Home » » Mengukur Sudut Dengan Satuan Baku

Mengukur Sudut Dengan Satuan Baku

Benda-benda yang ada di sekitar kita banyak yang memiliki sudut. Sudut adalah daerah yang dibentuk oleh pertemuan antara dua buah sinar atau dua buah garis lurus. Satuan sudut dinyatakan dalam dua jenis, yaitu derajat (∘) dan radian (rad). Sudut dinotasikan dengan simbol "∠ ". Bentuk ∠ABC dibaca sudut ABC, bisa juga disebut ∠P (dibaca sudut P). Pada setiap sudut yang terbentuk, harus kita tahu berapa besarnya. Secara manual, kita dapat menggunakan alat ukur sudut yaitu busur derajat. Alat ini dapat membantu kita mengukur suatu sudut yang sudah terbentuk dan membentuk besar sudut yang akan digambar.

A. Cara Mengukur Sudut
Cara mengukur besar sudut dapat menggunakan busur derajat. Busur derajat adalah sebuah alat yang dapat membantu mengukur dan menggambar sudut. Bentuk dari busur derajat biasanya setengah lingkaran, namun ada juga yang berbentuk satu lingkaran penuh yaitu memiliki 360 derajat. Sebuah busur derajat memiliki satu titik tengah yang biasanya berbentuk lingkaran yang sangat kecil.Busur derajat biasanya memiliki dua skala sehingga dapat digunakan untuk mengukur sudut dari dua sisi. Selain dapat digunakan untuk mengukur sudut, busur derajat juga dapat digunakan untuk menggambar sudut.

Sebelum mengukur besar sudut ada baiknya mengenal bagian-bagian dari busur derajat. Busur derajat mempunyai bagian-bagian sebagai berikut: a) tepi skala, b) skala 0°, c) pusat busur derajat, dan d) garis alas busur derajat.
busur
Setelah mengetahui bagian-bagian busur derajat cobalah melakukan pengukuran sebuah sudut. Untuk mengukur sebuah sudut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. Impitkan pusat busur derajat dengan titik sudut (B). Impitkan pula garis alas busur dengan kaki sudut BA, sehingga skala 0° berimpit dengan kaki BA. Bacalah tepi skala dengan tepat pada kaki sudut lainnya (BC). Terlihat besar sudut ABC (∠ABC) adalah 150°.
busur


B. Jenis Sudut
Setelah mencoba mengukur sebuah sudut dengan benar selanjutnya adalah mengenal jenis-jenis sudut. Berdasarkan besarnya sudut yang dimiliki, sudut dapat dikelompokkan menjadi sudut lancip, lurus, siku-siku, lurus, refleks, dan sudut satu putaran. Perhatikan tabel di bawah ini dengan seksama untuk mengenal dan mengetahui berbagai jenis sudut.
Nama SudutGambar
Sudut Lancip yaitu sudut yang besarnya antara   0° dan 90° (0° < sudut lancip < 90°)
lancip
Sudut Siku-suku dikenal juga dengan sudut komplemen. Besarnya adalah 90°.
siku
Sudut yang besarnya lebih dari 90° dan kurang dari 180° ( 90° < sudut tumpul < 180°)
tumpul
Sudut pelurus dikenal juga dengan sudut suplemen. Besarnya adalah 180°.
lurus
Sudut refleks adalah sudut yang besarnya lebih dari 180° dan kurang dari 360° ( 180° < sudut refleks < 360°)
reflex
Sudut lurus adalah sudut yang besarnya 180°.
satu putaran
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:13 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....