Home » » Mengklasifikasi Teks Tantangan

Mengklasifikasi Teks Tantangan

Supaya dapat memahami dan menangkap makna teks tantangan “Kebijakan Mobil Murah" dengan baik dapat dilakukan dengan cara mengklasifikasi teks tantangan tersebut. Klasifikasi teks tantangan dilakukan dengan cara mengklasifikasi kata atau frasa dalam teks tersebut dan memahami kata-kata sulit yang ada di dalam teks serta menggunakan katakata sulit itu ke dalam kalimat atau paragraf. Di samping bisa memahami kata-kata sulit yang ada di dalam teks, diharapkan juga dapat mengklasifikasi data yang ada di dalam teks tersebut. Perlu diketahui bahwa teks terdiri atas sekumpulan data dan informasi yang membangun teks tersebut.

Berdasarkan strukturnya teks tantangan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu isu, argumen, dan simpulan. Isu atau masalah berisi pernyataan tentang topik yang akan dibantah. Biasanya, isu atau masalah ini berisi tentang hal-hal kontroversial yang berkembang di masyarakat atau media massa. Argumen berisi rangkaian bukti atau alasan untuk mendukung bantahan. Untuk memperkuat argumen, perlu disajikan data-data yang mendukung argumen tersebut. Simpulan berisi pernyataan yang menegaskan bantahan. Dalam setiap struktur teks tersebut terdapat beberapa kata sulit dan data yang perlu dicermati dan kemudian diklasifikasikan.
mobil murah
Sebelum melakukan klasifikasi silahkan baca dengan seksama teks tantangan berjudul "Kebijakan Mobil Murah" di bawah ini.

Kebijakan Mobil Murah
StrukturKalimat
Isu (masalah)Pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah. Mobil ini, rencananya, akan dioperasionalkan di wilayah perdesaan, Di samping murah, mobil ini dirancang ramah lingkungan. Supaya bisa berjalan dengan baik, pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi pembelii mobil yang ramah lingkungan.
Argumen
menentang
Menurut berbagai kalangan, munculnya mobil murah dan ramah lingkungan adalah contoh kebijakan yang tidak dibahas secara komprehensif. Akhirnya, kebijakan itu dapat menimbulkan masalah. Awalnya, usul mobil murah itu dilontarkan tim pemerintah setelah studi banding ke India. Gagasannya adalah pemerintah membuat mobil murah untuk kawasan perdesaan. Namun, kini mobil yang muncul adalah mobil-mobil kecil yang bentuknya lebih mirip city car.
Argumen
menentang
Tidak mustahil, menurut berbagai kalangan, keberadaan mobil murah dan ramah lingkungan akan semakin meningkatkan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Ujung-ujungnya, beban pemerintah untuk membeli minyak dari luar negeri semakin meningkat. Hal itu akan berujung pada beban rakyat. Dengan demikian, kita perlu berhitung-hitung, apakah kebijakan ini menguntungkan rakyat atau tidak?
SimpulanSebagai gantinya, pemerintah diminta memikirkan kebijakan strategis yang lain. Pakar transportasi menyarankan bahwa pemerintah lebih baik membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

