Home » » Teks Laporan Investigasi Hewan Peliharaan

Teks Laporan Investigasi Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara sebagai teman sehari-hari manusia. Hewan peliharaan berbeda dari hewan ternak, yang dipelihara untuk kepentingan ekonomi atau untuk melakukan tugas tertentu. Hewan peliharaan dipelihara hanya sebagai hiburan saja. Hewan peliharaan yang populer biasanya adalah hewan yang memiliki karakter setia pada majikannya atau memiliki penampilan yang menarik. Walaupun seseorang dapat memelihara hewan apa pun sebagai hewan peliharaan, namun hanya hewan-kewan tertentu saja yang sering dijumpai, terutama hewan kecil (anjing, kucing, dan kelinci), burung, dan ikan.

Kelinci merupakan salah satu hewan yang dipelihara untuk dinikmati keindahan bulunya serta tingkahnya yang lucu. Alasan orang memelihara kelinci adalah karena hewan ini jinak dan lucu. Beberapa jenis di antaranya memiliki bulu menarik sehingga orang semakin meminatinya untuk hiburan di rumah. Kelinci peliharaan bisa dilepas di halaman terbuka di rumah, atau dalam kandang yang dibuat secara khusus.

Lakukan tugas wawancara. Wawancara ini dilakukan kepada seorang temanmu di kelas, guru, atau staf sekolah lainnya yang memiliki hewan peliharaan atau hewan ternak di rumah mereka.  Informasi yang harus kamu cari adalah jenis hewan dan ciri-ciri khususnya, alasan atau tujuan memiliki hewan tersebut, cara perawatan dan alasan mereka merawatnya, dan perasaan mereka terhadap hewan tersebut.. Olah informasi yang telah kamu dapat, kemudian tuliskan dalam bentuk laporan hasil investigasi. Perhatikan penggunaan kosakata, tanda baca, dan huruf kapital. Berikut ini contoh teks laporan investigasi tentang hewan peliharaan.

Struktur teksKalimat
Penjelasan
Umum
Kelinci adalah hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Dulunya, hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Asal kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti "anak kelinci". Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Nusantara mulai mengenali kelinci saat masa kolonial Belanda. Saat ini sejumlah jenis kelinci menjadi hewan peliharaan dan hewan pedaging. Beberapa jenis kelinci sebagai hewan pedaging juga ada yang dijadikan hewan peliharaan.
Fakta-faktaSecara umum, kelinci terbagi menjadi dua jenis. Pertama, kelinci liar. Kedua, kelinci peliharaan. Yang termasuk dalam kategori kelinci liar adalah terwelu dan kelinci liar. Dilihat dari jenis bulunya, kelinci ini terdiri dari jenis berbulu pendek dan panjang dengan warna yang agak kekuningan. Ketika musim dingin, warna kekuningan berubah menjadi kelabu.

Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya Angora, Lyon, American Chinchilla, Dutch, English Spot, Himalayan, dan lain-lain. Khusus Lyon sebenarnya adalah hasil dari persilangan luar antara Angora dengan ras lainnya. Namun di kalangan peternak kelinci hias, hasil persilangan itu disebut sebagai Lyon atau Angora jadi-jadian.

Di Indonesia banyak terdapat kelinci lokal, yakni jenis kelinci jawa (Lepus negricollis) dan kelinci Sumatera (Nesolagus netseherischlgel). Kelinci jawa diperkirakan masih ada di hutan-hutan sekitar wilayah Jawa Barat. Warna bulunya cokelat perunggu kehitaman. Berat Kelinci jawa dewasa bisa mencapai 4 kg. Sedangkan Kelinci sumatera, habitatnya adalah hutan di pegunungan Pulau Sumatera. Panjang badannya mencapai 40 cm. Warna bulunya kelabu cokelat kekuningan.

