Home » » Cara Menyambung Tanaman

Cara Menyambung Tanaman

Mengenten atau menyambung adalah menggabungkan batang bawah dan batang atas dua tanaman yang sejenis. Tujuan menyambung adalah menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman, sehingga diperoleh satu tanaman yang memiliki sifat-sifat unggul. Menyambung merupakan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif dengan bantuan manusia. Biasanya batang bawah memiliki kualitas perakaran yang baik, sedangkan batang atas memiliki kualitas buah atau daun yang baik. Dengan menyambung tanaman diharapkan diperoleh tanaman dengan kualitas yang merupakan kombinasi batang bawah dan batang atas.

Penyambungan batang bawah dan batang atas ini biasanya dilakukan antara dua varietas tanaman yang masih dalam spesies yang sama. Misalnya penyambungan antar varietas pada tanaman mangga, jambu, dan tanaman lainnya. Terkadang bisa juga dilakukan penyambungan antara dua tanaman yang berlainan spesiesnya tetapi masih dalam satu famili. Tanaman mangga (Mangifera indica) disambung dengan tanaman kweni (Mangifera odorata).

Umumnya batang atas adalah tanaman yang produksinya diutamakan sedangkan batang bawah adalah batang yang memiliki ketahanan terhadap faktor lingkungan seperti kekeringan dan lain sebagainya. Misalnya, untuk menyokong tumbuhan dibutuhkan jenis tumbuhan yang memiliki akar kuat. Sementara untuk menghasilkan buah atau daun atau bunga yang banyak dibutuhkan tumbuhan yang memiliki produktivitas tinggi. Tumbuhan yang dihasilkan dari penyambungan diharapkan memiliki akar kuat dan produktivitas yang tinggi.

A. Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan dalam penyambungan tanaman sangat sederhana dan dapat ditemukan di sekitar kita. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah alat yang digunakan untuk memotong batang atas dan batang bawah tersebut harus dalam keadaan steril sehingga mengurangi kegagalan penyambungan karena terjadi pembusukan. Alat dan bahan yang diperlukan dalam penyambungan tanaman antara lain sebagai berikut.
  1. Pisau/cutter digunakan untuk memotong dan membelah kedua batang yang akan disambung
  2. Tali plastik digunakan untuk mengikat sambungan batang atas dan batang bawah.
  3. Dua jenis tumbuhan satu famili dengan batang yang diameternya sama.
  4. Kertas Koran bekas / kantong semen/plastik bening digunakan untuk membungkus hasil sambungan.

Cara Menyambung Tanaman
Setelah alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses penyambungan tanaman tersedia langkah selanjutnya adalah menyambung tanaman. Beberapa langkah dalam penyambungan tanaman antara lain sebagai berikut.
menyambung tanaman
  1. Memilih batang yang memiliki diameter sama antara batang bawah dan batang atas. Tau bisa juga batang bawah berdiameter lebih besar daripada batang atas. Umur batang pada keadaan siap sambung ini bervariasi antara 1-24 bulan, tergantung jenis tanamannya.
  2. Batang bawah dipotong setinggi 20-25 cm diatas permukaan tanah. Gunakan silet, pisau okulasi atau gunting setek yang tajam agar bentuk irisan menjadi rapi. Batang bawah kemudian dibelah membujur sedalam 2-2,5 cm.
  3. Potong tanaman yang kedua (batang atas) dengan panjang ± 2, 5cm,  bentuklah ujung batang atas menyerong kiri-kanan (bentuk V) agar dapat diselipkan secara tepat pada batang bawah..
  4. Selanjutnya batang atas dimasukkan ke dalam belahan batang bawah. Pada waktu memasukkan batang atas ke belahan batang bawah diperhatikan agar kambium batang atas bisa bersentuhan dengan kambium batang bawah.
  5. Ikatlah sambungan tadi dengan tali raffia, hati-hati jangan sampai ada yang lecet atau patah. Pengikatan dengan tali plastik, dari bawah keatas, agar air tidak masuk ke celah sambungan.
  6. Untuk mengurangi penguapan dan mempercepat tumbuhnya tunas, sisakan 2-4 helai daun pada batang atas; dan potong daun tersebut menjadi setengahnya atau pangkas semua daun.
  7. Sungkuplah sambungan dengan kantong pelastik bening. Agar sungkup plastik tidak lepas bagian bawahnya perlu diikat. Tujuannya penyungkupan ini untuk mengurangi penguapan dan menjaga kelembapan udara di sekitar sambungan agar tetap tinggi.
  8. Tanaman sambungan kemudian ditempatkan dibawah naungan agar terlindung dari panasnya sinar matahari. Biasanya 2-3 minggu kemudian sambungan yang berhasil akan tumbuh unas. 
  9. Setelah kira-kira dua atau tiga minggu kemudian periksalah. Apabila daun tampak segar berarti penyambungan berhasil. Apabila daun layu atau membusuk berarti penyambungan gagal dan perlu diulang kembali.
  10. Jika penyambungan sudah berhasil sungkup plastiknya sudah bisa dibuka. Namun, tali pengikat sambungan baru boleh dibuka 3-4 minggu kemudian. Untuk selanjutnya kita tinggal merawat sampai bibit siap dipindahkan ke kebun.

Salah satu tujuan perkembangbiakan vegetatif buatan adalah untuk memperoleh tumbuhan yang bermutu tinggi. Tumbuhan bermutu tinggi artinya tumbuhan yang dapat berbuah banyak, tahan terhadap penyakit, dan akarnya kuat. Selain itu perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif ini juga bertujuan untuk melestarikan tumbuhan agar tidak mengalami kepunahan.

Sama dengan perkembangbiakan tumbuhan vegetatif buatan yang lainya teknik sambung juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan menyambung tanaman antara lain diperoleh tanaman yang memiliki kulaitas baik serta tanaman dapat berproduksi lebih cepat. Sedangkan kekurangan dari teknik sambung tanaman adalah ukuran kedua batang harus sama, karena kambium pada kedua batang harus bertemu dengan tepat. Kelamahan lainya adalah jenis pohon yang bisa disambung jumlahnya terbatas, karena harus pohon yang sekeluarga.

Manfaat penyambungan tanaman bagi masyarakat adalah untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas hasil tanaman, dihasilkan gabungan tanaman baru yang mempunyai keunggulan dari segi perakaran dan produksinya, juga dapat mempercepat waktu berbunga dan berbuah (tanaman berumur genjah) serta menghasilkan tanaman yang sifat berbuahnya sama dengan induknya. Dengan tanaman yang berkualitas baik diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani. Dengan pendapatan petani yang meningkat diharapkan pula dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu peremajaan tanpa menebang pohon tua, sehingga tidak memerlukan bibit buah baru dan menghemat biaya eksploitasi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.