Home » » Merevisi Teks Rekaman Percobaan Membuat Es Krim

Merevisi Teks Rekaman Percobaan Membuat Es Krim

Merevisi dan menelaah teks rekaman percobaan dilakukan pada struktur teks dan maupun fitur bahasanya. Pada sebuah teks rekaman percobaan menggambarkan sesuatu sesuai fakta apa adanya tanpa ada opini dan pendapat penulis. Agar dapat menyusun teks rekaman percobaan dengan baik kita perlu melakukan percobaan atau penelitian terlebih dahulu. Data yang diperoleh dari kegiatan percobaan atau penelitian dan hasilnya dicatat secara jelas dan perinci, kemudian disusun menjadi sebuah laporan yang memenuhi kaidah keilmuan baik dari aspek struktur teks maupun fitur bahasa yang digunakan. Sebuah teks rekaman percobaan yang baik memiliki struktur dan fitur kebahasaan yang dapat diamati melalui kegiatan telaah teks.

Struktur teks rekaman percobaan terdiri dari tujuan serta alat dan bahan^langkah-langkah^hasil^simpulan. Tujuan serta alat dan bahan di dalam teks tersebut merupakan latar belakang dari percobaan yang akan dilakukan. Langkah-langkah merupakan cara atau metode yang digunakan untuk melakukan percobaan tersebut. Hasil merupakan sesuatu yang didapat dari percobaan tersebut. Simpulan merupakan pendapat akhir dari percobaan. Setelah memahami struktur teks rekaman percobaan selanjutnya diminta menelaah dan merevisi teks “Membuat Es Krim” menjadi sebuah teks rekaman percobaan yang runut, logis, dan berstruktur tepat. Perhatikan teks rekaman percobaan membuat es krim yang sudah direvisi baik struktur maupun unsur kebahasannya di bawah ini.

Membuat Es Krim
StrukturKalimat
Tujuan serta
alat dan bahan
Kamu tentu pernah makan es krim, makanan yang cocok dinikmati saat cuaca panas. Namun, apakah kamu mengetahui cara membuat es krim? Pembuatan es krim di industri atau perusahaan penjual es krim tentu rumit dan mahal. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan pembuatan es krim secara mudah dan sederhana.
es krim
Pertama-tama, siapkan alat dan bahan berikut ini!
  1. Susu cair
  2. Es batu
  3. Garam
  4. Dua kantong plastik klip yang berbeda ukuran. Satu  kantong plastik ukuran kecil dan satu kantong plastik ukuran dua kali lebih besar dari yang pertama
Langkah-langkahIkutilah langkah-langkah pembuatan es krim berikut ini!
  1. Tuang susu cair ke kantong plastik kecil! Tutup dengan rapat!
  2. Masukkan es batu dan garam ke kantong plastik besar!
  3. Masukkan kantong plastik kecil berisi susu cair ke kantong plastik besar!
  4. Kocok dengan kuat selama beberapa menit!
HasilSetelah bahan siap dan langkah sudah dilakukan, susu cair akan berubah menjadi padat. Bentuk padat inilah yang selama ini kamu nikmati, yaitu es krim.
SimpulanTernyata membuat es krim tidak rumit dan mahal. Kamu dapat menggunakan alat dan bahan yang dapat ditemukan sehari-hari. Jika dapat membuat es krim, kamu tentu dapat memakannya dengan puas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....