Klasifikasi Kata Sulit
Di teks tantangan berjudul "Kebijakan Mobil Mewah" terdapat beberapa kata sulit yang perlu dicari definisinya. Untuk dapat mendefinisikan kata-kata sulit tersebut dibutuhkan Kamus Besar Bahasa Indonesia sehingga definisi yang diberikan benar-benar tepat. Setelah itu susunlah kalimat yang menggunakan kata-kata sulit tersebut. Beberapa kata sulit dalam teks tersebut antara lain sebagai berikut.
No.Kata-Kata SulitDefinisiContoh dalam Kalimat
1.pemerintahSekelompok orang yang secara bersamasama memikul tanggung jawab terbatas untuk menggunakan kekuasaanPemerintah akan memberi beasiswa kepada siswa yang berprestasi
2.insentiftambahan penghasilan (uang, barang, dan sebagainya) yang diberikan untuk meningkatkan gairah kerja;Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Samarinda membenarkan insentif guru swasta dan guru pendidikan formal belum cair.
3.komprehensifluas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi);Guru dapat mengajarkan kepada siswa pembelajaran komprehensif yaitu mengenai pengembangan Kererampilan hidup.
4.studi bandingkonsep belajar yang dilakukan di lokasi dan lingkungan berbeda.Saya terkejut ketika mendengar sejumlah anggota DPR studi banding ke Vatikan, untuk apa mereka kesana? 
5.city carmobil kecil yang diperuntukkan untuk penggunaan di dalam kotaDari jenis city car yang banyak beredar di Indonesia, ada 7 mobil hatchback yang dibanderol dengan harga selangit.
6.subsidibantuan uang dan sebagainya kepada yayasan, perkumpulan, dan sebagainya (biasanya dari pihak pemerintah):Kita berusaha supaya project yang untung bisa jauh lebih besar dari project yang rugi. Inilah yang disebut subsidi silang dalam bisnis.
7.kebijakanrangkaian konsep dan asas yang menjadi garis besar dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak (tentang pemerintahan, organisasi, dan sebagainya);Doktrin maritim harus didukung dengan kebijakan politik yang berupa penerbitan undang-undang kemaritiman atau kelautan untuk mengikat semua komponen bangsa.
8.strategisberhubungan, bertalian, berdasar strategi;Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan lingkup wilayah kepentingan strategis Indonesia yang sangat luas.
9.infrastrukturprasaranaMenteri PUPR menyambut baik usul Menkes dan akan mensinergikan dengan pembagunan infrastruktur hingga tahun 2019.
10.transportasipengangkutan barang oleh berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kemajuan teknologi;Menurut tempat bergeraknya, alat transportasi dibagi tiga yaitu, alat transportasi darat, laut, dan udara.

Klasifikasi Data
Di samping bisa memahami kata-kata sulit yang ada di dalam teks, juga dapat dilakukan klasifikasi data di dalam teks tersebut. Perlu diketahui bahwa teks terdiri atas sekumpulan data dan informasi yang membangun teks tersebut. Untuk itu, pada bagian ini Anda didiminta mengamati data yang ada di dalam teks “Kebijakan Mobil Murah”. Temukan data apa saja yang ada di dalam teks tersebut, kemudian tentukan pula pada kalimat mana sumber data yang kamu temukan itu. Untuk memudahkan pekerjaanmu, kamu dapat menyimak contoh pada tabel berikut.
No.DataSumber Data dalam KalimatStruktur Teks
1.Pemerintah,  mengeluarkan
kebijakan, pengadaan mobil murah
Pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah.isu (masalah)
2.Mobil, dioperasionalkan, wilayah perdesaanMobil ini, rencananya, akan dioperasionalkan di wilayah perdesaan,
3.Murah, ramah lingkunganDi samping murah, mobil ini dirancang ramah lingkungan.
4.Pemerintah, insentif pajakSupaya bisa berjalan dengan baik, pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi pembelii mobil yang ramah lingkungan.
5.Berbagai kalangan, mobil murah, ramah lingkungan, kebijakan, komprehensifMenurut berbagai kalangan, munculnya mobil murah dan ramah lingkungan adalah contoh kebijakan yang tidak dibahas secara komprehensif.Argumen menentang
6.Kebijakan , masalah.Akhirnya, kebijakan itu dapat menimbulkan masalah.
7.Mobil murah, tim pemerintah, studi banding, IndiaAwalnya, usul mobil murah itu dilontarkan tim pemerintah setelah studi banding ke India.
8.Gagasan, pemerintah, mobil murah, pedesaanGagasannya adalah pemerintah membuat mobil murah untuk kawasan perdesaan.
9.Mobil, mobil kecil, kendaraan, teknologiNamun, kini mobil yang muncul adalah mobil-mobil kecil yang bentuknya lebih mirip city car.
10.Mobil murah, ramah lingkungan, subsidi, bahan bakar minyakTidak mustahil, menurut berbagai kalangan, keberadaan mobil murah dan ramah lingkungan akan semakin meningkatkan subsidi bahan bakar minyak (BBM).
11.Pemerintah, minyak, luar negeriUjung-ujungnya, beban pemerintah untuk membeli minyak dari luar negeri semakin meningkat.
12.Beban rakyat, kebijakanHal itu akan berujung pada beban rakyat. Dengan demikian, kita perlu berhitung-hitung, apakah kebijakan ini menguntungkan rakyat atau tidak?
13.Pemerintah, kebijakan strategisSebagai gantinya, pemerintah diminta memikirkan kebijakan strategis yang lain.Simpulan
14.Pakar transportasi, infrastruktur transportasi, negara kepulauanPakar transportasi menyarankan bahwa pemerintah lebih baik membangun infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:22 PM

3 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.