Home » » Pengemasan dan Promosi Produk Elektronika Praktis

Pengemasan dan Promosi Produk Elektronika Praktis

Setelah melalui beberapa tahap dalam proses pembuatan produk elektronika rekayasa, ada beberapa langkah lagi yang harus ditempuh agar prduk siap dipasarkan. Kegiatan yang perlu dilakukan terhadap produk elektronika rekayasa adalan pengemasan dan promosi produk. Pengemasan adalah teknologi dalam mewadahi atau melindungi produk agar siap untuk distribusikan, disimpan, dijual, dan digunakan oleh konsumen akhir. Sedangkan promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk maupun jasa dengan tujuan untuk menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Berikut ini penjelasan mengenai pengemasan dan promosi produk elektronika praktis.

A. Kemasan untuk Produk Elektronika Praktis
Kemasan untuk produk elektronika berfungsi untuk melindungi produk dari benturan dan cuaca serta memberikan kemudahan membawa. Kemasan juga berfungsi untuk menambah daya tarik dan sebagai
identitas atau brand dari produk tersebut. Seiring waktu orang mulai menggunakan kemasan sebagai alat promosi, penguatan merek, hingga kemudahan untuk mendistribusikan produk Fungsi kemasan didukung oleh pemilihan material, bentuk, warna, teks dan grafis yang tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan kemasan antara lain sebagai berikut.
  • Target market. Ketika memutuskan untuk menjual produk harus memperhatikan pangsa pasar atau target market sendiri.  Misalnya saja kemasan produk yang ditujukan untuk anak-anak, anak muda, dan orang tua, pasti sangat jauh berbeda. Dengan mengenali target market yang akan disasar, Anda akan mengetahui desain kemasan yang sesuai untuk masing-masing kalangan usia. 
  • Ergonomis. Selain produk yang menarik, kemasan pun harus dibuat semenarik mungkin. Produk yang menarik mata, dengan warna dan desain yang unik, akan menarik buat konsumen dengan menonjolkan kenyamanan untuk konsumen maupun penjualnya. 
  • Ciri khas. Agar lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan unik. Bentuk kemasan yang unik dan berbeda bisa membuat pelanggan jadi selalu ingat akan produk tersebut.
  • Ukuran. Sesuaikan ukuran kemasan dengan ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil agar produk tak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen. 
  • Special pack. Kemasan yang menarik juga sekaligus memberikan promosi. Cobalah untuk jeli melihat keadaan dan momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya saat momen hari raya, tak ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna, desain, sampai penawaran promo yang menarik.

Material yang digunakan untuk membuat kemasan beragam bergantung dari produk yang akan dikemas. Produk hiasan yang mudah rusak, memanfaatkan material berstruktur kuat untuk kemasannya. Kemasan yang ingin memperlihatkan estetika produk didalamnya dapat memanfaatkan material yang transparan. Pemilihan material juga disesuaikan dengan identitas atau brand dari produk tersebut. Pengemasan dapat dilengkapi dengan label yang memberikan informasi teknis maupun memperkuat identitas atau brand.

Selain memiliki fungsi sebagai pelindung produk, perlu dipertimbangkan pula aspek-aspek mutu produk yang akan dilindungi. Mutu produk ketika mencapai konsumen tergantung pada kondisi bahan mentah, metode pengolahan dan kondisi penyimpanan. Dengan demikian fungsi kemasan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Kemampuan/daya membungkus yang baik untuk memudahkan dalam penanganan, pengangkutan, distribusi, penyimpanan dan penyusunan/ penumpukan.
  • Kemampuan melindungi isinya dari berbagai risiko dari luar, misalnya perlindungan dari udara panas/dingin, sinar/cahaya matahari, bau asing, benturan/tekanan mekanis, kontaminasi mikroorganisme.
  • Kemampuan sebagai daya tarik terhadap konsumen. Dalam hal ini identifikasi, informasi dan penampilan seperti bentuk, warna dan keindahan bahan kemasan harus mendapatkan perhatian.
  • Persyaratan ekonomi, artinya kemampuan dalam memenuhi keinginan pasar, sasaran masyarakat dan tempat tujuan pemesan.
  • Mempunyai ukuran, bentuk dan bobot yang sesuai dengan norma atau standar yang ada, mudah dibuang, dan mudah dibentuk atau dicetak.

2. Promosi Produk Elektronika Praktis
Dalam kewirausahaan, kegiatan promosi dilakukan untuk menunjang kegiatan pemasaran maupun penjualan. Kegiatan dan media promosi bergantung dari pasar sasaran yang merupakan target dari promosi tersebut. Promosi produk dapat dilakukan diantaranya dengan mengadakan kegiatan di suatu lokasi, promosi melalui poster atau iklan di media cetak, radio maupun media sosial. Produk hiasan memiliki keunggulan pada tampilan visual maka pada umumnya tidak memanfaatkan radio sebagai media promosi.
  • Media cetak merupakan kumpulan berbagai media informasi yang dibuat dan disampaikan kepada khalayak sasaran melalui bentuk-bentuk tulisan atau cetakan dan seringkali disertai gambar sehingga dapat dilihat maupun dibaca. Media cetak memiliki kelebihan yaitu sangat ideal untuk menunjukkan dan memperlihatkan kemasan produk, ini sangat penting terutama untuk produk yang kategorinya baru, dan membutuhkan penjelasan manfaat bila produk tersebut digunakan. Kekurangan media cetak misalnya majalah, tabloid atau surat kabar biasanya hanya dibaca sekali untuk kemudian cepat ditinggalkan atau bahkan dibuang.
  • Kelebihan sosial media dalam prmosi produk terutama media sosial dapat dimanfaatkan untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen dan menjadikan para konsumen tetap berhubungan dengan produk atau jasa secara pribadi (personal). Melalui sosial media, produsen dan konsumen bisa saling berbagi informasi yang bermanfaat untuk kedua belah pihak. Sedangkan kelemahan media sosial adalah jika produk yang ditawarkan kurang memuaskan mereka menyatakan kekecewaannya melalui sosial mediasehingga akan merusak citra produk atau jasa yang ditawarkan.

Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, jika konsumen tidak tahu atau belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk tersebut memiliki manfaat bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya. Dalam kegiatan promosi diperlukan strategi-strategi yang tepat agar kegiatan promosi yang dilakukan dapat mencapai target. Pada dasarnya tujuan utama dari strategi promosi dan aktivitas promosi adalah sama yaitu mempengaruhi konsumen untuk memanfaatkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Rancangan Media Promosi Produk Elektronika Praktis.
Nama ProdukPasar SasaranGambar Produk
Lampu Baca LEDPelajar dan Mahasiswa
Lampu Sepeda PintarAnak-anak
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:47 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....