Home » » Menyusun Teks Tanggapan Kritis Budaya K-Pop

Menyusun Teks Tanggapan Kritis Budaya K-Pop

Ketika menjalankan kehidupan yang penuh dengan dinamika, kita dihadapkan pada kenyataan yang kadang-kadang bertentangan dengan hati nurani. Pada saat itu, kita tentu terusik untuk memberikan tanggapan atau respons dengan menyampaikan gagasan dan pendapat yang menurut kita benar. Tanggapan yang kita berikan itu biasanya berupa tanggapan setuju atau tidak setuju yang disampaikan secara kritis melalui bahasa yang mudah dipahami. Tanggapan kritis terhadap hal tertentu tersebut merupakan sikap wajar yang dimiliki oleh setiap manusia.

Kekritisan tanggapan yang disampaikan sangat ditentukan oleh fakta, data, dan alasan yang dapat meyakinkan orang lain. Tanggapan kritis yang disampaikan itu semakin bermanfaat jika disampaikan dengan data dukung lengkap yang dapat meyakinkan orang lain. Salah satu contoh tanggapan kritis yang dapat disusun antara lain mengenai fenomena K-pop yang sedang melanda remaja di Indonesia.

Perlu diketahui, budaya K-pop memang dapat memberikan dampak yang baik. Diantaranya adalah membuat para remaja tertarik mempelajari bahasa Korea, sehingga dapat menambah wawasan baru yang bermanfaat. Para remaja juga semakin rajin untuk berolahraga agar tubuhnya kelihatan bagus. Kemudian, banyak bermunculan cover dance yang ikut meramaikan dunia hiburan di indonesia. Selain itu, remaja Indonesia juga dapat terinspirasi dengan kerja keras artis-artis K-pop.
korean pop
Pada bagian ini Anda diminta menyusun teks tanggapan kritis yang baik yaitu penyusunan teks tanggapan kritis dengan topik budaya K-Pop di kalangan remaja. Untuk itu, silahkan merancang desain kegiatan berbasis proyek agar penyusunan teks tanggapan kritis yang dibuat itu terencana dengan baik. Berikut ini disajikan contoh desain kegiatan berbasis proyek.

No.Jenis InformasiKeterangan
1.Nama Siswa-
2.KelasIX-3
3.Judul/Topik proyekPenyusunan teks tanggapan kritis dengan topik budaya K-Pop di kalangan remaja
4.Jenis TugasTugas Mandiri
5.Sumber bahanMedia massa, majalah, koran, internet, wawancara
6.Cara pengumpulan bahanStudi kepustakaan dan studi lapangan
7.Cara analisis bahanPengolahan data/fakta/informasi menjadi pernyataan verbal berupa :
  1. penyusunan kalimat topik pada setiap struktur bagian teks,
  2. pengembangan kalimat topik dengan kalimat pengembang,
  3. penyusunan paragraf yang sesuai dengan struktur teks tanggapan kritis,
  4. penyuntingan kalimat yang disesuaikan dengan unsur kebahasan teks tanggapan kritis,
  5. penggabungan paragraf menjadi teks tanggapan kritis yang padu.
8.Wujud hasil analisisTeks tanggapan kritis sesuai dengan urutan struktur dan penggunaan unsur bahasa yang tepat dari berbagai telaah dan revisi
9.Cara pelaporanTulis dan publikasi
10.Jadwal pelaksanaanTiga minggu
a. Minggu I : pengumpulan data
b. Minggu II : pengolahan data
c. Minggu III : pelaporan, penyusunan teks, dan publikasi

