Home » » Mengidentifikasi Teks Baterai Alami dari Kentang

Mengidentifikasi Teks Baterai Alami dari Kentang

Identifikasi teks rekaman percobaan dapat dilakukan melalui unsur kebahasaan yang menjadi ciri teks rekaman percobaan. Seperti diketahui bahwa seluruh jenis teks mengandung unsur kebahasaan dalam struktur pembentuknya. Begitu pula dengan teks rekaman percobaan. Unsur kebahasaan dalam teks rekaman percobaan hampir serupa dengan unsur kebahasaan dalam teks prosedur. Jika kamu masih ingat, unsur-unsur kebahasaan dalam teks prosedur, antara lain sinonim, antonim, dan kata bilangan. Begitu pula dengan teks rekaman percobaan, terdapat penggunaan kata bilangan atau numeralia.

Kata bilangan atau numeralia adalah kata yang dipakai untuk menghitung banyaknya benda (orang, binatang, atau barang). Pada tugas bagian ini akan mempelajari penggunaan angka dalam teks rekaman percobaan. Namun, sebelumnya baca dan cermatilah teks yang berjudul “Baterai Alami dari Kentang”, kemudian tentukanlah bagian yang merupakan tujuan, bagian mana yang merupakan langkah-langkah, bagian yang merupakan hasil, dan bagian mana yang merupakan simpulan. Perhatikan teks rekaman percobaan yang berjudul Baterai Alami dari Kentang di bawah ini.

Baterai Alami dari Kentang
StrukturKalimat
Tujuan serta
alat dan bahan
Pernahkah kamu mengalami mati lampu di rumah? Rasanya tidak enak jika harus beraktivitas dalam kegelapan. Selama ini listrik yang kamu gunakan masih menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Suatu saat sumber energi itu akan habis. Oleh karena itu, sebuah energi alternatif sangat diperlukan untuk menghindari krisis energi. Percayakah kamu jika alam ini sebenarnya memiliki banyak sumber energi? Ada sebuah energi listrik alternatif yang dapat dikembangkan di kemudian hari. Berikut adalah percobaan tentang kelistrikan yang dapat kamu coba di rumah.
baterai kentang
Alat dan Bahan yang Diperlukan
  1. Kentang
  2. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil juga bisa)
  3. Kabel
  4. Penjepit buaya
  5. Lempengan tembaga
  6. Lempengan seng
  7. Untuk pengganti tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam
Langkah-langkahLangkah-langkah Pembuatan
  1. Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang dengan jarak beberapa mili/senti (jangan disatukan)!
  2. Jepitkan kabel pada tiap-tiap lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu!
  3. Perhatikan nyala lampu yang terjadi! Jika nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik! Jika lampu tidak menyala juga, silakan tambah kentang tersebut agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar!
HasilSetelah langkah-langkah terlaksana, kini kamu memiliki salah satu energi alternatif. Jika terus dikembangkan, energi alternatif ini tidak menutup kemungkinan menjadi energi yang dapat digunakan di masa yang akan datang.
SimpulanLampu tersebut dapat menyala karena adanya arus listrik yang mengalir. Seperti halnya baterai lampu senter, kentang dan lempengan-lempengan itu pun menghasilkan arus listrik walaupun sangat lemah. Getah kentang mempengaruhi logam-logam itu secara kimiawi layaknya larutan elektrolit dalam aki. Oleh karena itu, susunan seperti ini disebut elemen galvani karena yang pertama kali mengamati proses ini dalam eksperimen ialah seorang dokter dari Italia bernama Galvani.
Sumber: https://www.bersosial.com/threads/cara-membuat-baterai-alami-dari-kentang.6884/

Pada bagian langkah-langkah berisi tentang langkah-langkah yang dilakukan dalam percobaan membuat listrik alami dari kentang. Jika diamati, langkah tersebut runut sesuai dengan angka yang tertera. Penggunaan angka ini menandakan keruntutan sebuah langkah atau cara dari sebuah percobaan. Penggunaan angka yang lazim digunakan dapat dibedakan menjadi dua, yakni angka arab dan romawi.  Angka arab, antara lain 0, 1, 2, 3, dan seterusnya, sedangkan angka romawi, antara lain I, II, III, dan seterusnya seperti pada contoh di bawah ini.

