Home » » Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia

Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut. Komodo di kepulauan Nusa Tenggara merupakan salah satu contoh hewan langka yang dilindungi oleh dunia Internasional. Pulau Komodo secara resmi diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia dan menjadi sebuah Taman Nasional yang dikagumi oleh masyarakat dunia. Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orang utan. Tujuan dibuatnya Taman Nasional untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang semakin berkurang keberadaannya.

Bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan tersebut. Kebutuhan akan perumahan, perkantoran, pusat perbelanjaan dan hiburan, serta pembangunan perindustrian menjadi penyebab menyingkirnya hewan tersebut dari habitat aslinya. Perburuan liar dengan alasan untuk menjadikan hewan tersebut menjadi hewan peliharaan, souvenir, atau pajangan di rumah sehingga mengakibatkan hewan tersebut berada di ambang kemusnahan.

Hutan diubah menjadi kota besar dengan gedung-gedung bertingkat, jalan raya, dan perumahan penduduk. Tidak tampak lagi tumbuhan hijau. Nasib para hewan yang tinggal di hutan sangat buruk. Mereka tidak memiliki hutan untuk tempat tinggal dan mencari makan, sehingga populasi mereka semakin berkurang dan tidak menutup kemungkinan akan punah.
hewan langka
Jika seluruh pohon besar habis dan semua hutan di bumi punah, maka tidak ada lagi tumbuhan yang akan membersihkan pencemaran udara. Udara di Bumi akan sangat kotor, suhu bumi meningkat, dan akan terjadi pemanasan global. Tidak ada lagi hewan karena mereka tidak memiliki tempat tinggal dan sumber makanan

Hewan Langka adalah hewan yang jumlahnya sangat sedikit/langka, Jika populasi menurun cepat dan jumlahnya diseluruh dunia kurang dari 10.000 Ekor saja. Sebenarnya dalam dunia konservasi tidak mengenal istilah hewan langka. Status yang pakai adalah ‘Hewan Terancam Punah’ sebagaimana yang biasa digunakan oleh berbagai lembaga konservasi semacam IUCN (International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources). Beberapa hewan yang digolongkan langka di Indonesia antara lain sebagai berikut.
Nama PulauJenis Hewan Langka
SumateraBadak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), Tokhtor Sumatera (Carpococcyx viridis), Beruk Mentawai (Macaca pagensis), Gajah Sumatera (Elephas maximus ssp. sumatranus), Orangutan Sumatera (Pongo abelii), Simakobu (Simias concolor), Siamang (Symphalangus syndactylus)
Jawa dan BaliBadak Jawa (bercula satu), Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas), Rusa Bawean (Axis kuhlii), Katak Merah (Leptophryne cruentata), Jalak Bali (Leucopsar rothschildi), Burung Trulek Jawa (Vanellus macropterus), Banteng (Bos javanicus), Pelanduk Jawa (Tragulus javanicus).
KalimantanPesut Mahakam (Orcaella brevirostris), Orang utan Kalimantan (Pongo pygmaeus), Katak kepala Pipih (Barbourula kalimantanensis), Kucing Merah kalimantan (Pardofelis badia)
SulawesiKura-kura Hutan Sulawesi (Leucocephalon yuwonoi). Celepuk Siau (Otus siaoensis), Burung Kacamata Sangihe (Zosterops nehrkorni), Gagak Banggai (Corvus unicolor), Tarsius Siau (Tarsius tumpara), Kakatua Kecil Jambul Kuning (Cacatua sulphurea), Kuskus Beruang Talaud (Ailurops melanotis), Anoa (Bubalus depressicornis), Maleo Senkawor(Macrocephalon maleo), Babirusa(Babyrousa)
PapuaKanguru Pohon Wondiwoi, Ekidna Moncong Panjang Barat (Zaglossus bruijnii), Kus kus (Phalanger Maculatus), Cenderawasih(Paradisaeidae), Kasuari gelambir tunggal (Casuarius casuarius), Kus Kus (Spilocuscus maculatus)
Nusa TenggaraElang Flores (Nisaetus floris), Komodo (Varanus komodoensis), Pungguk Sumba (Ninox sumbaensis), Julang Sumba (Rhyticeros everetti), Kura-kura Leher ular (Chelidae)

Mengapa hewan-hewan tersebut perlu dilestarikan? Apa manfaatnya bagi kelangsungan hidup rakyat Indonesia?Manfaat kelestarian hewan bagi kelan gsungan hidup rakyat Indonesia, yaitu untuk menjaga keseimbangan ekosistem di Bumi. Bagaimana hubungan keterkaitan manusia dengan hewan dan tumbuhan serta lingkungan tempat kita hidup?Hubungan keterkaitan manusia dengan hewan dan tumbuhan serta lingkungan tempat manusia hidup.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:28 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.