Home » » Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya

Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya

Komputer adalah sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.

Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya
Charles Babbage adalah seorang ahli Matematika. Beliau-lah penggagas utama dalam penemuan komputer. Mesin penghitung yang ia temukan (1791-1871) adalah kalkulator otomatis pertama. Babbage terkenal dengan julukan bapak komputer.

Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung. Gagasan tersebut dituangkannya dalam sebuah catatan yang diberi nama “note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables”. Catatan yang dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 ini berisi tentang semua konsep komputasi yang ada dalam benaknya.

Jawablah pertanyaan berikut !
  1. Apa yang dilakukan oleh Charles Babbage? Babbage ingin mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. 
  2. Apa dampak penemuannya bagi dunia? Dampak penemuan Babbage adalah kemajuan teknologi komputer berkembang pesat. Mesin hitung memiliki pengaruh begitu besar di dunia, yang merupakan sumbangan pikiran Babbage terhadap perkembangan komputer.
  3. Apakah kamu, merasakan manfaat komputer saat ini. Manfaat apa yang kamu rasakan? Dengan adanya komputer kegiatan belajar menjadi lebih mudah dengan mengakses internet melalui komputer kita dapat mencari berbagai informasi yang kita butuhkan.

Perkembangan Komputer dan Internet
Charles Babbage, mengubah dunia dengan komputer temuannya. Mesin hitung yang ia temukan mengurangi terjadinya kesalahan hitung. Komputer yang ia temukan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Sejarah komputer diawali dengan penemuan penting dari C harles Babbage berupa alat hitung. Pada awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik. Berikut ini perkembangan komputer dan internet.
perkembangan internet
  1. Tahun 500 AM. Sempoa atau Abacus adalah alat yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika yang muncul sekitar 500 tahun sebelum masehi. Di negara Cina dan di beberapa tempat alat ini masih digunakan hingga saat ini. Abacus dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi (penghitungan). Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, abacus kehilangan popularitasnya.
  2. Tahun 1821. Mesin Buatan Charles Babbage. Banyaknya kesalahan perhitungan dengan manual menginspirasikan seorang ilmuan yaitu Charles Babbage untuk menemukan mesin hitung mekanik. Charles Babbage mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial yang muncul pada tahun 1822. Setelah bekerja dengan mesin differensial selama sepuluh tahun, babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer generasi purpose (multifungsi) pertama, yang di sebut analitycal engine.Atas sumbangan penemuan yang sangat besar ini maka Charles Babbage disebut bapak komputer modern. Charles Babbage.
  3. Tahun 1939. Pada tahun 1937-1939, John Vincent Atanasoff, seorang fisikawan Amerika di Iowa State College dibantu asistennya Clifford Berry mencoba membuat komputer listrik dengan menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit listrik. Atanasoff  dan Berry berhasil membuat komputer listrik yang pertama yang disebut Atanasoff-Berry Computer atau ABC.Konsep atanasoff kemudian digunakan John W. Mauchly dan John Presper Eckert,Jr. Dalam pembuatan ENIAC(Electronic Numerical Integrator And Computer).
  4. Tahun 1971. Surat elektronik email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Konsep email pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson bereksperimen dengan program komputer yang bernama SNDMSG. Eksperimen Ray kemudian dilanjutkan dengan menghubungkan SNDMSG melalui file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG dapat mengirimkan pesan ke komputer lain" namun masih berada dalam satu jaringan ARPAnet. Eksperimen tersebut berhasil dan Itulah awal terciptanya email.
  5. Tahun 1973. Mouse merupakan ide dari Bill English. Pada tahun 1972 English dan Jack Hawley mendisain ulang mouse karya Engelbart dengan mengganti sistem dua gerigi roda dari logam kecil, dengan sebuah bola yang dapat berputar ke segala arah. Tombolnya pun ditambah menjadi dua. Keyboard pertama kali diciptakan oleh Christopher Latham Sholes. Pada saat sholes menciptakan mesin ketik, susunan hurufnya dibuat urut berdasarkan huruf latin, untuk memungkinkan mengetik dengan cepat sehingga tercipta urutan mengacak urutan abjad menjadi QWERTY . Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
  6. Tahun 1975. Tahun 1975 prototype dari Visual Display Module (VDM), di design oleh Lee Felsenstein, ditandai sebagai implementasi dari sebuah memory-mapped alphanumeric video display pertama untuk personal computers.
  7. Tahun 1983. Internet dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1969, yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork). Pada tahun 1983 ARPANET mengadopsi protokol TCP/IP menjadi protokol standard untuk ARPANET yang merupakan cikal-bakal internet terbentuk. Pada tahun 1985 dibentuklah jaringan NFSNET (National Science Foundation NETwork) untuk menghubungkan supercomputer yang ada diberbagai universitas di Amerika dan disambungkan dengan ARPANET. Jaringan NSFNET dikembangkan terus oleh periset perguruan tinggi.
  8. Tahun 1994. Penggunaan internet secara komersial dimulai pada 1994 dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First Virtual. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke Internet bagi masyarakat umum. Sementara itu, kita di Indonesia baru bisa menikmati layanan Internet komersial pada sekitar tahun 1994. Sebelumnya, beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia telah terlebih dahulu tersambung dengan jaringan internet melalui gateway yang menghubungkan universitas dengan network di luar negeri.

Jawablah pertanyaan berikut!
  1. Mengapa komputer terus berkembang? Komputer berkembang pesat karena permasalahan di dunia ini bertambah banyak dan beragam masalah itu bisa dipecahkan dan dikerjakan dengan lebih cepat bila menggunakan komputer. Contohnya seperti permasalahan di bidang matematika, fisika dan biologi. Banyak riset yang membutuhkan perhitungan matematis dan itu bisa semakin cepat dilakukan dengan adanya komputer.
  2. Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia? Banyak sekali yang dapat kita manfaatkan dengan adanya komputer misalnya komputer sebagai sarana hiburan, media komunikasi dan informasi. Namun sebagai teknologi komputer juga memiliki beberapa dampak negatif.
  3. Apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan? Jika komputer tidak ditemukan mungkin kemajuan teknologi belum seperti sekarang ini. Kalau tidak ada komputer,manusia tidak akan bisa merancang/membuat alat yang canggih, modern, seperti pesawat terbang, alat telekomunikasi telephone, dan akan kesulitan informasi media telekomunikasi.
  4. Menurutmu komputer seperti apa yang akan tercipta di masa depan? Gambarlah dan deskripsikan. Pen-style Personal Networking Gadget Package adalah paket komputer pena yang mencakup 5 fungsi yaitu : Ponsel bergaya pena dengan cara input data menggunakan tulisan tangan, virtual keyboard, royektor kecil, Camera Scanned, Personal ID password yang berfungsi sebagai identitas pemilik
komputer masa depan
Charles Babbage, mengubah dunia dengan komputer buatannya. Saat ini manusia di dunia menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan mereka.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:32 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....