Home » » Pidato Persuasif Ajakan Mempraktikkan Nilai-nilai Pancasila

Pidato Persuasif Ajakan Mempraktikkan Nilai-nilai Pancasila

Pancasila tidak sekadar untuk dihafalkan, tetapi makna dan materi yang ada di dalamnya haruslah diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan kekuatan sebagai pemersatu bangsa untuk mencapai peradaban yang luhur. Namun, pada kenyataanya kini banyak terjadi tindakan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Salah satunya adalah aksi korupsi para pejabat dan kebijakan yang tidak prorakyat juga bertentangan dengan sila keempat. Hal tersebut menunjukkan bahwa Pancasila tidak diamalkan sebagai pandangan hidup, ideologi nasional, dalam berbangsa dan bernegara.

Sila-sila yang terdapat dalam Pancasila jangan hanya sekedar kita baca saja, tetapi harus menjadi milik jiwa kita dan kita amalkan sebagai bangsa dan bernegara dan kita terapkan dalam kehidpan sehari-hari. Nilai-nilai Pancasila sangat penting bagi bangsa Indonesia. Dampak hilangnya nilai-nilai Pancasila adalah disintegritas sosial, kesenjangan sosial, hilangnya jati diri bangsa Indonesia, menurunnya solidaritas bangsa Indonesia, dan lain-lain.

Nilai-nilai Pancasila yang merupakan warisan leluhur bangsa harus selalu kita jaga dan kita amalkan karena Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa, dan jika tidak kita jaga dan kita amalkan nilai-nilai Pancasila maka akan terjadi perpecahan dalam diri bangsa Indonesia.

Untuk mengajak warga negara mengamalkan nilai-nilai Pancasila salah satunya adalah menggunakan pidato persuasi. Pidato Persuasif adalah pidato yang bersifat mendorong atau mengajak dan reaksi yang diinginkan adalah membangkitkan emosi, agar pendengar menyetujui atau meyakini dan mungkin membangkitkan timbulnya tindakan tertentu pada pendengarnya. Melalui pidato persuasi diharapkan warga negara akan menerapkan nilai-nila Pancasila. Berikut ini salah satu contoh pidato persuasi menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Saudara-saudara yang saya hormati,
Mari kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi kesempatan kepada kita semua, sehingga dapat hadir di sini dengan harapan dapat menjiwai dan membangkitkan kembali penerapan nilai-nilai Pancasila dalam diri kita masing-masing. Sebelumnya ijinkanlah saya menyampaikan pidato tentang pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila.

Saudara-saudara yang saya hormati,
Tentunya kita tidak asing dengan kata Pancasila. Sejak kita duduk di taman kanak-kanak sampai sekarang kita acap kali mengucapkan sila-sila Pancasila pada saat upacara bendera. Tetapi apakah pengamalan kita terhadap Pancasila selantang kumandang suara kita pada saat melafalkan sila-sila Pancasila pada saat upacara? Apakah kita sudah mampu mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata? Apakah sudah? Jawabnya ada pada diri kita sendiri-sendiri.
pidato
Pancasila adalah nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang digali dari budaya Indonesia yang mencakup seluruh kebutuhan dan hak-hak dasar manusia secara universal, sehingga dapat dijadikan landasan dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang majemuk ini. Sudah seharusnya kita mengembangkan dan mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan.

Sangat disayangkan jika saat ini pengamalan Pancasila masih mengalami banyak hambatan. Nilai-nilai Pancasila seharusnya dipraktikan dalam kehidupan nyata. Namun kenyataannya sampai saat ini pengamalan Nilai-nilai Pancasila kian berkurang.

Saudara-saudara yang saya hormati,
Marilah kita renungkan bersama. dimanakah nilai Ketuhanan Yang Maha Esa jika toleransi antar umat agama seakan tak ada. Dimanakan nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab jika kita saling bermusuhan. Dimanakah nilai Persatuan Indonesia jika nasionalisme terkoyak-koyak. Dimanakah nilai sila keempat jika masih mementingkan kepentingan pribadi. Dimanakan nilai keadilan sosial jika kesenjangan sosial nampak jelas di kelopak mata. Marilah saudara-saudara kita renungkan! Cobalah saudara-saudara resapi! Betapa rapuhnya bangsa kita tercinta ini.

Marilah kita terapkan nilai-nilai luhur Pancasila mulai detik ini dan seterusnya. Masa lalu yang pahit sudah dialami bangsa Indonesia, ketika itu Pancasila ada yang mencoba untuk mengubahnya. Marilah kita lihat kembali perjuangan para pendiri bangsa ini ketika memutuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara adalah tantangan yang tidak memang tidak ringan. Karena selama masih terdapat banyak nilai yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila, ketika itulah sebenarnya Pancasila sedang diuji ketahanannya.

Saudara-saudara yang saya hormati,
Demikian pidato saya tentang pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya adalah nilai-nilai Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kehidupan berbangsa dan bernegara dapat bejalan dengan baik sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa ini. Apabila ada kesalahan pengucapaka kata atau kalimat dalam pidato saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:39 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....