Home » » Teks Eksplanasi Percobaan Listrik Statis

Teks Eksplanasi Percobaan Listrik Statis

Fenomena listrik statis banyak kita temukan dalam kefidupan sehari-hari. Listrik statis merupakan salah satu diantara dua jenis listrik yang umum dikenal dalam kelistrikan. Gejalanya banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu yang berasal dari fenomena alami, maupun fenomena buatan. Pada fenomena alam listrik statis dapat kita temukan pada peristiwa terjadinya petir, sedangkan pada fenomena buata dapat kita temukan pada peristiwa menggosok sisir dan penggaris plastik pada rambut.

Untuk menjelaskan fenomena petir kita memakai analogi sebuah kapasitor besar, yang dimana lempengan pertama yaitu awan, lempengan ini bisa negatif ataupun positif dan lempengan kedua yaitu bumi yang mempunyai sifat netral. Proses terjadinya muatan pada awan terjadi karena awan berhubungan dengan awan-awan lainnya yang mengakibatkan berkumpulnya muatan negatif di salah satu sisi dann muatan positif berkumpul di sisi lainnya. Apabila perbedaan potensial diantara awan dan bumi besar, akan mengakibatkan terjadinya pembuangan muatan negatif atau disebut elektron. Apabila pada saat muatan elektron dapat menembus udara terjadilah petir.

Pada fenomena buatan listrik statis balon, sisir, dan penggaris plastik yang telah digosok dinamakan kutub negatif, sedangkan kertas dan rambut dinamakan kutub positif. Perbedaan muatan negatif dan positif ini menyebabkan keduanya saling tarik menarik, inilah yang dinamakan energi listrik. Terdapat arus listrik yang bersifat sementara pada beberapa benda di sekitar kita. Lalu, apa manfaatnya dalam kehidupan? Berikut ini teks eksplanasi tentang percobaab listrik statis

Listrik Statis pada Benda-Benda di Sekitar Kita
Struktur teksKalimat
Pernyataan
Umum
Fenomena listrik statis sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Listrik statis adalah: energi listrik yang bersifat sementara pada beberapa benda terbuat dari plastik yang terjadi karena gesekan antara permukaan benda tersebut dengan banda lainnya.

Fenomena yang menunjukkan adanya listrik statis juga dapat diketahui saat rambut kita tiba-tiba berdiri saat kita bersentuhan dengan benda-benda yang memiliki muatan listrik sementara. Untuk mengetahui fenomena listrik statis dalam kehidupan sehari-hari dapat menggunakan percobaan sederhana.
Deretan PenjelasPercobaan untuk membuktikan adanya listrik statis adalah percobaan dengan menyisir rambut yang kering dengan sisir. Adanya listrik statis dibuktikan dengan tertariknya rambut kering tersebut ke arah sisir. Hal ini terjadi karena adanya listrik statis antara rambut kering dan sisir. Pada mulanya rambut dan sisir bersifat netral. Suatu atom bersifat netral, karena jumlah proton dan elektron sama.

Pada saat kita menggosokkan sisir pada rambut, sejumlah atom di dalam rambut terganggu, sejumlah elektron di dalam rambut terlepas dan berpindah ke sisir. Akibatnya, sisir memperoleh tambahan elektron, dan sisir itu tidak lagi netral, tetapi memiliki muatan negatif. Rambut kehilangan elektron, sehingga rambut itu bermuatan positif. Berikut ini percobaan tentang listrik statis.

Alat dan bahan:
Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam percobaan listrik statis adalah sebagai berikut.
  1. Balon, penggaris, atau sisir plastik.
  2. Kain wol atau plastik.
  3. Serpihan kertas.
  4. Rambut.
  5. Beragam benda dari bahan yang berbeda: logam, kayu, kain jenis lain.
listrik statis

Langkah percobaan:
Setelah alat dan bahan yang diperlukan dalam percobaan disiapkan selanjutnya adalah melakukan percobaan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Dekatkan balon, sisir, dan penggaris plastik secara bergantian pada serpihan kertas. Lihat apa yang terjadi.
  2. Gosokkan balon, sisir, dan penggaris plastik pada kain wol atau selembar plastik (gosokkan bolak-balik searah dan berulang-ulang).
  3. Dekatkan balon, sisir plastik, dan penggaris plastik yang sudah digosok tersebut kepotongan kecil kertas atau rambutmu. Amati yang terjadi.
  4. Ulangi percobaan yang sama menggunakan benda lain dengan bahan yang berbeda: logam, kayu, kaca, sisir, penggaris. Amati hasilnya.
Hal yang terjadi pada kertas dan rambut yang didekatkan pada balon, sisir dan penggaris plastik, yang belum digosok rambut tidak terangkat. Sedangkan pada balon, sisir, dan penggaris plastik yang sudah digosok rambut terangkat.

Perbedaan antara balon, sisir, dan penggaris plastik yang belum digosok dan sudah digosok: balon, sisir, dan penggaris plastik yang sudah digosok bisa menarik rambut dan kertas, sedangkan yang belum digosok tidak dapat menarik rambut.

Balon, sisir, dan penggaris plastik yang telah digosok dinamakan kutub negatif, sedangkan kertas dan rambut dinamakan kutub positif. Perbedaan muatan negatif dan positif ini menyebabkan keduanya saling tarik menarik, inilah yang dinamakan energi listrik. Energi listrik pada benda-benda tersebut bersifat sementara/statis, karena itu dinamakan listrik statis.

Pemanfaatan listrik statis dalam kehidupan antara lain terdapat pada elektrokardiograf, yaitu alat yang digunakan untuk merekam detak jantung manusia, dan mesin foto kopi elektrostatik. Di dunia industri, listrik statis dimanfaatkan untuk menyaring partikel-partikel gas yang tidak di inginkan sebelum dibuang ke atmosfer melalui cerobong asap, alat tersebut dinamakan filter elektrostatik. Sedangkan di rumah-rumah, filter elektrostatik digunakan untuk menyaring debu agar tidak mengganggu pernapasan penghuninya.
InterpretasiBeberapa benda di sekitar kita yang terbuat dari plastik jika terkena gesekan maka akan memiliki energi untuk menarik benda lain, tetapi energi tersebut hanya bersifat sementara. Energi tersebut dinamakan energi listrik yang bersifat sementara adalah listrik statis. Listrik statis dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:45 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....