Home » » Menyusun Teks Rekaman Percobaan

Menyusun Teks Rekaman Percobaan

Kegiatan menyusun teks rekaman percobaan dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana teks tersebut dibangun. Sebuah teks rekaman percobaan menggambarkan sesuatu sesuai fakta apa adanya tanpa ada opini dan pendapat penulis. Teks ini benar-benar merupakan sebuah rekaman dari percobaan yang telah dilakukan. Agar dapat menyusun teks rekaman percobaan dengan baik kita perlu melakukan percobaan atau penelitian terlebih dahulu. Data yang diperoleh dari kegiatan percobaan atau penelitian dan hasilnya dicatat secara jelas dan perinci, kemudian disusun menjadi sebuah laporan yang memenuhi kaidah keilmuan baik dari aspek struktur teks maupun fitur bahasa yang digunakan.

Selain memperhatikan aspek struktur ketika menyusun teks rekaman percobaan juga harus memperhatikan aspek kebahasaannya. Sebagai salah satu jenis karya ilmiah yang kebenarannya harus dapat dipertanggung jawabkan secara kelimuan, bahasa dalam teks rekaman percobaan tidak boleh menimbulkan multitafsir. Bahasanya harus lugas dan jelas, bahasa dalam teks rekaman percobaan pada umumnya ditandai dengan penggunaan kalimat kompleks, kata penghubung, kata rujukan, dan isilah teknis.

Sebagai salah satu tugas dalam rangkaian kerja kelompok, kamu diminta menyusun teks rekaman percobaan tentang percobaan yang pernah kamu atau orang lain lakukan. Data yang dapat membantumu menyusun teks tersebut dapat kamu cari di media massa, elektronik, atau karya-karya yang sudah diterbitkan. Untuk itu, lakukan tugas proyek berikut sesuai dengan perintah.
  1. Tentukan tema teks rekaman percobaan yang akan kamu susun! Tema tersebut dapat berhubungan dengan diri sendiri, orang lain, sekolah, atau sesuatu yang menarik bagimu.
  2. Kembangkan tema tersebut menjadi kalimat-kalimat dengan menggunakan kata-kata sendiri dan penggunaan bahasa yang benar!
  3. Susun dan gabunglah kalimat-kalimat tersebut sehingga menjadi teks rekaman percobaan yang urut dan logis! Kalimat-kalimat yang kamu gabung itu sesuai dengan bagian struktur teks rekaman percobaan, yaitu tujuan serta alatdan bahan^langkah-langkah^hasil^simpulan Agar keterkaitan di antara kalimat-kalimat dalam setiap bagian itu tampak, kamu harus menggunakan konjungsi antarkalimat yang tepat.
  4. Agar teks yang kamu susun itu penggunaan bahasanya sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, cermati dan teliti kembali hasil karyamu itu! Kamu dapat menggunakan buku Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai acuan
  5. Setelah teks rekaman percobaan hasil kerja kelompokmu selesai, minta guru atau temanmu untuk membacanya, kemudian minta saran perbaikan dari mereka!
  6. Perbaiki teks hasil kerjamu itu sesuai dengan saran dan masukan guru! Kemudian, masukkan pada format penulisan seperti berikut!.
Baterai Alami dari Kulit Pisang
StrukturKalimat
Tujuan serta
alat dan bahan
Energi listrik merupakan salah satu dari sekian banyak energi yang memegang peranan penting dalam kehidupan. Penggunaan energi listrik di dunia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Sementara itu, suplai energi listrik yang bersumber dari minyak bumi, gas alam, dan batu bara memiliki keterbatasan. Ada banyak sumber energi alternatif yang dapat dihasilkan dari bahan limbah salah satunya energi yang dihasilkan dari limbah kulit pisang. Dengan demikian ada sebuah energi listrik alternatif yang dapat dikembangkan di kemudian hari. Berikut adalah percobaan tentang kelistrikan yang dapat kamu coba di rumah.
kulit pisang

Alat dan Bahan yang Diperlukan
  1. Kulit pisang
  2. Baterai bekas 
  3. Pisau 
  4. Voltmeter
Langkah-langkahLangkah-langkah Pembuatan
  1. Potong kulit pisang menjadi sekecil mungkin
  2. Buka tutup baterai (+) menggunakan tang, hati-hati batang karbon jangan sampai patah
  3. Keluarkan semua isi karbon, pembatas antara positif dan negative jangan sampai robek atau rusak
  4. Masukan kulit pisang yang sudah di potong-potong dan tutup kembali tutup baterai dengan rapi
  5. Cek aliran listrik menggunakan voltmeter, apabila voltmeter bergerak menunjukan adanya aliran listrik pada baterai maka percobaan anda berhasil.
HasilSetelah langkah-langkah terlaksana, kini kamu memiliki salah satu energi alternatif. Jika terus dikembangkan, energi alternatif ini tidak menutup kemungkinan menjadi energi yang dapat digunakan di masa yang akan datang.
SimpulanDi dalam kulit pisang mengandung beberapa mineral yang dapat berfungsi sebagai elektrolit. Kulit pisang dapat digunakan sebagai pengganti serbuk karbon pada baterai karena kulit pisang mengandung mineral yang bersifat elektrolit.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:44 PM

1 komentar:

  1. kalimat yang menunjukkan dARI TUJUAN TEKS REKAMAN PERCOBAAN ITU YANG MANA?

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....