Angka ArabAngka Romawi
Setelah alat dan bahan siap, ikuti langkah-langkah.Setelah alat dan bahan siap, ikuti langkah-langkah berikut.
1.Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air.I.Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air.
2.Aduk air dan jus lemon dengan sendok!II.Aduk air dan jus lemon dengan sendok!
3.Celupkan cottonbud ke dalam campuran dan tulislah pesan di atas kertas putih!III.Celupkan cottonbud ke dalam campuran dan tulislah pesan di atas kertas putih!
4.Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat!IV.Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat!
5.Untuk membaca pesan rahasia yang kamu tuliskan atau ingin memperlihatkannya ke orang lain, kamu dapat melakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dekat bola lampu!V.Untuk membaca pesan rahasia yang kamu tuliskan atau ingin memperlihatkannya ke orang lain, kamu dapat melakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dekat bola lampu!

Buatlah urutan langkah-langkah percobaan dengan menggunakan angka arab dan romawi (membuat baterai dari kulit pisang). Kemudian, masukkan ke dalam format tabel berikut!
Angka ArabAngka Romawi
Setelah alat dan bahan siap, ikuti langkah langkah.Setelah alat dan bahan siap, ikuti langkah-langkah berikut.
1.Potong kulit pisang menjadi sekecil mungkinI.Potong kulit pisang menjadi sekecil mungkin
2.Buka tutup baterai (+) menggunakan tang, hati-hati batang karbon jangan sampai patah.II.Buka tutup baterai (+) menggunakan tang, hati-hati batang karbon jangan sampai patah.
3.Keluarkan semua isi karbon, pembatas antara positif dan negative jangan sampai robek atau rusakIII.Keluarkan semua isi karbon, pembatas antara positif dan negative jangan sampai robek atau rusak
4.Masukan kulit pisang yang sudah di potong-potong dan tutup kembali tutup baterai dengan rapiIV.Masukan kulit pisang yang sudah di potong-potong dan tutup kembali tutup baterai dengan rapi
5.Cek aliran listrik menggunakan voltmeter, apabila voltmeter bergerak menunjukan adanya aliran listrik pada baterai maka percobaan anda berhasil.V.Cek aliran listrik menggunakan voltmeter, apabila voltmeter bergerak menunjukan adanya aliran listrik pada baterai maka percobaan anda berhasil.

Dalam teks rekaman percobaan “Baterai Alami dari Kentang” ternyata terdapat istilah-istilah yang mungkin jarang digunakan. Identifikasilah teks tersebut! Kemudian, carilah makna kata dan istilah itu menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
No.Kata-kata SulitMakna
1.energikemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika);
2.alternatifpilihan di antara dua atau beberapa kemungkinan:
3.getahzat cair pekat dari batang kayu, buah-buahan, dan sebagainya yang bersifat melekat:
4.elektrolitsenyawa yang larutannya merupakan penghantar arus listrik
5.eksperimenpercobaan yang bersistem dan berencana (untuk membuktikan kebenaran suatu teori dan sebagainya)

Kalimat Utama
Kalimat utama dalam setiap paragraf pada teks rekaman percobaan “Baterai Alami dari Kentang”. Untuk memudahkanmu menemukan kalimat utama dalam teks rekaman percobaan “Baterai Alami dari Kentang”, di bawah ini ditampilkan kolom kalimat utama yang sudah diisi yang dapat kamu jadikan contoh!
No.ParagrafKalimat Utama
1.Paragraf 1Ada sebuah energi listrik alternatif yang dapat dikembangkan di kemudian hari, berikut ini adalah percobaan tentang kelistrikan yang dapat dicoba di rumah.
2.Paragraf 2Alat dan Bahan yang Diperlukan
3.Paragraf 3Langkah-langkah Pembuatan
4.Paragraf 4Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang dengan jarak beberapa mili/senti (jangan disatukan)!
5.Paragraf 5Jepitkan kabel pada tiap-tiap lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu!
6.Paragraf 6Perhatikan nyala lampu yang terjadi! 
7.Paragraf 7Jika terus dikembangkan, energi alternatif ini tidak menutup kemungkinan menjadi energi yang dapat digunakan di masa yang akan datang.
8.Paragraf 8Lampu tersebut dapat menyala karena adanya arus listrik yang mengalir.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:01 PM

4 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.