Untuk menindaklanjuti desain kegiatan penyusunan teks tanggapan kritis yang sudah dirancang itu, jawab dan kembangkanlah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Berdasarkan tugas proyek tersebut, susunlah sebuah teks tanggapan kritis yang mudah dipahami!
  2. Setelah memiliki sebuah teks yang baik, presentasikan teks tersebut di dalam kelas!
  3. Laporkan hasil kerja tersebut di depan kelas dan juga diminta untuk menyampaikan kepada teman dan guru hal-hal yang menarik dan tidak menarik selama mengerjakan proyek itu sampai dengan tersusunnya sebuah teks tanggapan kritis yang telah  dibuat.
  4. Bagaimana pendapatmu tentang tugas itu? Kemudahan dan kesulitan apa saja yang dialami selama melaksanakan penyusunan tugas berbasis proyek tersebut?
  5. Setelah laporan proses penyusunan kamu diskusikan, laporkan hasil kerjamu itu kepada teman-temanmu. Mintalah pendapat teman dan gurumu tentang proyek yang telah dilakukan!
  6. Perbaiki teks yang telah disusun itu berdasarkan masukan teman dan gurumu! Kemudian, publikasikan teks yang dibuat itu! Usahakan teks yang telah disusun melalui penyusunan berbasis proyek tersebut dapat dipublikasikan melalui majalah dinding sekolah atau media massa cetak di kotamu.
No.DataPengolahan DataStruktur Teks
1.Kegandrungan akan musik K-pop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai Negara, termasuk Indonesia.Kegandrungan akan musik K-pop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai Negara, termasuk Indonesia. Jika dalam beberapa waktu lalu musik Jepang bangkit dengan grup musiknya masing-masing, Korea bangkit dengan kekuatan grup vokal, baik boyband maupun gilrband. Biasanya musik Korea mengusung musik dance, beraliran hip-hop, serta unsur koreografi dan kostum yang menarik. Hal ini tentu membawa dampak yang cukup besar bagi para remaja di Indonesia.Evaluasi
2.Fenomena K-pop yang masuk ke Indonesia mulai digandrungi oleh masyarakat terutama kalangan remaja.Fenomena K-pop yang masuk ke Indonesia mulai digandrungi oleh masyarakat terutama kalangan remaja. Melihat antusiasme remaja terhadap budaya korea ini, media memanfaatkannya dengan cara menayangkan hal yang berhubungan dengan korea seperti drama, film, dan musik pop (K-pop) yang ditayangkan.Deskripsi teks
Siapa yang tidak mengenal Super Junior, SNSD, EXO, VIXX, 2Ne1, BTS dan SHINee?Siapa yang tidak mengenal Super Junior, SNSD, EXO, VIXX, 2Ne1, BTS dan SHINee? Kehadiran K-pop merajai dunia musik di Indonesia, terutama di kalangan remaja. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa ketertarikan ini menyebabkan remaja lebih tertarik dengan musik Korea dari pada musik asli Indonesia sendiri.
Indonesia juga memiliki musik yang tidak kalah kerennya dengan K-pop.Indonesia juga memiliki musik yang tidak kalah kerennya dengan K-pop. Seperti musik keroncong, dangdut, kasidah, dan masih banyak yang lainnya. Kita seharusnya bangga dengan musik kita sendiri, dan tidak menggandrungi musik dari negara lain. Bukan berarti tidak boleh menyukai musik negara lain, Akan tetapi alangkah baiknya jika kita mencintai dan menghargai musik dari negeri sendiri.
Banyak remaja yang masih berstatus pelajar yang rela membuang banyak uang dan waktu belajarnya untuk menonton artis idola mereka. Saat ada Super Junior Show 4 di Indonesia, SMTown goes to Jakarta, Music Bank, TLP INA, banyak remaja yang masih berstatus pelajar yang rela membuang banyak uang dan waktu belajarnya untuk menonton artis idola mereka. Beberapa orang menganggap kalau musik K-pop membawa pengaruh buruk bagi generasi muda Indonesia. Mereka mengatakan kalau musik K-pop bisa mengganggu konsentrasi belajar bagi remaja yang masih berstatus pelajar.
Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, tidak selalu musik manca negara yang masuk ke Indonesia hanya memiliki sisi negatif saja. Salah satu sisi positif masuknya K-pop adalah bertambahnya pengetahuan mereka tentang budaya dan bahasa Korea. Dengan adanya minat yang luar biasa hebatnya, mendorong sebagian remaja penikmat musik K-pop tersebut berusaha untuk mempelajari segala hal yang berhubungan dengan K-pop dan negara asalnya.
Ketika kita menyukai sesuatu, hendaknya mengambil sisi positifnya saja.Ketika kita menyukai sesuatu, hendaknya mengambil sisi positifnya saja. Sama seperti halnya K-pop, ambil sisi positifnya untuk motivasi dalam belajar. Misalnya, kerja keras mereka untuk dapat tampil kompak dapat dijadikan motivasi untuk menggapai cita-cita.
3.Dengan demikian, kehadiran K-pop membawa dampak yang cukup besar bagi remaja di Indonesia. Dengan demikian, kehadiran K-pop membawa dampak yang cukup besar bagi remaja di Indonesia. Akan tetapi, kehadiran K-pop jangan sampai kita lupa dengan musik yang kita miliki. Sebagai anak bangsa, kita perlu menjaga dan melestarikan musik kita agar tidak tersisih atau bahkan hilang karena perkembangan musik dari negeri lain.Penegasan ulang

