Home » » Meringkas Teks Membuat Termometer Sederhana

Meringkas Teks Membuat Termometer Sederhana

Meringkas adalah suatu cara untuk menyajikan teks yang panjang ke dalam teks yang lebih singkat. Tujuan meringkas adalah untuk memahami dan mengetahui dengan mudah isi wacana aslinya, baik dalam penyusunan maupun cara penyampaian gagasan dalam bahasa yang benar. Pada bagian ini Anda diminta untuk menentukan ide pokok dari tiap paragraf dalam teks rekaman percobaan “Membuat Termometer Sederhana” yang telah kamu dan kelompokmu urutkan. Pada bagian sebelumnya telah dipelajari bagaimana cara mencari kalimat utama dalam sebuah teks. Salah satu fungsi menemukan kalimat utama adalah mempermudah kamu dalam membuat ringkasan.

Untuk dapat menemukan kalimat utama sebuah teks rekaman percobaan dapat dilakukan dengan cara membaca keseluruhan teks. Sebuah paragraf tersusun atas kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama juga sering disebut sebagai  kalimat topik. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas. Kalimat penjelas yaitu kalimat yang isinya  memperjelas, menguraikan, atau berupa rincian-rincian tentang kalimat utama. Perhatikan teks rekaman percobaan membuat termometer sederhana di bawah ini.

Membuat Termometer Sederhana
StrukturKalimat
Tujuan serta
alat dan bahan
Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa. Biasanya termometer terdapat di rumah sakit atau di laboratorium. Termometer dapat dibuat dari bahan-bahan yang ada di sekitar rumah serta dalam kehidupan sehari-hari.
termometer
Berikut ini adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat termometer sederhana
  1. Air atau alkohol
  2. Pewarna
  3. Botol
  4. Sedotan bening
  5. Malam/plastisin/tanah liat
    Langkah-langkahBerikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat termometer sederhana.
    1. Tuangkan sedikit air yang telah diberi warna ke dalam botol!
    2. Masukkan sedotan sehingga menyentuh permukaan air dalam botol!
    3. Tutup dengan rapat-rapat sekeliling ujung lubang leher botol dengan plastisin atau tanah liat sehingga tidak ada udara yang bisa masuk!
    4. Gosok dengan tangan botol tersebut atau tempelkan kain hangat pada botol dan jika diperhatikan baik-baik air dalam sedotan akan mulai naik!
      HasilSetelah melakukan percobaan diperoleh hasil bahwa larutan akan mengembang bila dipanaskan. Hal ini membuat larutan tidak cukup ruang di dasar botol. Ketika alkohol mengembang, cairan warna bergerak naik melalui sedotan. Jika botol dalam keadaan sangat panas, kemungkinan cairan akan naik ke atas dan tumpah melalui ujung sedotan.
      SimpulanTermometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur) ataupun perubahan suhu. Larutan akan mengembang bila dipanaskan.

      Kalimat Utama 
      ParagrafKalimat Utama
      Paragraf 1Manfaat termometer
      Paragraf 2Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat termometer sederhana
      Paragraf 3Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat termometer sederhana.
      Paragraf 4Tuangkan sedikit air yang telah diberi warna ke dalam botol!
      Paragraf 5Masukkan sedotan sehingga menyentuh permukaan air dalam botol!
      Paragraf 6Tutup dengan rapat-rapat sekeliling ujung lubang leher botol dengan plastisin atau tanah liat sehingga tidak ada udara yang bisa masuk!
      Paragraf 7Gosok dengan tangan botol tersebut atau tempelkan kain hangat pada botol dan jika diperhatikan baik-baik air dalam sedotan akan mulai naik!
      Paragraf 8Setelah melakukan percobaan diperoleh hasil bahwa larutan akan mengembang bila dipanaskan.
      Paragraf 9Termometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur) ataupun perubahan suhu.

      Ringkasan Membuat Temometer Sederhana
      Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Prinsip kerja termometer yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa. Termometer dapat dibuat dari bahan-bahan yang ada di sekitar rumah serta dalam kehidupan sehari-hari.

      Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat termometer sederhana adalah air atau alkohol. pewarna, botol, sedotan bening, dan malam/plastisin/tanah liat.

      Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat termometer sederhana antara lain sebagai berikut.

      Tuangkan sedikit air yang telah diberi warna ke dalam botol!

      Masukkan sedotan sehingga menyentuh permukaan air dalam botol!

      Tutup dengan rapat-rapat sekeliling ujung lubang leher botol dengan plastisin atau tanah liat sehingga tidak ada udara yang bisa masuk!

      Gosok dengan tangan botol tersebut atau tempelkan kain hangat pada botol dan jika diperhatikan baik-baik air dalam sedotan akan mulai naik!

      Setelah melakukan percobaan diperoleh hasil bahwa larutan akan mengembang bila dipanaskan sehingga membuat larutan tidak cukup ruang di dasar botol. Ketika alkohol mengembang, cairan warna bergerak naik melalui sedotan.

      Termometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur) ataupun perubahan suhu. Larutan akan mengembang bila dipanaskan.
      Posted by Nanang_Ajim
      Mikirbae Updated at: 5:04 PM

      0 komentar:

      Post a Comment

      Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....