua:
No.Kegiatan PHBSFrekuensi
Laki-laki (36)Perempuan (44)
1.Menyuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun3241
2.Mengonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah2935
3.Menggunakan jamban yang bersih dan sehat3342
4.Olah raga yang teratur dan terukur2931
5.Memberantas jentik nyamuk3335
6.Tidak mer*kok3644
7.Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan3444
8.Membuang sampah pada tempatnya3040

Buatlah grafik batang ganda berdasarkan tabel di atas untuk hasil survei I dan 2.
Hasil Survei 1
phbs 1
Hasil Survei 2
phbs 2
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan tabel dan grafik.
  1. Jelaskan perbedaan antara hasil survei pertama dan kedua. Perbedaan survei pertama dan kedua adalah pada survei kedua setelah ada penyuluhan terjadi peningkatan PHBS di SD Mawar.
  2. Adakah perilaku hidup sehat yang mengalami  perubahan cukup besar setelah dilakukan penyuluhan? Jelaskan. Menggunakan jamban sehat dan bersih mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari 15/17 menjadi 33/42.
  3. Apakah ada perilaku yang tidak berubah? Jelaskan. Perilaku tidak merokok siswa putri tidak mengalami perubahan.
  4. Tulis kesimpulan, komentar, dan saranmu setelah menganalisis kedua hasil survei. Kegiatan penyuluhan PHBS di SD Mawar dapat meningkatkan kesadaran warga sekolah tentang pentingya PHBS. Kegiatan penyuluhan tersebut harus terus digalakan agar tercipta lingkungan pendidikan yang sehat dan bersih.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....