Home » » Laporan Investigasi Hewan Ovipar Vivipar dan Ovovivipar

Laporan Investigasi Hewan Ovipar Vivipar dan Ovovivipar

Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembangbiak. Hewan, tumbuhan, dan manusia berkembangbiak agar tidak mengalami kepunahan. Hewan memiliki dua jenis perkembangbiakan yaitu perkembangbiakan generatif dan vegetatif. Perkembangbiakan secara generatif diawali dengan proses pembuahan yaitu bertemunya sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Sedangkan perkembangbiakan hewan secara vegetatif adalah perkembangbiakan hewan tanpa adanya proses pembuahan. Pada perkembangbiakan hewan secara vegetatif individu baru berasal dari bagian tubuh induknya.

Tuhan menciptkan beragam makhluk hidup dengan ciri khususnya masing-masing. Setiap makhluk hidup memiliki cara dan kebutuhannya sendiri dalam melanjutkan kehidupannya. Hewan sebagai makhluk hidup memiliki kekhususan dalam proses perkembangbiakannya. Pada perkembangbiakan hewan secara generatif dikelompokan menjadi tiga seperti telah disebutkan sebelumnya. Perkembangbiakan generatif hewan ini biasanya terjadi pada hewan tingkat tinggi. Berikut ini contoh teks laporan investigasi tentang perkembangbiakan hewan secara generatif.
Struktur teksKalimat
Penjelasan
Umum
Perkembangbiakan hewan secara generatif adalah perkembangbiakan hewan melalui peristiwa perkawinan. Proses perkembangbiakan generatif ini membutuhkan alat kelamin jantan dan alat kelamin betina. Pembiakan secara generatif ditandai dengan adanya pembuahan Pembuahan merupakan proses peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang pada akhirnya akan menghasilkan zigot. Hewan berkembang biak menghasilkan keturunan untuk melestarikan jenisnya.
Fakta-faktaPerkembangbiakan hewan secara generatif dibagi dalam tiga kategori yaitu perkembangbiakan secara Ovivar (bertelur), Vivivar (beranak/melahirkan) dan Ovovivivar (Bertelur dan beranak/melahirkan).

1. Bertelur (Ovivar)
Ovipar berasal dari kata ovum yang berarti telur. Ovum dihasilkan oleh hewan betina dan akan dibuahi oleh sperma yang dihasilkan oleh hewan jantan. Embrio yang telah terbentuk akan tumbuh menjadi individu yang baru (anak) diluar tubuh induk, yaitu berkembang di dalam telur sebelum menetas menjadi individu yang baru.

Proses pembuahan ovum oleh sperma dibedakan menjadi dua yaitu pembuahan internal dan pembuahan eksternal. Pembuahan internal terjadi pada tubuh induk betina, contoh nya adalah pada  ayam dan bebek. Pembuahan eksternal adalah pembuahan terjadi di luar tubuh induk betina, contohnya  pada  ikan dan katak.

Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan hewan lainya. Beberapa ciri hewan Ovivar antara lain sebagai berikut  :
  1. Tidak memiliki daun telinga.
  2. Umumnya mengerami telurnya hingga menetas.
  3. Biasanya tubuh ditutupi oleh bulu.
  4. Pembuahan terjadi di dalam induk dan di luar induk (ikan dan katak)
  5. Janin tumbuh di luar tubuh induk yaitu dalam telur.
  6. Janin memperoleh makanan dari cadangan makanan yang tersimpan dalam telur.
  7. Janin tumbuh relatif cepat dibandingkan cara melahirkan.
Selain ikan dan katak hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur antara lain ayam, bebek, kura-kura, burung, dan masih banyak yang lainnya.
hewanku
2. Melahirkan (Vivipar)
Cara berkembang biak dengan cara melahirkan disebut vivipar. Hewan yang melahirkan adalah bangsa mamalia. Mamalia ada yang hidup di darat dan ada yang hidup di air. Mamalia yang hidup di darat antara lain kucing, anjing, sapi, dan kambing. Mamalia yang hidup di air antara lain lumba-lumba, paus, dan singa laut.

Pada perkembangiakan secara melahirkan, setelah terjadi pembuahan embrio berkembang di dalam rahim induknya dan mendapatkan makanan langsung dari induk betina melalui plasenta (ari-ari). Selama embrio mengalami pertumbuhan dan perkembangan di dalam rahim, hewan betina mengalami masa mengandung. Lama masa mengandung berbeda antara hewan yang satu dengan lainnya.

Hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan memiliki beberapa ciri khusus. Ciri-ciri hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan antara lain sebagai berikut :
  1. Memiliki daun telinga
  2. Memiliki kelenjar susu
  3. Janin tumbuh di dalam rahim induk betina (masa kehamilan).
  4. Janin memperoleh makanan dari induknya.
  5. Pertumbuhan janin relatif lambat.
  6. Mempunyai daun telinga.
  7. Mempunyai kelenjar susu dan menyusui anaknya.
  8. Biasanya tubuh ditumbuhi rambut.
  9. Telur ada di dalam tubuh induk.

3. Bertelur dan Beranak (Ovovivivar)
Perkembangbiakan hewan ini merupakan gabungan dari dua cara perkembangbiakan hewan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Pada perkembangbiakan jenis ini pembuahan terjadi di dalam tubuh hewan betina. Setelah pembuahan terbentuklah telur. Zigot tumbuh menjadi embrio di dalam telur tersebut. Makanan zigot adalah cadangan makanan di dalam telur bukan dari induknya Janin dilahirkan dari induk betina.

Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur melahirkan memiliki ciri yang membedakan dengan hewan lainnya. Ciri-ciri hewan yang berkembangbiak dengan cara ovovivipar antara lain sebagai berikut.
  1. Tidak memiliki kelenjar susu dan tidak menyusui anaknya (kecuali Platypus)
  2. Makanan diperoleh embrio dari dalam telur bukan dari tubuh induknya
  3. Zigot tumbuh menjadi embrio di dalam telur dan menetas di dalam tubuh induknya.
  4. Anak keluar dengan proses dilahirkan.

Beberapa contoh hewan yang berkembangbiak secara ovovivipar antara lain : beberapa jenis reptil seperti kadal, ular, dan plathypus
KesimpulanPerkembangbiakan generatif pada hewan membutuhkan alat kelamin jantan dan alat kelamin betina. Pembiakan secara generatif ditandai dengan adanya pembuahan yang merupakan proses peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Pembiakan secara generatif pada hewan dikelompokan menjadi tiga yaitu bertelur, melahirkan, dan bertelur melahirkan. Hewan berkembangbiak dengan tujuan mempertahankan jenisnya agar tidak mengalami kepunahan.

Manusia sebagai makhluk Tuhan yang berakal wajib menjaga serta melestarikan Hewan. Peran hewan sangat penting dalam kehidupan ini, hewan berperan untuk memenuhi pangan kita dan masih banyak lagi peran penting hewan dalam kehidupan ini. Semua makhluk hidup ciptaan Tuhan perlu berkembang biak agar tetap terjaga kelestariannya dan dapat menjaga keseimbangan ekosistem dibumi kita yang tercinta ini.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:10 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....