Home » » Teks Eksplanasi Energi Listrik dan Baterai

Teks Eksplanasi Energi Listrik dan Baterai

Baterai atau batu baterai banyak digunakan pada alat-alat elektronika seperti handphone, remote control, mobil mainan dan masih banyak yang lainnya. Baterai terdiri dari kutub positif ( Katoda) dan kutub negatif (Anoda) serta Elektrolit yang berfungsi sebagai penghantar. Baterai berdasarkan bisa tidaknya diisi ulang dapat dikelompokkan menjadi baterai primer dan baterai sekunder. Baterai primer adalah baterai sekali pakai atau tidak bisa diisi ulang, sedangkan baterai sekunder adalah baterai yang dapat diisi ulang. Masing-masing jenis baterai tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Beberapa kelebihan baterai primer diantaranya adalah : Pertama, lebih murah dibandingkan dengan baterai sekunder. Kedua, lebih tahan terhadap beban berat seperti over charging, over discharging dan tahan lama. Sedangkan kelemahannya adalah hanya sekali pakai saja karena tidak bisa digunakan kembali. Baterai yang sudah tidak terpakai dapat mencemari lingkungan apabila dibuang sembarangan. Isi baterai mengandung zat kimia berbahaya di antaranya merkuri (Hg) dan kadmium

Sedangkan beberapa kelebihan baterai sekunder adalah dapat digunakan kembali setelah habis, lebih awet, baterai sekunder bisa menangani ratusan kali siklus isi/kuras. serta ramah lingkungan karena baterai dapat dugunakan kembali. Sedangkan kelemahannya antara lain baterai akan rusak jika anda digunakan sampai kosong. Baterai sekunder juga sangat sensitif terhadap suhu tinggi. suhu tinggi menyebabkan baterai ini terdegradasi lebih cepat daripada seharusnya.

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi tentang Energi Listrik dan Baterai.
Struktur teksKalimat
Pernyataan
Umum
Baterai adalah perangkat yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Pada baterai terdapat dua kutub, yaitu kutub positif dan kutub negatif. Kutub positif berada pada bagian batang baterai. Sedangkan, kutub negatif baterai berada pada bagian bawah baterai. Penemuan baterai sebagai sumber listrik sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia dalam bidang sodial, ekonomi, budaya dan peendidikan.
Deretan PenjelasBaterai pertama kali ditemukan oleh Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta seorang ilmuwan Italia yang lahir di Como, Italia. Baterai yang kita kenal sekarang adalah penemuannya yang merupakan pengembangan dari electrophorus sebuah alat yang menghasilkan muatan listrik statis. Alat tersebut merupakan pengembangan dari penemuan profesor dari Swedia Johan Wilcke. Namanya kemudian diabadikan sebagai satuan beda potensial (volt)
baterai
Bagian-bagian baterai terdiri dari :
  1. Lapisan zink (Zn) yang berfungsi sebagai anoda atau kutub negatif, di mana lapisan ini dilapisi oleh selubung baja.
  2. Karbon yang berfungsi sebagai katoda atau kutub positif. Karbon diletakkan di tengah sel dan terhubung pada tonjolan logam di bagian luar atas baterai.
  3. Ruang antara batang karbon dan lapisan zink diisi pasta amonium klorida (NH4Cl) dan zink klorida (ZnCl2).

Proses pada saat penggunaan baterai adalah sebagai berikut :
  1. Pada saat penggunaan baterai maka atom zink (Zn) akan teroksidasi atau melepaskan elektron membentuk ion zink (Zn2+).
  2. Elektron yang dibebaskan oleh atom zink (Zn) akan mengalir melalui sirkuit listrik bagian luar sehingga menghasilkan listrik.
  3. Elektron ini selanjutnya kembali ke batang karbon.
  4. Arus listrik akan terus mengalir sampai zink (Zn) habis terpakai.
  5. Keadaan ini berarti baterai sudah tidak dapat digunakan kembali atau dikatakan habis, karena baterai tidak dapat diisi kembali. 

