Home » » Teks Investigasi Hubungan Antar Makhluk Hidup

Teks Investigasi Hubungan Antar Makhluk Hidup

Makhluk hidup yang ada di bumi dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan. Ketiga kelompok tersebut saling berhubungan. Hubungan antarmakhluk hidup sangatlah penting. Setiap makhluk hidup bergantung dengan makhluk hidup lain. Semua makhluk hidup saling membutuhkan. Tumbuhan berfungsi sebagai penyedia makanan bagi hewan dan manusia. Tanah yang kamu pijak ibarat pabrik raksasa yang menghasilkan ribuan bahkan jutaan jenis tumbuhan.

Ribuan jenis hewan yang hidup di darat dan di air makin memperkaya kehidupan di Bumi. Setiap jenis hewan dan tumbuhan memiliki ciriciri khusus yang berbeda beserta manfaatnya bagi keberlangsungan kehidupan di bumi. Beberapa jenis hewan seperti ikan, burung, kucing, dan anjing menjadi sahabat manusia yang menghibur dan menemanimu di kala sedih. Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan hewan dan tumbuhan untuk dilestarikan.

Rantai makanan adalah suatu peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan-urutan tertentu. Dalam rantai makanan terdapat makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan sebagai dekomposer (pengurai). Pada peristiwa rantai makanan setiap tingkat dari rantai makanan dalam suatu ekosistem disebut dengan tingkat trofik.

Pada tingkat trofik yang pertama yaitu organisme yang dapat menghasilkan atau membuat zat makanan sendiri yaitu tumbuh-tumbuhan hijau atau yang disebut sebagai produsen. Lalu organisme yang menempati tingkat tropik yang kedua disebut dengan konsumen  primer (konsumen tingkat I), konsumen ini umumnya ditempati oleh hewan herbivora (pemakan tmbuhan). Selanjutnya organisme yang menempati tingkat tropik ketiga disebut dengan konsumen sekunder (Konsumen tingkat II), umumnya ditempati oleh hewan carnivora (hewan pemakan daging) dan seterusnya. Dan organisme yang menduduki tingkat tropik tertinggi atau terakhir disebut konsumen puncak, biasanya ditempati oleh omnivora.
hubungan antar makhluk hidup
Dari gambar di atas dapat ditrntukan masing-masing komponen.
ProdusenKonsumen
tingkat 1
Konsumen
tingkat 1I
Konsumen
tingkat 1II
Pengurai
JagungAyam, Ikan, BurungSerigala dan HarimauManusiaBakteri

Teks Investigasi Hubungan Antar Makhluk Hidup
Struktur teksKalimat
Penjelasan
Umum
Beragam jenis hewan dan tumbuhan dapat ditemui di sekita kita. Setiap jenis hewan dan tumbuhan tersebut memiliki peranan untuk menunjang keberlangsungan kehidupan di Bumi. Tumbuhan berfungsi sebagai penyedia makanan bagi hewan dan manusia. Manusia memerlukan tumbuhan, tumbuhan memerlukan manusia dan hewan.

Untuk keberlangsungan hidupnya makhluk hidup tidak dapat hidup sendiri karena makhluk hidup saling membutuhkan. Manusia, hewan dan tumbuhan membentuk suatu jaringan hidup yang saling berkaitan. Manusia bergantung pada hewan dan tumbuhan agar tetap hidup. Tumbuhan merupakan produsen bagi manusia dan hewan. Hubungan keterkaitan antara makhluk hidup ini harus dijaga.
Fakta-faktaSetiap makhluk hidup memiliki peranan masing-masing. Peranan produsen, konsumen, dan pengurai dalam kehidupan, yaitu sebagai berikut.
  1. Produsen adalah membuat makanan, yaitu tumbuhan.  Tumbuhan hijau mampu memanfaatkan cahaya matahari untuk menghasilkan zat makanan melalui proses fotosintesis, sehingga disebut sebagai produsen.
  2. Konsumen adalah pemakan. Manusia dan hewan termasuk dalam golongan konsumen karena keduanya tidak dapat membuat makanan sendiri. 
  3. Pengurai adalah menguraikan hewan-hewan yang terkubur di dalam tanah. Makhluk hidup yang berperan sebagai pengurai adalah bakteri dan jamur saprofit.

Jika salah satu komponen dalam sebuah lingkungan tidak ada atau hilang maka komponen yang lainya akan terganggu. Misalnya apa yang akan terjadi pada hewan lainnya, jika terjadi hal-hal berikut.
  1. Tanaman jagung punah semua konsumen akan punah karena tanaman jagung merupakan produsen makanan.
  2. Jika Ayam punah maka serigala berkurang, manusia tidak lagi dapat makan daging ayam.
  3. Jika cacing punah maka jasad di dalam tanah tidak akan terurai dan menumpuk di dalam tanah.
Keterkaitan hubungan antara produsen, konsumen, dan pengurai, yaitu semua konsumen memerlukan produsen, pengurai memerlukan jasad mati konsumen, produsen memerlukan zat-zat sisa konsumen yang diuraikan pengurai sebagai tempat tumbuh.
KesimpulanTumbuhan dan hewan memiliki kemampuan berkembang biak dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Manusia memiliki peran untuk menjaga supaya tumbuhan sebagai produsen terjaga kelestariannya dengan menjaga tanah dan air supaya tidak tercemar.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:57 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....