Home » » Menyusun Teks Rekaman Percobaan Membuat Es Krim

Menyusun Teks Rekaman Percobaan Membuat Es Krim

Menyusun teks rekaman percobaan pada bagian ini menggunakan tugas berbasis proyek. Pembelajaran berbasis proyek atau tugas adalah metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam pengumpulan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata. Pembelajaran berbasis proyek/tugas (project-based/task learning) membutuhkan suatu pendekatan pengajaran komprehensif di mana lingkungan belajar siswa didesain agar siswa dapat melakukan penyelidikan terhadap masalah-masalah autentik termasuk pendalaman materi dari suatu topik mata pelajaran, dan melaksanakan tugas bermakna lainnya. Pendekatan ini memperkenankan siswa untuk bekerja secara mandiri dalam mengkostruksikannya dalam produk nyata (Buck Institue for Eduction, 2001).

Pada bagian ini akan dipelajari hal-hal yang berkaitan dengan penyusunan teks rekaman percobaan yang berbasis pada proyek. Pada bagian ini diharapkan dapat menyusun sebuah teks rekaman percobaan berdasarkan pengamatan/observasi yang dilakukan sendiri. Jika merasa kesulitan, silahkan tanyakan kepada teman atau guru mengenai tugas proyek ini. Sesuaikan tugas proyek ini dengan situasi dan kondisi yang ada dilingkunganmu. Untuk dapat mengerjakan tugas menyusun teks rekaman percobaan perhatikan kerangka tugas proyek di bawah ini dengan baik. Berikut ini adalah kerangka proyek menyusun teks rekaman percobaan tersebut.

Tugas Penyusunan Teks Rekaman Percobaan Berbasis Proyek
No.Jenis InformasiKeterangan
1.Nama Siswa-
2.KelasIX-3
3.Judul/Topik proyekPenyusunan teks rekaman percobaan membuat es krim
4.Jenis TugasTugas Mandiri
5.Sumber bahanMedia massa, majalah, koran, internet, wawancara
6.Cara pengumpulan bahanStudi kepustakaan dan studi lapangan
7.Cara analisis bahanPengolahan data/fakta/informasi menjadi pernyataan verbal berupa :
  1. penyusunan kalimat topik pada setiap struktur bagian teks,
  2. pengembangan kalimat topik dengan kalimat pengembang,
  3. penyusunan paragraf yang sesuai dengan struktur teks tanggapan kritis,
  4. penyuntingan kalimat yang disesuaikan dengan unsur kebahasan teks tanggapan kritis,
  5. penggabungan paragraf menjadi teks tanggapan kritis yang padu.
8.Wujud hasil analisisTeks rekaman percobaan sesuai dengan urutan struktur dan penggunaan unsur bahasa yang tepat
9.Cara pelaporanTulis dan publikasi
10.Jadwal pelaksanaanTiga minggu
a. Minggu I : pengumpulan data
b. Minggu II : pengolahan data
c. Minggu III : pelaporan, penyusunan teks, dan publikasi

Berdasarkan desain rancangan proyek yang sudah disusun tersebut, susunlah teks rekaman percobaan yang urut dan logis. Ingat, harus menerapkan penggunaan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang berlaku. Buatlah hasil kerjamu itu dalam bentuk format seperti berikut!

Percobaan Membuat Es Krim
StrukturKalimat
Tujuan serta
alat dan bahan
Es krim adalah sejenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau campuran susu, lemak hewani maupun nabati, gula, dan dengan atau tanpa bahan makanan lain yang diizinkan. Es krim dibuat dengan cara pencampuran, pasteurisasi, homoginasi, pendinginan, penuaan, pembekuan, dan pengerasan. Es krim mempunyai nilai protein tinggi selain vitamin dan mineral. Kandungan kalori yang tinggi dalam es krim, diperoleh dari tingginya kadar kemanisan es krim karena penambahan gula. Ada salah satu jenis makanan yang dapat dikembangkan di kemudian hari yaitu es krim. Berikut adalah percobaan tentang cara membuat es krim yang dapat kamu coba di rumah.
alat dan bahan

Sebelum melakukan percobaan persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang digunakan. Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini diantaranya:
  1. Wajan
  2. Kompor
  3. Pengaduk
  4. Mixer
  5. Alat pendingin
  6. Susu
  7. Gula pasir/putih
  8. Kuning telur
  9. Tepung maizena
  10. Slagroom of whip (plumprose of whip cream)
Langkah-langkahSetelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah pembuatan berikut ini!
  1. Gula pasir dan susu dimasak sampai susu tersebut mencapai suhu 70°C
  2. Tepung maizena dicampurkan ke dalam sedikit air hangat dan diaduk sehingga tepung menjadi hancur.
  3. Kemudian larutan ini dituangkan ke dalam susu panas dan dipanaskan lagi. Pengadukan terus dilakukan sehingga adonan merata. Pemasakan dilakukan kira-kira selama 2-3 jam kemudian diangkat
  4. 5 butir kuning telur yang tersedia dikocok dengan menggunakan alat pongocok (mixer) ataupun garpu, serta dicampur dengan slaagroom of whip. Setelah adonan telur merata dimasukkan ke dalam adonan susu sambil diaduk-aduk
  5. Campurkan kedua adonan tersebut, tambahkan daging buah durian, aduk-aduk lalu masukan pada wadah tempat es, lalu masukkan ke dalam ruang pendingin (freezer) hingga mengeras
HasilSetelah melalui langkah-langkah percobaan diperoleh hasil es krim yang memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut. Rasa durian yang menyegarkan di dalam Es cream hasil percobaan tersebut. Jika dikembangkan es krim tidak menutup kemungkinan menjadi makanan yang bisa dijual dan menghasilkan uang.
SimpulanBerdasarkan percobaan yang dilakukan, kini kamu dapat membuat es krim sendiri. Untuk menghasilkan es krim dilakukan pencampuran, pasteurisasi, homoginasi, pendinginan, penuaan, pembekuan, dan pengerasan. Es krim yang dihasilkan memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa durian yang kuat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....