Home » » Produk Elektronika Praktis

Produk Elektronika Praktis

Elektronika praktis adalah rangkaian alat elektronika sederhana yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Produk Elektronika baru dapat dikatakan berkembang saat era Transistor yang ditemukan oleh John Bardeen, William Schokley dan Walter Bratain. Transistor merupakan komponen utama dalam setiap rangkaian elektronika. Transistor adalah alat semikonduktor yang digunakan baik sebagai penguat arus maupun tegangan, dan dapat juga berfungsi sebagai saklar dalam proses switching. Produk elektronika praktis sangat membantu manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

A. Aneka jenis Produk Elektronika Praktis
Elektronika sebagai dasar teknologi dari produk yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan produk elektronika praktis pada industri kreatif dalam peranannya untuk mengurangi beban pekerjaan manusia dan mendapatkan hasil yang cepat, tepat, dan e!sien maupun untuk pendukung hobi atau life style pengguna. Beberapa contoh produk elektronika praktis antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Tracking System Panel Surya adalah perangkat yang mengarahkan payload ke arah matahari. Muatan dapat panel surya, palung parabolik, reflektor fresnel, cermin atau lensa. Manfaat utama dari sistem pelacakan adalah untuk mengumpulkan energi matahari untuk periode hari terpanjang, dan dengan keselarasan yang paling akurat sebagai posisi bergeser Matahari dengan musim. Alat ini memiliki 3 komponen utama, yaitu : IC LM339, H-Bridge Motor Driver dengan IC L293D, dan komponen Diskrit merupakan komponen-komponen elektronik yang diletakkan di atas papan rangkaian seperti PCB (printed circuit board), dimana hubungan antar komponen dilakukan melalui konduktor.
  2. Lampu Sepeda Pntar. Rangkaian elektronik ini dibuat untuk pengendara sepeda di malam hari dengan aman dan lampu tetap menyala pada saat sepeda berhenti. Kemasan rangkaian dapat dibuat berupa kotak yang dipasang di bodi sepeda. Komponen untuk membuat Lampu Sepeda Pintar adalah : Dinamo Kompatibel 6V dengan daya 3W, Baterai Output 6V DC, Baterai Nikel Cadmium (sel Ni-Cd) 1,2V dengan arus 600mAh, Lampu Modul LED berwarna putih, dan Relay.
  3. Produk elektronika praktis rumah tangga seperti : Kulkas, Televisi, Dispenser, Mesin Cuci, dan lain lain. Alat-alat elektronika tersebut memiliki manfaat dan kegunaan masing-masing. Perbedaan dari tiap alat-alat elektronika praktis tersebut lebih pada pengemasan dan berapa banyak komponen yang diperlukan dalam satu alat elektronika praktis.
B. Manfaat Produk Elektronika Praktis
Kesuksesan usaha di bidang elektronik dipengaruhi oleh kejelian melihat pasar dan terus mengikuti perkembangan teknologi. Penyedia kebutuhan akan produk elektronik yang memiliki kekinian dapat memenuhi kebutuhan dalam menemukan produk baru yang dibutuhkan konsumen. Kemampuan dalam membuat berbagai rangkaian elektronik yang sesuai dengan kebutuhan akan membawa kewirausahaan di bidang elektronik untuk pembuatan alat-alat praktis dari yang sederhana sampai yang cukup kompleks.
  1. Sistem kontrol berbasis elektronika menggunakan rangkaian elektronik. Aplikasi rangkaian elektronik diantaranya untuk: (1) lampu klip baca LED, (2) mengendalikan dan mengatur lalu lintas dengan menggunakan lampu jalan (trac light), (3) lampu penerangan untuk kendaraan umum dimana untuk menghidupkan dan mematikan cukup dengan disentuh (dilengkapi dengan sensor) untuk memudahkan pengguna, dan (4) lemari pakaian yang dilengkapi dengan kaca rias dimana ketika pengguna mendekati lemari tersebut, lampu penerangan secara otomatis menyala dan akan padam ketika pengguna menjauh.
  2. PCB atau Printed Circuit Board ini memiliki beberapa macam sesuai dengan fungsinya, yaitu satu sisi (biasa digunakan pada rangkaian elektronika seperti radio, TV, dll), dua sisi (dapat digunakan untuk menghubungkan komponen di kedua sisinya) dan multi side ( bagian PCB luar maupun dalam digunakan sebagai media penghantar, misalnya pada rangkaian-rangkaian PC). Rangkaian elektronik PCB dapat didesain dengan menggunakan software proteus. Proteus merupakan sebuah software guna mendesain PCB yang dilengkapi dengan simulasi. Pembuatan kit/rangkaian elektronik menjadi salah satu segmen peluang usaha saat permintaan produk elektronik tinggi.

Beberapa persyaratan yang harus diperhatikan dalam pembuatan barang elektronika praktis antara lain : Pertama, produk elektronika praktis harus bisa dijangkau sesuai daya beli penggunanya, sehingga beberapa alat bukanlah berupa barang mewah, Kedua, produk elektronika praktis haruslah alat yang dibutuhkan konsumen dalam kehidupan sehari-hari, Ketiga, produk elektronika praktis harus mampu mempermudah pekerjaan yang dirasa sulit sebelum menggunakan alat tersebut, Ketiga, produk elektronika praktis dapat menjadi peluang usaha kekinian, dan Keempat, produk elektronnika prraktis mampu mengembangkan kreatifitas dan inovasi dari SDM yang berkualitas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:24 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....