Home » » Teks Laporan Percobaan Mengukur Sudut Dengan Satuan Tidak Baku

Teks Laporan Percobaan Mengukur Sudut Dengan Satuan Tidak Baku

Teks laporan percobaan merupakan teks yang disusun berdasarkan percobaan yang telah dilakukan sebelumnya. Kegiatan menyusun teks rekaman percobaan dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana dari awal sampai akhir percobaan yang dilakukan sehingga menghasilkan suatu kesimpulan. Dalam sebuah teks percobaan hal-hal yang dilaporkan harus sesuai fakta apa adanya tanpa ada opini dan pendapat penulis. Agar dapat menyusun teks laporan percobaan dengan baik kita perlu melakukan percobaan terlebih dahulu. Data yang diperoleh dari kegiatan percobaan dan hasilnya dicatat secara jelas dan perinci, kemudian disusun menjadi sebuah laporan percobaan.

Laporan percobaan ini merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang kebenarannya harus dapat dipertanggung jawabkan secara kelimuan. Sehingga bahasa yang digunakan harus lugas dan jelas. Dari hasil laporan percobaan yang diserahkan siswa, ternyata masih banyak siswa belum mampu menulis laporan dengan benar, walaupun sudah diberikan sistematika penyusunan laporan. Siswa belum mampu menuangkan ide secara kritis. Pada tulisan ini akan sedikit membahas mengenai laporan percobaan mengukur sudut dengan satuan sudut tidak baku.

Setelah melakukan percobaan sebelumnya dan data hasil percobaan sudah dikumpulkan dan dicatat tulislah laporan berdasarkan percobaan yang dilakukan. Laporan meliputi tujuan, alat dan bahan yang digunakan, langkah-langkah, hasil temuan, serta kesimpulan. Perhatikan contoh teks laporan percobaan di bawah ini.
Struktur teksKalimat
Tujuan serta alat dan bahanPengukuran sudut dapat dilakukan dengan menggunakan satuan baku dan satuan tidak baku. Cara pengukuran sudut dengan ukuran tidak baku dapat menggunakan sudut satuan yang terbuat dari potongan kertas. Tujuan dari pengukuran sudut menggunakan satuan tidak baku adalah untuk menunjukan bahwa pengukuran tersebut menghasilkan pengukuraan yang tidak sama antara siswa yang satu dengan lainnya. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain 5 buah kertas hijau berbentuk segi tiga dengan ukuran sudut yang berbeda-beda dan kertas HVS putih. Alat yang digunakan berupa gunting, penggaris  dan pinsil.
Langkah-langkahLangkah kerja merupakan langkah-langkah yang akan dikerjakan dan akan dilakukan dalam percobaan tersebut. Langkah kerja dibuat sedetail mungkin guna memperjelas apa yang dilakukan selama percobaan. Pengukuran sudut menggunakan satuan tidak baku dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Gambarlah sudut lancip pada kertas HVS putih dengan menggunakan penggaris.
  2. Gunting sudut tersebut.
  3. Gunakan sudut yang sudah digunting tersebut sebagai satuan pengukuran untuk sudut.
  4. Ambil kertas hijau berbentuk segi tiga.
  5. Buat perkiraan, berapa kali (besar sudut yang telah digunting) untuk menutup seluruh wilayah salah satu sudut pada segi tiga hijau (lihat gambar).
  6. Catat hasil pengukuran pada tabel.
  7. Ulangi langkah tersebut untuk segi tiga lainnya
HasilHasil pengukuran sudut yang dilakukan oleh masing masing siswa ternyata hasilnya berbeda-beda tergantung sudut satuan yang dibuat siswa. Hasil pengukuran tersebut seperti dalam tabel di bawah ini.
SegitigaSudut SatuanHasil
segitiga
satuan
3 satuan
segitiga2
4 satuan
segitiga3
2 satuan
Hasil pengukuran siswa lain antara lain sebagai berikut
SegitigaSudut SatuanHasil
segitiga
satuan2
4 satuan
segitiga2
6 satuan
segitiga3
3 satuan
KesimpulanPengukuran menggunakan satuan sudut ternyata menghasilkan hasil pengukuran yang berbeda-beda. Satuan tak baku apabila digunakan oleh orang yang berbeda dapat menghasilkan hasil pengukuran yang berbeda. Sehingga dibutuhkan satuan baku yang apabila digunakan oleh siapa pun akan menghasilkan hasil pengukuran yang sama. 

Satuan sudut baku adalah satuan sudut yang apabila digunakan oleh siapapun/siapa saja, akan menghasilkan hasil pengukuran yang sama. Satuan sudut tidak baku adalah satuan yang apabila digunakan oleh orang-orang yang berbeda, bisa menghasilkan hasil pengukuran yang berbeda. Untuk menghasilkan hasil pengukuran yang sama satuan baku yang digunakan adalat derajat. Untuk mengukur sudut secara lebih akurat dapat menggunakan busur derajat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:22 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....