Home » » Membuat Poster Pelestarian Hewan dan Tumbuhan

Membuat Poster Pelestarian Hewan dan Tumbuhan

Poster adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar dan berisi pesan–pesan. Poster biasanya ditempel di tembok, di tempat umum, di kendaraan, dan di tempat strategis yang dikunjungi banyak orang dan mudah dibaca. Poster yang dimaksud dalam tulisan ini adalah poster sederhana tentang pelestarian hewan dan tumbuhan. Dengan kegiatan menggambar dan mendesain, diharapkan mampu menyajian poster untuk kegiatan kampanye himbauan melestarikan hewan dan tumbuhan dengan percaya diri. Dengan membuat dan mengampanyekan poster, diharapkan mampu menunjukkan sikap peduli lingkungan, menjaga dan merawat tumbuhan dengan percaya diri.

Salah satu tujuan pembuatan poster ini adalah adalah untuk mengajak, membujuk atau menghimbau masyarakat untuk melakukan gerakan pelestarian hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita. Tujuan yang ada dalam poster tersebut harus tersampaikan dengan baik kepada masyarakat banyak, untuk poster yang akan dibuat harus  menggunakan kalimat maupun gambar yang mudah dipahami oleh warga masyarakat. Poster yang akan dibuat nantinya dapar ditempat-tempat yang begitu strategis seperti jalan-jalan utama, pasar-pasar, dan tempat-tempat lainnya.

Sebelum membuat poster ada baiknya mempelajari apa saja yang harus dilakukan agar poster yang dibuat tersebut dapat berguna bagi pelestarian hewan dan tumbuhan. Untuk itu perlu mengetahui ciri-ciri poster yang baik. Untuk membuat poster yang menarik antara lain dengan cara sebagai berikut.
  1. Sifat manusia adalah menyukai sesuatu yang baru dan menarik, oleh karena itu buatlah desain yang unik sehingga membuat mereka menjadi tertarik untuk melihat dan membacanya.
  2. Tujuan yang jelas. Sebuah poster yang tidak memiliki maksud jelas, membuat penikmat poster bingung untuk itu buatlah tujuan poster anda jelas dan mudah dimengerti.
  3. Ilustrasi apapun pada poster anda, buatlah yang mengandung sebuah kisah, cerita atau makna apa saja dari tujuan poster anda. Poster ibarat ibarat seorang sales yang memikat calon pembelinya, karenanya buatlah setiap garis dan warna dan gambar apapun menjadii sebuah kisah yang menarik
  4. Alur poster yang mendetail mempengaruhi sukses memikat mata pembaca dan penikmat poster anda. Detail dan alur informasi yang akan disampaikan bisa ditangkap oleh mata dan pikiran orang yang melihat poster anda.
pelestarian hewan dan tumbuhan
Pelestarian hewan dan tumbuhan merupakan usaha untuk melindungi hewan dan tumbuhan agar tidak punah. Pelestarian hewan dan tumbuhan dilakukan agar manusia dapat memenuhi kebutuhannya. Kelestarian hewan dan tumbuhan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup generasi manusia pada saat ini dan pada saat yang akan datang. Tujuan pelestarian hewan dan tumbuhan adalah sebagai berikut :
  1. Menjaga kesembangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik;
  2. Melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahun dan masyarakat;
  3. Mememnuhi kebutuhan masyarakat. Misalnya untuk bahan bangunan, makanan, dan obat-obatan;
  4. Menciptakan lingkungan yang nyaman dan mengurangi pencemaran udara dengan adanya berbagai jenis pohon;
  5. Dapat dimanfaatkan sebagai tempat hiburan dengan membuat taman rekreasi atau kebun binatang   

Dengan merawat hewan dan tumbuhan, menghimbau keluarga dan teman untuk melestarikan hewan dan tumbuhan, berarti kita telah ikut melestarikan keberadaan hewan dan tumbuhan di Bumi. Itulah ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan beragam jenis hewan dan tumbuhan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:39 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....