Home » » Pengemasan dan Promosi Produk Fungsional

Pengemasan dan Promosi Produk Fungsional

Pengemasan dan promosi sangat dibutuhkan dalam kegiatan akhir produksi produk fungsional. Pengemasan adalah teknologi dalam mewadahi atau melindungi produk agar siap untuk distribusikan, disimpan, dijual, dan digunakan oleh konsumen akhir. Sedangkan promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk maupun jasa dengan tujuan untuk menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Pengemasan dan promosi sama pentingnya sehingga harus diperhatikan dengan seksama. Tujuan promosi salah satu di antaranya adalah untuk mendapatkan kenaikan penjualan.

1. Kemasan untuk Produk Fungsional
Kemasan produk fungsional berfungsi melindungi produk dari debu dan kotoran serta memberikan kemudahan distribusi. Kemasan yang melekat pada produk disebut sebagai kemasan primer. Kemasan sekunder berisi beberapa kemasan primer yang berisi produk. Kemasan untuk distribusi disebut kemasan tersier. Produk fungsional berbeda dengan produk hiasan. Kemasan primer produk hiasan melindungi produk dari benturan dan kotoran serta berfungsi menampilkan daya tarik dari produk hiasan.

Kemasan produk fungsional lebih berfungsi sebagai pelindung dari kotoran dan memberikan kemudahan untuk distribusi dari tempat produksi ke tempat penjualan. Perlindungan dapat diperoleh dari kemasan tersier yang membuat kemasan beragam bergantung dari produk yang akan dikemas. Kemasan produk hiasan dan produk fungsional sebaiknya memberikan identitas atau brand dari produk tersebut.

Material kemasan untuk melindungi dari kotoran dapat berupa lembaran kertas atau plastik. Tidak semua produk fungsional membutuhkan kemasan primer namun setiap produk membutuhkan identitas. Identitas dapat berupa stiker atau selubung karton yang berisi nama dan keterangan. Pada produk fungsional dibutuhkan keterangan cara penggunaan produk. Keterangan cara penggunaan ini dapat dituliskan atau digambarkan pada label. Beberapa contoh kemasan antara lain seperti di bawah ini.
kemasan
2. Promosi Produk Fungsional dari Limbah
Kegiatan promosi produk fungsional terutama bertujuan untuk memperkenalkan fungsi dan keunggulan dari produk tersebut. Pengenalan produk dapat dilakukan dengan melakukan demonstrasi cara penggunaan produk kepada pasar sasaran. Produk fungsional berupa alat pertanian dapat didemonstrasikan dalam kegiatan bertema pertanian atau pertemuan petani. Produk fungsional untuk para ibu didemonstrasikan pada kegiatan-kegiatan yang dihadiri para ibu. Selain demonstrasi, produk juga dapat dipromosikan melalui pameran, poster, brosur, dan iklan.
  1. Bazar adalah pasar yang sengaja diselenggarakan untuk jangka waktu tertentu untuk  penjualan barang-barang kerajinan. Keikutsertaan dalam berbagai bazar dinilai sebagai media yang cukup ampuh untuk lebih memperkenalkan produksi usaha kecil itu kepada masyarakat luas.
  2. Pameran adalah kegiatan yang dilakukan oleh wirausahawan untuk mengenalkan produk kepada masyarakat. Sebaiknya setiap wirausahawan harus dapat memanfaatkan hal pameran sebagai ajang promosi untuk mengenalkan produk-produknya. Dengan semakin ketatnya persaingan bisnis yang terjadi juga membuat pelaku usaha harus pintar-pintar mengambil hati konsumennya, salah satu caranya adalah dengan mengikuti berbagai pameran yang diadakan.
  3. Poster adalah pengumuman atau iklan berbentuk gambar atau tulisan yang ditempelkan di dinding, tembok, atau tempat-tempat umum yang strategis agar mudah diketahui banyak orang. Poster adalah media informasi yang dapat diaplikasikan untuk informasi produk/jasa, promo, dll.  Sebagai media promosi tentunya poster harus menarik dan memiliki kualitas cetak yang bagus.
  4. Brosur merupakan salah satu media promosi yang efektif dan banyak digunakan oleh wirausahawan untuk mempromosikan produknya. Brosur dapat membuat orang lain mengingat produk anda, isi brosur yang harus berkualitas, penyebaran brosur juga harus tepat sasaran yang sesuai dengan target market.
  5. Iklan adalah suatu pesan tentang barang yang dibuat oleh produser/pemrakasa yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat. Tujuan iklan adalah agar masyarakat tertarik untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa tersebut.

Dari berbagai macam cara mempromosikan produk fungsional seperti telah disebutkan di atas diharapkan produk fungsional tersebut dapat dikenal dan dibeli oleh konsumen. Dalam memasarkan produk dari suatu produk fungsional, Anda akan memerlukan strategi promosi yang tepat pada sasaran. Dengan strategi promosi bisnis yang tepat, Anda akan meraih kesuksesan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....