Home » » Teks Investigasi Adaptasi Hewan Lebah

Teks Investigasi Adaptasi Hewan Lebah

Lebah termasuk kelompok binatang serangga yang terbang hidup berkelompok. Lebah terdapat hampir di seluruh belahan dunia kecuali daerah kutub. Lebah bersarang di bukit,pohon dan diatas rumah. Sarang lebah terbuat dari bahan lilin yang terdapat pada tubuh lebah. Dalam satu koloni lebah terbagi dalam tiga kasta. Kasta pertama adalah lebah ratu yang bertugas menjadi petelur untuk menghasilkan generasi baru. Kasta kedua adalah lebah pekerja jenis betina yang tidak bertelur yang bertugas membuat sarang dan mencari makanan. Kasta keketiga adalah lebah jantan yang memiliki tugas mengawini lebah ratu Dari ketiga kasta tersebut lebah ratu adalah lebah paling sibuk karena mengerami ribuan telur perhari.

Kita harus berterimakasih pada lebah karena mereka membuat tanaman, buah buahan dan bibit untuk berkembang biak. Lebah berperan besar dalam pengembangbiakan tanaman. Saat mengambil madu, lebah tidak sengaja melakukan penyerbukan bunga,sehingga terjadi penyerbukan. Kita dapat bekerja sama berbagi tugas bersama teman untuk menjaga kebersihan kelas, atau bekerja sama dengan guru untuk membuat suasana belajar menjadi tertib dan nyaman. Dengan bekerja sama, tujuan kita akan lebih mudah tercapai. Berikut ini contoh teks laporan investigasi tentang adaptasi hewan lebah.
Struktur teksKalimat
Penjelasan
Umum
Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok. Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput).

Sebagai serangga, lebah mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.
Fakta-faktaSistem Kerja Sama Lebah dan Tujuannya
Lebah beradaptasi dengan lingkungan dengan cara yang unik. Mereka melakukan kerja sama untuk bertahan hidup. Dalam suatu kelompok (disebut "koloni") terdapat tiga "kasta", yaitu:
  1. Lebah ratu, berjenis kelamin betina merupakan induk semua lebah dalam satu koloni dalam satu koloni hanya satu ekor lebah ratu. Lebah ratu badannya lebih besar karena sejak masih dalam bentuk larva ia diberi makan royal jelly yang kaya akan vitamin dan gizi.
  2. Lebah betina, dikenal sebagai lebah pekerja jumlah lebah pekerja bisa mencapai puluhan ribu, 30.000 ekor lebah dan yang bibit unggul bisa mencapai sampai 60.000 ekor lebah. Sebagian lebah pekerja bertugas membuat sarang dan sebagian lainnya mencari makan.
  3. Lebah jantan, jumlahnya hanya ratusan ekor lebah.  Tugas lebah jantan adalah mengawini si ratu lebah.
Setiap kasta lebah mempunyai tugas masing-masing. Lebah ratu hanya satu ekor dalam setiap koloni dan mengawal semua kegiatan lebah betina dan lebah jantan.

Sistem Adaptasi Lebah
Setiap lebah memiliki sistem adaptasi yang sama, yaitu memiliki sengat untuk mempertahankan diri. Lebah menggunakan sengatan ekornya saat merasa terganggu (terusik). Lebah menusukkan sengatan ekornya berkali-kali ke epidermis musuhnya sehingga merasa sakit. Namun, apa yang dilakukan lebah ini ternyata malah membuat sengatnya lepas (tertinggal) di kulit seseorang dan menarik alat sengat dan kantung sengat (yang memang menempel pada sengatnya), dan dalam beberapa menit kemudian lebah pun mati.
koloni lebah
Manfaat Lebah Bagi Kehidupan
Lebah di alam berfungsi penting sebagai serangga penyerbuk utama. Kesukaannya akan nektar dan serbuk sari membantu tumbuhan untuk terjadinya penyerbukan silang dan penyebaran serbuk sari.

Madu yang dihasilkan lebah disukai oleh banyak hewan, khususnya beruang. Manusia juga memanfaatkan madu sebagai makanan serta obat. Di beberapa tempat di Indonesia larva dan pupa lebah dijadikan makanan (misalnya sebagai botok lebah).

Peternakan lebah modern bisa menghasilkan racun lebah yang keluar dari sengat lebah pekerja tanpa akibat matinya lebah, Racun lebah keluar dari sengatnya dan hasilnya ditampung untuk ramuan obat-obatan.
KesimpulanLebah-lebah tersebut melaksanakan tugas masing-masing dengan baik sehingga terciptalah suatu kerja sama untuk mencapai tujuan, yaitu hidup bersama dalam kedamaian dan memiliki sarang yang penuh dengan makanan.

Kita dapat mencontoh kehidupan lebah. Dalam keluarga, kita dapat bekerja sama membantu menyelesaikan pekerjaan rumah sehingga rumah kita akan selalu bersih dan nyaman. Bekerjasama lebih baik daripada bekerja sendiri-sendiri.

Manusia dapat belajar dari kehidupan lebah. Dalam satu koloni lebah lebah pekerja bertugas membuat dan menjaga sarang, serta mencari makan. Lebah ratu bertugas untuk bertelur memperbanyak keturunan. Lebah jantan bertugas membuahi lebah ratu. Mereka memiliki tugas masing-masing dan bekerja dengan sungguh-sungguh sehingga kehidupan berjalan dengan baik. Jika lebah-lebah itu malas dan tidak mengerjakan tugasnya, maka kehidupan semua lebah akan terganggu dan mereka bisa binasa. Ternyata dengan bekerjasama dan sungguh-sunggguh kehidupan dapat berjalan dengan harmonis.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:28 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....