Home » » Jumlah Sudut Segitiga

Jumlah Sudut Segitiga

Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemukan benda-benda yang berbentuk segitiga misalnya saja rambu lalu lintas. Segitiga adalah bangun datar yang dibentuk oleh tiga garis lurus yang saling berpotongan. Segitiga dibentuk oleh 3 buah titik sudut yang letaknya tidak segaris dihubungkan. Untuk setiap segitiga selalu berlaku sifat-sifat yaitu; jumlah panjang dua sisi selalu lebih besar daripada panjang sisi segitiga; jumlah sudut-sudut sebuah segitiga adalah 180 derajat; sudut terbesar adalah sudut yang menghadap sisi terpanjang, sedangkan sudut terkecil adalah sudut yang menghadap sisi terpendek; besar sudut luar sama dengan jumlah dua sudut yang tidak berpelurus dengan sudut luar tersebut.

Jenis jenis segitiga ditentukan oleh panjang sisi-sisi dan besar sudut yang dimilikinya. Jenis segitiga berdasarkan panjang sisi-sisi, yaitu: Segitiga Sama Kaki: jika ketiga sisi segitiga sama panjang Segitiga Sama Sisi: jika dua di antara sisi segitiga itu sama panjang Segitiga Sembarang: jika ketiga sisi segitiga tidak sama. Jenis segitiga berdasarkan besar sudut,yaitu: Segitiga Lancip: jika besar setiap sudut segitiga kurang dari 90 derajat (merupakan sudut lancip) Segitiga Siku-siku: jika salah satu sudut dan segitiga besarnya sama dengan 90 derajat Segitiga Tumpul: jika salah satu sudut segitiga besarnya lebih besar dari 90 derajat.

Jumlah sudut pada bangun segitiga dapat ditemukan dengan cara sebagai berikut.
segitiga
Susunan segi tiga tersebut menunjukkan bahwa sudut a, b, dan c membuat sudut lurus, maka <a + <b + <c = 180°. Jumlah seluruh sudut dalam segi tiga adalah 180°

Kita bisa menggunakan sudut yang sudah diketahui pada segi tiga berikut untuk menentukan besar sudut yang ketiga (yang belum diketahui) pada segi tiga berikut.
Jumlah seluruh sudut dalam segi tiga adalah 180°.
Maka: sudut A + Sudut B + Sudut C = 180°
Jika diketahui
Besar sudut A = 80°
Besar sudut B = 65°
Berapa besar sudut C?
Jawab:
80° + 65° + besar sudut C = 180°
145° + besar sudut C = 180°
Maka besar sudut C adalah
C = 180° - 145°
Sudut C = 35°

a. 180° - 75° - 50° = 55°
b. 180° - 90° - 35° = 55
c. 180° - 110° - 37° = 33°

Demikian tentang jumlah sudut pada bangun segitiga, semoga dapat membantu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:30 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....