Home » » Tumbuhan Sumber Kehidupan di Berbagai Wilayah Indonesia

Tumbuhan Sumber Kehidupan di Berbagai Wilayah Indonesia

Keanekaragaman flora yang ada di Indonesia tentunya perlu kita syukuri dengan menjaga dan melestarikannya. Bangsa Indonesia tentu akan mengalami banyak kerugian karena flora tersebut memiliki fungsi dan peran masing-masing dalam kehidupan. Besarnya keanekaragaman hayati di Indonesia berkaitan erat dengan kondisi iklim dan kondisi fisik wilayah. Suhu dan curah hujan yang besar memungkinkan tumbuhnya beragam jenis tumbuhan. Tumbuhan memerlukan air dan suhu yang sesuai. Makin banyak air tersedia makin banyak tumbuhan yang dapat tumbuh dan karena itu makin banyak hewan yang dapat hidup di daerah tersebut.

Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis khatulistiwa, meliputi bentang alam dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan. Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 diatas permukaan laut (dpl). Hampir semua ibu kota propinsi di Indonesia terletak di dataran rendah. Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu.

Wilayah pantai termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai karena negara kita terdiri atas ribuan pulau. Tumbuhan di wilayah pantai adalah kelapa, bakau, dan ganggang.
tumbuhan
Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 diatas permukaan laut (dpl). Beberapa dataran tinggi di Indonesia, contohnya dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.
PertanyaanJawaban
Apakah perbedaan dataran tinggi dan dataran rendah?Selain dari ketinggianya dataran tinggi dan dataran rendah dapat dibedakan dari bentang alam dan sumber daua alamnya. Bentang alam dan jenis sumber daya alam yang biasanya terdapat di:
  1. Dataran tinggi: pegunungan dengan perkebunan teh, sayuran dan buah, hutan cemara, dan air terjun;
  2. Dataran rendah: hutan tropis dengan beragam jenis tumbuhan, sawah dan kebun buah-buahan, sungai, pantai dengan hutan bakau, tambak garam, kelapa, dan ikan laut.
Sebutkan jenis tumbuhan yang terdapat di kedua dataran tersebut!
  1. Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu.
  2. Tumbuhan di wilayah pantai adalah kelapa, bakau, dan ganggang.
  3. Tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.
Apa perbedaan kehidupan masyarakat yang tinggal di kedua dataran tersebut? Jelaskan dengan singkat!Perbedaan kehidupan masyarakat di tiga daerah adalah sebagai berikut.
  1. Dataran tinggi: biasanya sebagian besar masyarakatnya memiliki matapencaharian sebagai petani sayuran.
  2. Daerah pantai: sebagian besar masyarakatnya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, petambak garam, petani bakau, ataupengumpul ganggang atau kelapa.
  3. Dataran tinggi: di daerah pedesaan, biasanya sebagian besar masyarakatnya memiliki mata pencaharian sebagai petani di sawah, jika di daerah perkotaan maka masyarakatnya memiliki beragam mata pencaharian.
Apakah jenis tumbuhan yang berbeda dari wilayah yang berbeda tersebut akan saling melengkapi? Jelaskan dengan singkat!Jenis tumbuhan yang berbeda dari wilayah yang berbeda tersebut akan saling melengkapi. Contoh: Teh yang berasal dari dataran tinggi juga dibawa dan dijual ke wilayah dataran rendah dan pantai, sehingga nelayan juga dapat menikmati teh

Setiap bentang alam memiliki jenis tumbuhan yang beragam, seperti kelapa dan ganggang yang banyak tumbuh di daerah pantai. Kondisi geografis dan kondisi ekonomi suatu wilayah dapat diamati melalui lingkungan yang ada di sekitar kita.
KondisiKetampakan
Geografis
  1. Ketampakan atau bentang alam. Bentang alam yang ada di lingkungan desaku antara lain : persawahan, pegunungan, bukit, sungai, gunung, lembah, dan perbukita.
  2. Jenis tumbuhan dan manfaatnya bagi kehidupan penduduk sekitarnya. Beraneka ragam tumbuhan yang ada di desaku antara lain tanama hutan seperti jati dan pinus. Beberapa tanaman tahunan seperti mahoni, angsana, albasia dan masih banyak yang lainya. Beberapa tanaman pertanian antara lain padi, jagung, singkong, merica, dan jahe.
Ekonomi
  1. Mata pencaharian utama penduduk sekitarnya. Karena lingkunganku berada di pedesaan mata pencaharian utama penduduka adalah di bidang pertanian. Mereka setiap tahun menanm padi di sawah. Sementara kebun mereka ditanami tanaman seperti, singkong, jahe, dan merica.
  2. Mata pencaharian penduduk yang tidak bekerja sebagai perani biasanya bekerja sebagai buruh tani. Ada beberapa warga desa yang bekerja sebagai perangkat desa, PNS, guru, tukang ojek, tunkang kayu, dan masih banyak yang lainnya.
KesimpulanKondisi geografis wilayahku yang berada di daerah pedesaan ternyata mempengaruhi kegiatan ekonomi mereka. Kondisi pedesaan dimana masih banyak tanah kosong dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....