Home » » Peran Listrik dalam Globalisasi

Peran Listrik dalam Globalisasi

Penemuan listrik sangat berpengaruh terhadap proses globalisasi. Benda-benda menggunakan energi listrik yang berperanan hingga terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer. Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu memberikan peran yang sangat besar terhadap akses informasi ke berbagai belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi, karena dengan adanya listrik kemudian terjadi arus informasi yang dengan cepat bisa diakses oleh waga di berbagai penjuru dunia. Beragam benda elektronik yang berperanan terhadap terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer.

1. Globalisasi
Globalisasi adalah proses interaksi saling keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui berbagai bidang, sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi merupakan tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Globalisasi berpengaruh di semua bidang kehidupan seperti bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan.

Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama terjadinya globalisasi. Perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dalam berbagai bentuk dapat tersebar luas dan begitu mudah didapatkan di seluruh dunia. Globalisasi membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara di dunia termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi pengaruh positif dan negatif. Dampak positif globalisasi:
  1. Bidang ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara sehingga akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.
  2. Bidang sosial budaya, kita dapat meniru pola pikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan penggunaan IPTEK bangsa lain yang lebih maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa.
  3. Bidang politik, sistem pemerintahan yang lebih terbuka dan demokratis karena pemerintahan adalah bagian besar dari negara. Jika suatu negara di jalankan secara bersih dan jujur makan akan meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap negara.

Dampak negatif globalisasi:
  1. Globalisasi dapat merubah nilai-nilai masyarakat Indonesia. Khususnya anak muda dikhawatirkan akan lupa dengan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidup yang cenderung meniru budaya barat. Jika hal tersebut terus terjadi maka tidak menutup kemungkinan nilai-nilai pancasila dan rasa nasionalisme akan hilang.
  2. Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antar sesama warga, sehingga orang tidak lagi peduli dengan kehidupan bangsa
  3. Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyak produk luar negeri membanjiri Indonesia.
globalisasi di sekitar kita
Dampak Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Era Globalisasi
Bagi masyarakat sekarang teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu kebutuhan khusus yang telah membawa manfaat luar biasa. Teknologi dianggap dapat menyelesaikan masalah pada saat ini bahkan sebagian masyarakat memuja kecanggihan yang di tawarkan oleh teknologi. Masyarakat meyakini teknologi dapat memberikan kesejahteraan dan berbagai kebutuhan lainnya namun teknologi juga mendatangkan malapetaka bagi kehidupan bangsa kita.

Dampak positif teknologi informasi dan komunikasi:
  1. Komunikasi semakin mudah, cepat, murah dan nyaman melalui fasilitas email, chatting, bahkan bertatap muka melalui internet.
  2. Komunikasi dapat dilakukan dengan siapapun, di manapun, kapanpun dengan handphone ataupun internet.
  3. Beragam informasi terbaru mudah didapat melalui internet. Internet juga dapat digunakan sebagai media pertukaran data. Para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
  4. Berbelanja lebih mudah dilakukan menggunakan internet. Kemudahan bertransaksi bisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju tempat penjualan.

Dampak negatif perkembangan teknologi informasi:
  1. Munculnya budaya plagiarisme (penjiplakan hasil karya orang lain).
  2. Pemanfaatan jasa informasi dan telekomunikasi oleh jaringan t*roris.
  3. Membuat orang lupa waktu.
  4. Munculnya porn*grafi.
  5. Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
  6. Munculnya kejahatan yang merugikan orang lain seperti hacker atau cracker.
  7. Meluasnya perj*dian di dunia maya.

Perangkat Teknologi Informasi di Sekitar Kita
Perangkat teknologi informasi merupakan segala jenis peralatan yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan baik melalui media cetak atupun elektronik yaitu :
  1. Televisi bisa digunakan sebagai hiburan dan sumber informasi
  2. Laptop, biasa digunakan untuk mengelola atau menyimpan data dan dapat di tampilkan lain waktu.
  3. Radio. bisa digunakan sebagai hiburan dan sumber informasi.
  4. Kamera digital, digunakan untuk mengambil sebuah gambar atau video dengan metode penyimpanan atau disk.

Kesimpulan
  1. Teknologi adalah suatu rancangan atau desain alat untuk memenuhi kehidupan manusia. Teknologi juga digunakan untuk memajukan dan membangun suatu negara.
  2. Informasi adalah sekumpulan data tentang berbagai hal yang berasal dari fakta yang di catat dan diolah sehingga berguna dan bermanfaat bagi pemakainya. Beragam informasi membuat masyarakat mengetahui berbagai hal tanpa perlu melihatnya secara langsung.
  3. Teknologi informasi merupakan alat untuk mengelola data (memproses, mendapatkan, menyusun, mempublikasikan data). Teknologi informasi memungkinkan kita memperoleh informasi dari seluruh dunia tanpa harus mengunjunginya.
  4. Dampak yang terjadi dalam masyarakat dengan adanya teknologi informasi kemudian memudahkan manusia dalam berkomunikasi menggunakan fasilitas email, chatting.
  5. Selain memberikan dampak positif, teknologi juga memberikan dampak negatif. Misalnya penipuan di internet, penculikan, meningkatkan plagiarisme dan mengurangi sifat sosial.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:32 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.