Home » » Jenis dan Gaya Bernyanyi Lagu Modern Indonesia

Jenis dan Gaya Bernyanyi Lagu Modern Indonesia

Musik modern diidentikan dengan ditambahkananya sentuhan teknologi yang lebih maju dan penggunaan alat musik yang modern untuk mengiringi sebuah lagu.Selain itu musik modern juga dairtikan sebagai musik yang berkembang dan populer di masyarakat luas saat ini. Musik modern modern Indonesia tidak lahir dari tradisi suatu masyarakat tertentu, tetapi musik ini di bangun berdasarkan suatu aturan komposisi yang jelas, seperti sistem notasi, tangganada, tekstur, dan istrumen yang telah dikenal luas dan mudah dipelajari. Selain itu musik modern bersifat terbuka, artinya komposisi dan gaya musik ini sangat dipengaruhi oleh berbagai pengalaman musikal para musisi dari suatu masa. Beberapa musik modern di Indonesia antara lain sebagai berikut.

1. Lagu Pop
Jenis lagu pop merupakan jenis lagu yang memiliki banyak penggemar karena lagu ini sangat mudah diterima oleh masyarakat luas pada umumnya. Lagu pop di Indonesia disajikan oleh penyanyi solo, grup band, boy band, dan girl band. Tema lagu pop biasanya tentang kejadian sehari-hari yang dirangkai dengan melodi dan lirik yang mudah dipahami atau easy listening. Dalam menciptakan lagu pop biasanya pencipta lgau tertarik untuk mengangkat tema-tema yanga sedang menjadi pembicaraan oleh masyarakat luas sehingga diharapkan nantinya karya lagunya melejit. Beberapa contoh penyanyi pop dan lagunya antara lain sebagai berikut.
musik modern
No.Artis/PenyanyiSoloBandGrup VokalJudul Lagu
1.Isyana Saraswati--Tetap dalam Jiwa
2.Noah--Menunggumu 
3.Utopia--Rasaa Ini Indah
4.Raisa--Jatuh Hati
5.Aliando Syarief--Kau Terindah
6.Iwan Fals feat Noah--Yang Terlupakan
7.Sheila on Seven--Lapang Dada
8.Irwansyah--My Heart
9.Seventeen--Saat Kau Temukan Aku
10.Republik--Sudah Cukup

Lagu Jazz
Pendengar lagu-lagu Jazz tidak terlalu banyak, dan biasanya dari kalangan ekonomi menengah ke atas mungkin karena lagu jenis ini biasanya dimainkan di caffe atau tempat makan menengah ke atas. Biasanya karakter vokal lagu jenis ini berkarakter berat dan harmonisasinya terdengar rumit. Memiliki tonalitas yang luas dan sering terjadi modulasi atau perpindahan tangga nada dalam sebuah lagu. Ritme dan melodinya juga memiliki kecenderungan sering berimprovisasi. Beberapa penyanyi Jazz Indonesia antara lain sebagai berikut.
No.Artis/PenyanyiSoloBandGrup VokalJudul Lagu
1.Hivi!--Siapkah Kau Tuk Jatuh Cinta Lagi
2.Tompi--Menghujam Jantungku
3.Yuka--Cinta
4.Soulvibe--Gerangan Cinta
5.BLP--Menunggu feat Glenn Fredly
6.Ermy Kulit--Pasrah
7.Maliq and D'Esential--Dunia Sekitar
8.Andien--Lat It Be My Way
9.Tulus--Jangan Cintai Aku Apa Adanya
10.Syaharani--I Love You Selamanya

3. Lagu Rock
Jenis lagu rock identik dengan suara yang kencang dengan permainan efek gitar yang menggelegar, bass drum yang dimainkan dengan tempo yang cepat dan masa pendengarnya yang ekspresif. Lirik yang dinyanyikan dalam lagu rock bersifat ekspresif dan mengajak pendengarnya selalu bersemangat. Beberapa penyanyi rock Indonesia antara lain sebagai berikut.
No.Artis/PenyanyiSoloBandGrup VokalJudul Lagu
1.God Bless--Rumah Kita
2.Nicky Astria--Jangan Ada Angkara
3.Jamrud--Selamat Ulang Tahun
4.Boomerang--Kisah
5.Edane--Kupikir kaulah Segalanya
6.Netral--Walah
7.Seurius--Apanya Dong
8.Kotak--Aku Percaya Pilihanku
9.Slank--Restart Hati
10.Anggun C. Sasmi--Mimpi

4. Lagu Dangdut
Musik dangdut merupakan musik yang pendengarnya berasal dari semua kalangan masyarakat Indonesia. Lagu yang biasanya diiringi kendang dan seruling ini terdengar mengalun dan mengajak orang untuk mendengarnya dan bergoyang. Setiap penyanyi memiliki ciri dan gaya jogetnya. Berikut ini beberapa penyanyi dangdut dan goyangannya.
No.Artis/PenyanyiGaya Joget di PanggungJudul Lagu
BerlebihanSedangBiasa
1.Inul Daratista--Anoman Obong
2.Saskia Gotic--Bebek Ngambang
3.Dewi Persik--Mimpi Manis
4.Trio Macan--Iwak Peyek
5.Cita Citata--Sakitnya Tuh Di Sini
6.Rido Roma--Menunggu
7.Ayu Ting Ting--Sambalado
8.Siti Badriah--Bara Bere
9.Risky - Rido--Kembalilah Padaku
10.Manis Manja--Aduh Buyung

Gaya Bernyanyi Lagu Modern
Menyanyikan lagu modern memiliki keluwesan gaya menyanyi jika dibandingkan dengan lagu tradisional. Gaya menyanyi lagu modern pada dasarnya tidak terlalu banyak aturan, hanya sebatas penguasaan teknik vokal dan pembiasaan mengikuti irama lagunya. Seorang yang jarang mendengarkan lagu dangdut tentu akan kesulitan untuk menyanyikan cengkok lagu dangdut. 

Begitu juga dengan jenis musik yang lain misalnya saja lagu jazz akan mudah diikuti apabila telinga penyanyinya terbiasa mendengarkan harmoni lagu-lagu jazz. Untuk lagu rock sang penyanyi memang harus powerful dan ekspresif karena kebanyakan lagu rock memiliki irama musik yang bersemangat. Lagu pop biasanya dinyanyikan dengan lebih santai dan tidak menonjol, penyanyi pop biasanya tampil dengan gaya yang disesuaikan dengan tema lagu dan tidak berlebihan. Bernyanyi lagu apapun seharusnya menampilkan mimik muka dan ekspresi yang sesuai dan mewakili makna lirik yang dibawakan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:01 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....