Agar hasil kerja kelompok tertata dengan baik, masukkan teks hasil penyusunan ke dalam format berikut ini!

Tugas Kelompok : Penyusunan Teks Tanggapan Kritis
Nama Kelompok :....................
Ketua                    :....................
Anggota                :....................
Hasil Kerja:
Judul                    : Fenomena K-pop
Struktur TeksKalimat dalam Teks
EvaluasiKegandrungan akan musik K-pop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai Negara, termasuk Indonesia. Jika dalam beberapa waktu lalu musik Jepang bangkit dengan grup musiknya masing-masing, Korea bangkit dengan kekuatan grup vokal, baik boyband maupun gilrband. Biasanya musik Korea mengusung musik dance, beraliran hip-hop, serta unsur koreografi dan kostum yang menarik. Hal ini tentu membawa dampak yang cukup besar bagi para remaja di Indonesia.
Deskripsi TeksFenomena K-pop yang masuk ke Indonesia mulai digandrungi oleh masyarakat terutama kalangan remaja. Melihat antusiasme remaja terhadap budaya korea ini, media memanfaatkannya dengan cara menayangkan hal yang berhubungan dengan korea seperti drama, film, dan musik pop (K-pop) yang ditayangkan.

Siapa yang tidak mengenal Super Junior, SNSD, EXO, VIXX, 2Ne1, BTS dan SHINee? Kehadiran K-pop merajai dunia musik di Indonesia, terutama di kalangan remaja. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa ketertarikan ini menyebabkan remaja lebih tertarik dengan musik Korea dari pada musik asli Indonesia sendiri.

Indonesia juga memiliki musik yang tidak kalah kerennya dengan K-pop. Seperti musik keroncong, dangdut, kasidah, dan masih banyak yang lainnya. Kita seharusnya bangga dengan musik kita sendiri, dan tidak menggandrungi musik dari negara lain. Bukan berarti tidak boleh menyukai musik negara lain, Akan tetapi alangkah baiknya jika kita mencintai dan menghargai musik dari negeri sendiri.

Saat ada Super Junior Show 4 di Indonesia, SMTown goes to Jakarta, Music Bank, TLP INA, banyak remaja yang masih berstatus pelajar yang rela membuang banyak uang dan waktu belajarnya untuk menonton artis idola mereka. Beberapa orang menganggap kalau musik K-pop membawa pengaruh buruk bagi generasi muda Indonesia. Mereka mengatakan kalau musik K-pop bisa mengganggu konsentrasi belajar bagi remaja yang masih berstatus pelajar.

Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, tidak selalu musik manca negara yang masuk ke Indonesia hanya memiliki sisi negatif saja. Salah satu sisi positif masuknya K-pop adalah bertambahnya pengetahuan mereka tentang budaya dan bahasa Korea. Dengan adanya minat yang luar biasa hebatnya, mendorong sebagian remaja penikmat musik K-pop tersebut berusaha untuk mempelajari segala hal yang berhubungan dengan K-pop dan negara asalnya.

Ketika kita menyukai sesuatu, hendaknya mengambil sisi positifnya saja. Sama seperti halnya K-pop, ambil sisi positifnya untuk motivasi dalam belajar. Misalnya, kerja keras mereka untuk dapat tampil kompak dapat dijadikan motivasi untuk menggapai cita-cita.
Penegasan UlangDengan demikian, kehadiran K-pop membawa dampak yang cukup besar bagi remaja di Indonesia. Akan tetapi, kehadiran K-pop jangan sampai kita lupa dengan musik yang kita miliki. Sebagai anak bangsa, kita perlu menjaga dan melestarikan musik kita agar tidak tersisih atau bahkan hilang karena perkembangan musik dari negeri lain.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:14 PM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....