Home » » Hidup Rukun Dalam Perbedaan

Hidup Rukun Dalam Perbedaan

Hidup rukun artinya saling menghormati, menghargai, dan menyayangi antara sesama manusia. Hidup rukun dilakukan di rumah, sekolah,dan masyarakat yang harus dibiasakan dan wajib dilaksanakan. Hidup rukun dalam perbedaan sudah menjadi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu. Hal tersebut juga ditunjukkan ketika masa perjuangan memperebutkan kemerdekaan dari penjajah. Dalam meraih kemerdekaan, perbedaan daerah, agama, dan suku bangsa bukanlah penghalang bagi bangsa Indonesia. Perbedaan bukan merupakan hambatan dalam mejalin persatuan dan kesatuan bangsa.

Mereka bersatu padu untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Pada waktu itu, semangat persatuan sangat menonjol. Bangsa Indonesia memiliki tekad yang kuat. Tidak ada jalan lain dalam usaha merebut kemerdekaan, kecuali menjalin persatuan dan kesatuan. Hal ini mencerminkan kerukunan dalam perbedaan.

Manusia memiliki banyak perbedaan ada perbedaan jenis kelamin, ada perbedaan agama, ada perbedaan suku bangsa dan hidup rukun di sekolah, sebagai berikut :
  1. Setiap negara memiliki agama yang berbeda-beda. Perbedaan agama tersebut dijadikan salah satu  identitas suatu negara. Meskipun di Indonesia terdiri dari berbagai kepercayaan namun penduduk indonesia tetap disatukan oleh Pancasila dengan adanya perbedaan agam bukan berarti hak dan kewajiban mereka juga dibedakan, namun semua umat beragama tetap memiliki hak dan kewajiban yang sama baik dalam memeluk agama mereka maupun dalam menjalani kehidupan di masyarakat. di indonesia ada 5 agama, yaitu: islam, kristen protestan, kristen katolik, hindu, dan budha.
  2. Indonesia atas beribu pulau dan memiliki berbagai suku bangsa, diantaranya: suku aceh, minang, batak, jawa, sunda, betawi, dayak, banjar, bugis, minahasa, asmat, dan dani. Karena indonesia terdiri dari penduduk yang berasal dari berbagai suku bangsa. misalnya saja perbedaan bahasa disatukan dengan adanya bahasa kesatuan RI. Dengan adanya alat-alat pemersatua bangsa tersebut di harapkan penduduk indonesia tetap dapat hidup rukun meskipun berasal dari daerah yang berbeda-beda.

Menyikapi Perbedaan
Perbedaan-perbedaan yang ada di dalam kehidupan seringkali membuat manusia membenci dan tidak menyukai satu sama lain. Perbedaan pandangan politik, perbedaan suku, ras dan agama membuat manusia hidup terkotak-kotak, Hal-hal semacam ini yang membuat kehidupan menjadi tidak harmonis, tidak semua manusia menyadari bahwa perbedaan seharusnya bukan dijadikan alasan untuk bermusuhan tapi perbedaan seharusnya disyukuri dan dijadikan sarana untuk melatih diri untuk menjadi lebih rendah hati. Untuk menyikapi perbedaan yang ada antara lain dengan cara sebagai berikut.
  1. Perbedaan suku dan agama yang ada di dalam kehidupan sehari-hari tidak dijadikan alasan untuk saling membenci dan bermusuhan satu sama lain, justru harus bisa saling bekerjasama dan mengasihi satu sama lain meski paham keyakinan agama kami tidak sama.
  2. Kerendahan hati dan kesadaran sebagai makhluk sosial perlu ditanamkan ke dalam diri setiap manusia agar menyadari perannya bahwa kita tidak bisa hidup sendirian. Perbedaan adalah suatu hal yang perlu disyukuri, karena melalui perbedaan-perbedaan itu kita bisa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.
  3. Menjaga persatuan dan kesatuan itu mutlak diperlukan. Terjadinya perbedaan pendapat, baik perorangan maupun kelompok adalah hal yang wajar, karena setiap pribadi memang dianugrahi oleh Allah kemampuan berkreasi dan penalaran yang berbeda-beda. Perbedaan/keragaman tersebut merupakan anugerah yang patut kita hormati, akui, dan kita hargai. Hal terpenting bagi kita semua adalah adanya kemauan untuk memahami, menghargai, mengakui dan menerima keberagaman yang sudah menjadi realita.
hidup rukun
Manfaat Hidup Rukun
Di dalam kehidupan sehari – hari tentu saja, akan selalu membutuhkan bantuan dari orang lain, oleh karena itulah harus menjaga hubungan baik akan sangat memberikan manfaat yang baik untuk kehidupan nantinya. Kehidupan bermasyarakat yang rukun akan memberikan manfaat pada manusia sebagai makhluk sosial, berikut ini beberapa diantaranya :
  1. Kehidupan Lebih Harmonis. Hidup rukun dapat membuat keadaan menjadi lebih harmonis. Hubungan keluarga dan juga masyarakat yang harmonis tentu saja nantinya jika suatu saat menghadapi masalah orang lain akan sangat senang untuk membantunya.
  2. Keadaan Lebih Aman Dan Tentram. Dengan hidup rukun hidup menjadi lebih aman dan tentram. Jika kita hidup menjaga hubungan baik, tentu saja tidak ada ancaman dari pihak lain. 
  3. Mempererat Tali Persatuan. Manfaat hidup rukun selanjutnya adalah akan membantu memperkokoh persatuan dan juga kesatuan antar anggota masyarakat.
  4. Menghindari perselisihan. Kehidupan yang rukun dalam keluarga dan bermasyarakat akan menghindari perselisihan. Perselisihan pada dasarnya dimulai dari kesalahpahaman antar keluarga maupun masyarakat.
  5. Memiliki Lebih Banyak Teman. Kerukunan juga bermanfaat agar lebih banyak teman karena di mulai dari komunikasi yang baik sehingga menjadikan hubungan lebih damai. Hubungan yang damai ini, menciptakan suasana keakraban dengan siapapun, sehingga akan mudah memiliki teman.

Pelangi indah karena warna yang berbeda-beda. Hidup berbangsa dan bertanah air indah jika kita hidup rukun walaupun berbeda-beda. Hidup rukun merupakan landasan untuk terciptanya persatuan dan kesatuan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:19 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....