Penemuan baterai memiliki berbagai pengaruh terhadap kehidupan masyarakat. Pengaruh baterai dapat dikelompokkan dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya. Mari kita temukan pengaruh baterai pada kehidupan masyarakat di lingkunganmu. Banyak cara yang dilakukan untuk mengetahui, melalui pengamatan, wawancara, dan berbagai cara lain yang dapat kamu lakukan. Berikut ini terdapat beberapa contoh pengaruh penemuan baterai terhadap aspek kehidupan manusia.

1. Bidang Sosial
  • Baterai memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.
  • Baterai membantu meningkatkan komunikasi masyarakat bahkan dalam tingkat global, misalnya pada alat komunikasi handphone.
  • Baterai dapat digunakan untuk menggerakan beberapa peralatan yang memudahkan pekerjaan manusia. seperti baterai pada remote kita tak perlu lagi menekan tombol tv karena sudah ada remote,
  • Baterai dapat membantu sebagian pekerjaan manusia dengan menggunakan baterai pekerjaan menadi lebih mudah dikerjakan.

2. Bidang Ekonomi
  • Baterai sebagai barang yang diperjual-belikan yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat pelaku usaha.
  • Proses pembuatan batu baterai membutuhkan sumber daya alam yang tidak dimiliki oleh semua negara sehingga membutuhkan ekspor dan impor dalam pengadaan bahan baku.
  • Dengan ditemukannya batera membuka penciptaan lapangan kerja baru seperti tukang reparasi alat elektronik, chas aki, dan lain-lain.
  • Baterai dapat menjadi salah satu komoditas bisnis menjanjikan yang dapat peluang industri dan bisnis sehingga menciptakan berbagai lapangan pekerjaan 

3. Bidang Budaya
  • Penemuan baterai merupakan hasil pemikiran manusia yang disasari oleh penemuan lain yang ada sebelumnya. Sehingga penemuan baterai merupakan pengembangan kebudayaan yang ada sebelumnya.
  • Baterai ikut menyediakan kebutuhan tenaga listrik saat berada jauh dari sumber listrik umum (PLN) atau tanpa kabel.
  • Baterai adalah teknologi hasil ciptaan manusia yang bertujuan untuk memperlancar segala bentuk kegiatan masyarakat  sehingga secara tidak langsung listrik membawa pengaruh yang besar dalam perubahan budaya masyarakat. 
  • Baterai merupakan kebudayaan modern yang diciptakan dan dikembangkan dari negara maju yang menyebar hingga ke seluruh komunitas masyarakat di negara lain, sehingga menjadi representasi kebudayaan yang masuk ke dalam kultur dan budaya masyarakat.

Bidang Pendidikan
  • Baterai digunakan dalam proses kegiatan belajar-mengajar, misalnya pada mikrofon, laser pointer, bel pelajaran, dan stopwatch guru olahraga.
  • Baterai digunakan pada media pembelajaran  seperti laptop atau netbook, kalkulator sehingga memudahkan proses belajar mengajar di sekolah.
  • Baterai sebagai sebuah penemuan terus dipelajari dan diteliti dengan tujuan untuk pengembangan dan penyempurnaan.
  • Baterai merupakan penemuan yang menjadi jembatan atas penemuan-penemuan baru yang merupakan hasil dari pendidikan teknologi mutakhir.
      InterpretasiBaterai adalah perangkat yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Baterai pertama kali ditemukan oleh Alesandro Volta seorang penemu dari Italia. Pada baterai terdapat dua kutub, yaitu kutub positif dan kutub negatif. Kutub positif berada pada bagian batang baterai dan kutub negatif pada bagian bawah baterai. Penemuan baterai sangat berpengaruh pada aspek social, budaya, ekonomi dan pendidikan masyarakat.
      Posted by Nanang_Ajim
      Mikirbae Updated at: 6:49 PM

      0 komentar:

      Post a Comment

      Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....