Home » » Teks Eksplanasi Pembuatan Lampu Lalu Lintas

Teks Eksplanasi Pembuatan Lampu Lalu Lintas

Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas. Kita sering melihat lampu lalu lintas di perempatan atau persimpangan jalan. Lampu lalu lintas terdiri atas tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau. Lampu lalu lintas ditemukan oleh Garret Augustus Morgan, seorang warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain. Morgan terpanggil untuk menciptakan sistem lampu lalu lintas setelah menyaksikan terjadinya kecelakaan antara mobil dengan kereta kuda. Hingga saat ini penemuan Morgan sangat bermanfaat untuk mengatur lalu lintas di dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan.

Lampu lalu lintas ditemukan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Selain, lampu lalu lintas masih banyak lagi rambu-rambu lainnya yang mempunyai tujuan masing-masing. Setiap warga negara mempunyai kewajiban untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas tersebut agar hak orang lain untuk mendapatkan keamanan dan kenyaman terjamin.

Sebelumnya kita telah belajar tentang manfaat dari penemuan lampu lalu lintas. Apakah kamu masih ingat? Apakah kamu tahu cara kerja lampu lalu lintas? Ayo, kita membuat laporan eksplanasi lampu lalu lintas sederhana. Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi tentang membuat lampu lalu lintas sederhana.
Struktur teksKalimat
Pernyataan
Umum
Pembuatan lampu lalu lintas sederhana merupakan salah satu contoh penerapan rangkaian listrik paralel. Rangkaian paralel adalah salah satu model rangkaian listrik yang semua bagian-bagiannya dihubungkan secara berderet. Pada rangkaian listrik paralel semua input komponen berasal dari sumber yang sama.
Deretan PenjelasSusunan paralel dalam rangkaian listrik menghabiskan biaya yang lebih banyak (kabel penghubung yang diperlukan lebih banyak). Namun, susunan paralel memiliki kelebihan dibandingkan susunan seri. Kelebihan rangkaian paralel adalah jika salah satu komponen dicabut atau rusak, maka komponen yang lain tetap berfungsi sebagaimana mestinya

Alat dan Bahan
Untuk mengetahui cara kerja lampu lalu lintas dapat menggunakan karya lampu lalu lintas sederhana. Dalam proses pembuatan lampu lalu lintas sederhana dibutuhkan beberapa alat dan bahan yang dapat kita temukan. Alat-alat yang digunakan dalam membuat lampu lalu lintas sederhana antara lain sebagai berikut.
  1. Kardus Bekas
  2. 3 buah bola lampu kecil
  3. 3 buah baterai besar
  4. 3 Buahs saklar bel ukuran kecih
  5. 3 buah tempat b sla lampu
  6. Kabel berwarna hitam dan merah
  7. Kantong plastik atau kertas tipis berwarna merah, kuning dan hijau.
  8. Gunting atau cutter untuk membuat lubang.
  9. Solasi atau lakban untuk menempelkan lampu pada kotak kardus. lampu lalu lintas
alat dan bahan
Cara Membuat:
Proses pembuatan lampu lalu lintas sederhana sangat mudah dan membutuhkan waktu yang tidak lama. Berikut ini langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam membuat lampu lalu lintas sederhana.
  1. Potonglah kertas kardus membentuk jaring-jaring balok kemudian kardus dirakit sehingga membentuk balok seperti pada gambar. Pada bagian belakang balok dibiarkan tetap terbuka yang nantinya digunakan untuk memasukan lampu ke dalam kotak kardus.
  2. Setelah kotak kardus siap, buatlah 3 buah lingkaran pada balok tersebut dan potonglah menggunakan gunting/cutter di sekeliling garis lingkaran.
  3. Setelah lubang dibuat potonglah kertas tipis berwarna atau tas kresek berbentuk lingkaran sebanyak tiga buah dengan warna yang berbeda.
  4. Tempelkan  kertas tipis tersebut pada lobang kotak kardus dengan urutan warna merah, kuning, dan hijau.
  5. Buatlah rangkaian listrik paralel dengan menggunakan 3 bola lampu dan sambungkan pada saklar. Susunlah rangkaian seperti pada gambar di atas. Lampu disusun dengan urutan dari atas ke bawah yaitu merah, kuning, dan hujau. Ujilah rangkaian listrik buatanmu berulang kali agar benar-benar dapat berfungsi dengan baik. Apabila masih belum bisa menyala periksalah kabel atau saklar, mungkin ada yang tidak tersambung dengan baik.
  6. Setelah rangkaian selesai, tempelkan dudukan lampu pada setiap lingkaran melalui bagian belakang balok. Agar melekat pada kardus gunakan lakban
  7. Cobalah lampu lalu lintas yang telah dibuat dengan cara menyalakan lampu secara bergantian.
    InterpretasiDari percobaan pembuatan lampu lalu lintas sederhana, dapat kita lihat bahwa lampu akan menyala apabila rangkaian berada dalam kondisi tertutup (tersambung dengan saklar). Lampu menyala karena dalam rangkaian terdapat aliran arus listrik. Dalam rangkaian paralel arus listrik mengalir sehingga lampu dapat menyala.
    Posted by Nanang_Ajim
    Mikirbae.com Updated at: 4:43 PM

    0 komentar:

    Post a Comment

    Mohon tidak memasukan link aktif.