Home » » Membuat dan Menghitung Luas Tangram

Membuat dan Menghitung Luas Tangram

Tangram, yang berarti tujuh keping adalah sebuah permainan keterampilan yang berasal dari Cina. Dalam tangram ada 2 segitiga siku-siku sama kaki berukuran besar, 1 segitiga siku-siku sama kaki berukuran sedang, 2 segitiga siku-siku sama kaki berukuran kecil, 1 jajaran genjang dan 1 persegi. Ketujuh bentuk tersebut bisa susun menjadi berbagai bentuk yang menarik. Binatang, orang, gedung atau apa saja yang menurutmu menarik. Ternyata dengan bermain tangram kamu sekaligus belajar bangun datar.

Tangram sangat bermanfaat bagi siswa dalam berbagai hal, di antaranya adalah mengembangkan rasa suka terhadap geometri, mampu membedakan berbagai bentuk, mengembangkan perasaan intuitif terhadap bentuk-bentuk dan relasi-relasi geometri, mengembangkan kemampuan rotasi spasial, mengembangkan kemampuan pemakaian kata-kata yang tepat untuk memanipulasi bentuk (misalnya ‘ membalik’, ‘memutar’, ‘menggeser’), mempelajari apa artinya ‘kongruen’ (bentuk yang sama dan sebangun). Selain itu tangram juga dapat menjadi pengalaman multi-kultural bagi para pelajar.

Pembuatan Tangram
Bahan dan alat berupa Kertas karton, gunting, penggaris.
tangram lengkap
Cara membuat :
No.KeteranganGambar
1.Ambil kertas berbentu persegi panjang. Lipat diagonal kemudian potong sisanya. Sehingga akan memperoleh bentuk persegi.
tangram1
2.Potong persegi menjadi dua buah segitiga yaitu segitiga a dan segitiga b
tangram2
3.Ambil satu segitiga lalu libat menjadi dua bagian. Potong pada lipatan agar menjadi dua segitiga yang lebih kecil.
tangram3
4.Ambil segitiga lainnya lalu lipat sedikit di bagian tengahnya. Lipat sudut segitiga yang berlawanan, lalu potong. Kamu akan memperoleh satu trapesium dan satu segitiga.
tanram4
5.Lipat trapesium menjadi dua bagian, lalu potong. Lipat kembali satu bagian trapesium sehingga kamu memperoleh bentuk persegi dan segitiga.
tangram5
6.Lipat trapesium kecil yang tersisa lalu potong menjadi dua. Kamu akan memperoleh bentuk jajaran genjang dan segitiga.
tangram6

Beberapa contoh kreasi bentuk dari tangram yang telah dibuat seperti di atas dapat dilihat pada contoh di bawah ini.
tangramku

Luas masing masing kreasi tangram adalah 16 satuan persegi. Terkadang tangram dikenal dengan nama “Bujursangkar Ajaib” atau “Tujuh Keping Ajaib”. Untuk siapa saja yang melihat permainan itu, yang menyolok adalah hadirnya bentuk-bentuk dasar geometri datar. Tiap-tiap keping memiliki bentuk dasar, yaitu bujursangkar, segitiga siku-siku samakaki, atau jajaran genjang, sedangkan ketujuh keping itu bersama-sama membentuk bujursangkar. Imajinasi dan kreatifitas adalah dua hal yang sangat diasah oleh permainan matematika ini. Permainan ini membuat ilmu geometri dapat difahami dalam bentuk-bentuk yang sederhana dan mengasyikkan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:01 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....