Tujuan Memelihara Kelinci
Memelihara kelinci ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan maupun bagi kelestarian makhluk hidup. Beberapa tujuan dari memelihara kelinci antara lain sebagai berikut.
  1. Memelihara kelinci berarti berusaha menjaga kelestarian hewan tersebut karena kelinci yang dipelihara akan diperhatikan kesehatannya dengan baik.
  2. Memelihara kelinci merupakan bentuk mencintai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, dengan memelihara kelinci berarti kita memberikan kasih sayang kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan.
  3. Memelihara kelinci berarti selalu menjaga kebersihan binatang peliharaannya, mengeluarkan kotoran, makan dan memandikan binatang peliharannya yang dapat melatih tanggung jawab seseorang.

Cara Memelihara Kelinci
Beberapa hal yang perlu dipahami sebelum memelihara kelinci, hal yang sangat mendasar untuk menjamin kesehatan mereka pada dasarnya hanya 4 hal seperti makanan, kandang, dan air.
  1. Sayuran merupakan makanan kesukaan kelinci, namun sayuran yang baik bukan sayuran segar karena terlalu banyak mengandung air sehingga menyebabkan mencret. Sayuran harus di jemur diatas genting (atau diatas seng/besi biar cepat layu) sampai layu sedikit berwarna kekuningan. Selain sayuran pakan kelinci yang lain adalah pelet khusus kelinci yang banyak tersedia di supermarket atau petshop.
  2. Kelinci membutuhkan kandang yang bersih dan cukup udara sehingga kelinci bisa bermain dan berlarian di dalam kandangnya. Ini untuk menjaga agar kelinci tidak stress yang bisa mengakibatkan berbagai gangguan pada kesehatannya. Dalam kandang tersebut, siapkan tempat untuk kelinci beristirahat, tempat sampah dan juga botol berisi air bersih. Untuk memastikan kebersihan kandang, bersihkan kandang kelinci minimal seminggu sekali.
  3. Semua mahluk hidup membutuhkan air, tidak sekedar air, tapi air yang benar-benar terjaga kebersihannya. Taruh mangkuk atau botol berisi air bersih dalam kandangnya, ini untuk menghindarkan kelinci dari bahaya dehidrasi yang bisa mengancam keselamatannya. Ganti air tersebut seminggu dua kali.
  4. Biasanya bulu kelinci setelah beberapa minggu akan kelihatan kotor. Sesekali, kelinci duduk di kotak kotoran sehingga mengotori bulu-bulunya yang sulit dibersihkan oleh mereka sendiri. Sehingga kelinci perlu dimandikan, setelah bersih keringkan bulu kelinci yang memutuhkan waktu sekitar 1 jam sampai semua bulunya kering.
kelinci
Alasan orang memelihara kelinci adalah karena hewan ini jinak dan lucu. Beberapa jenis di antaranya memiliki bulu menarik sehingga orang semakin meminatinya untuk hiburan di rumah. Binatang harus diperlakukan dengan lembut, dan tidak boleh disakiti. Dengan membelai, memegang, memeluk, atau menyentuh hewan peliharaan dengan penuh kasih dapat dengan cepat menenangkan kita, ketika kita sedang stres.

Setiap hari kita disibukan dengan segala rutinitas, dari sekolah, kuliah, dan bekerja, tentu kita sebagai manusia biasa pasti ada rasa jenuh dan lelah. Tetapi dengan adanya hewan peliharaan akan merasa senang ketika bisa merawat hewan peliharaannya, jenuh dan rasa letih seketika menjadi terlupakan olehnya.
KesimpulanKelinci termasuk hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan . Kelinci merupakan peliharaan yang banyak dipelihara karena lucu dan memiliki bulu yang indah. Salah satu tujuan memelihara kelinci adalah untuk menjaga kelestarian hewan tersebut. Memelihara kelinci harus memperhatikan kandang, pakan, air, dan kesehatannya. Kelinci sebagai hewan peliharaan dapat menjadi hiburan untuk menghilangkan stress karena rutinitas sehari-hari
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....