Home » » Menghitung Luas Poligon

Menghitung Luas Poligon

Dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah kita dapat menemukan berbagai jenis poligon. Apa itu poligon? Poligon adalah kurva tertutup sederhana dengan sisi yang terdiri dari garis lurus. Beberapa contoh poligon yang dapat kita temaukan antara lain segitiga, persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, Namun ada juga bangun yang bukan termasuk poligon misalnya saja lingkaran, kurva, dan oval/elips. Pada tulisan ini akan dibicarakan mengenai cara menghitung luas sebuah poligon menggunakan persegi satuan.

Sebagai pengetahuan dasar sebelum mencoba menghitung luas beberapa poligon, ada baiknya jika mengenal terlebih dahulu beberapa jenis poligon yang dipelajari di sekolah dasar. Secara umum poligon dikelompokkan menjadi poligon beraturan, tidak beraturan, conveks dan concave. Poligon beraturan adalah poligon yang mempunyai seluruh sisi dan sudut yang sama besar. Poligon Tidak Beraturan adalah poligon yang mempunyai panjang sisi dan besar sudut yang tidak sama. Poligon Convex adalah poligon yang mempunyai setiap sudut yang kurang dari 180°. Sedangkan Poligon Concave adalah poligon yang mempunyai salah satu sudutnya lebih besar dari 180°.

Demikian beberapa informasi mengenai pengertian dan jenis-jenis poligon yang dipelajari di sekolah dasar. Berikut ini disajikan cara menghitung luas poligon menggunakan persegi satuan.
No.GambarKeterangan
1.
luas
Sifat-sifat persegi:Cara 1
Hitunglah jumlah bangun persegi yang utuh dan segitiga
pada poligon tersebut. Hasilnya adalah:
9 Persegi utuh
2 (4 x 1/2 persegi
11 persegi
2.
luas1
Cara 2
Jika membuat garis bantu di luar poligon tersebut, maka akan mendapatkan persegi panjang besar dengan luas 15 persegi. Luas poligon yang didapat adalah 15 persegi dikurang dengan 2 persegi utuh dan 4 segitiga (setengah persegi). Hasilnya adalah:
15 persegi
4 (2 persegi dan 4 segitiga (setengah persegi))
11 persegi

Setelah mengetahui beberapa cara menghitung luas poligon menggunakan persegi satuan, berikut ini disajikan beberapa contoh cara mencari luas poligon. Perhatikan pembahasan di bawah ini.
No.GambarKeterangan
1.
luas
Luas persegi utuh 2 buah, luas gabungan beberapa potongan 5 sehingga luas keseluruhan adalah 7 persegi satuan
2.
Luas persegi utuh 1 buah, luas gabungan potonga adalah 4. Sehingga luas keseluruhan adalah 5 persegi satuan
3.
luas3
Luas gabungan potongan-potongan adalah 6 1/2 persegi satuan
4.
(1) Segitiga siku-siku luas 2 persegi termasuk poligon tidak beraturan, (2) persegi luas 4 persegi termasuk poligon beraturan. (3) segitiga siku-siku samakaki luas 1/2 persegi termasuk poligon tidak beraturan, (4) segitiga samakaki luas 1 persegi termasuk poligon tidak beraturan, (5) persegi panjang luas 3 persegi termasuk poligon tidak beraturan, (6) segitiga samakaki luas 1 persegi (tidak beraturan), (7 dan 8) segitiga siku-siku luas 1 (tidak beraturan), 5 persegi, (9) segitiga siku-siku luas 1, 5 persegi (tidak beraturan), (10) persegi panjang luas 2 persegi (tidak beraturan), (11) segitiga sembarang luas 1, 5 persegi (tidak beraturan), (12) segitiga siku-siku luas 2 persegi (tidak beraturan, (13) segitiga siku-siku luas 1,5 persegi (tidak beraturan).

Dari beberapa contoh soal tentang mencari luas poligon menggunakan persegi satuan diharapkan pemahaman mengenai luas poligon Anda bertambah. Untuk lebih memahami memang diperlukan banyak lagi latihan-latihan tentang cara menghitung luas poligon. Terima kasih atas kunjungan Anda.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:15 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....