Home » » Contoh Negara Maju di Dunia

Contoh Negara Maju di Dunia

Negara-negara di dunia dapat dikelompokkan menjadi negara maju (developed countries), negera berkembang (developing countries), dan negara miskin (less developed countries). Kelompok negara-negara maju seringkali diidentikkan dengan negara yang perkembangan ekonomi dan teknologinya sangat pesat. Namun, sebenarnya aspek sosial budaya juga menunjukkan perbedaan dengan kelompok negara yang belum maju. Sejumlah negara maju di dunia tidak memiliki modal sumber daya alam yang memadai. Kualitas sumber daya manusia menjadi modal utama mereka untuk menjadi negara maju. Namun demikian, ada juga negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusianya.

Sejumlah negara maju tersebar di berbagai benua. Sebagian besar negara maju berada di Amerika Utara dan Eropa. Di Asia yang termasuk negara maju adalah Jepang, Singapura, dan Korea Selatan. Negara yang memiliki kemajuan cukup pesat dalam bidang ekonomi adalah Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan Jepang. Di samping beberapa negara maju juga terdapat beberapa negara berkembang yang terdapat di benua Asia dan benua Afrika. Beberapa perbedaan antara negara maju dan negara berkembang antara lain sebagai berikut.

No.Ciri – Ciri Negara MajuNoCiri – Ciri Negara Berkembang
1.Pendapatan per kapita tinggi , taraf hidup tinggi1.Pendapatan per kapita rendah sampai menengah
2.Ekspor utama barang sekunder (manufaktur) dan jasa2.Ekspor utama produksi primer(hasil pertanian,kehutanan, dan pertambangan
3.Jumlah penduduk yang tinggal di kota lebih besar dibandingan yang tinggal di desa3.Penduduk lebih banyak yang tinggal di desa
4.Mmata pencaharian penduduk dibidang industri dan jasa4.Mata pencaharian penduduk di bidang agraris/pertanian
5.Pertumbuhan penduduk sangat rendah5.Pertumbuhan penduduk sedang sampai tinggi
6.Angka harapan hidup tinggi6.Angka harapan hidup rendah sampai menengah
7.Angka kelahiran rendah7.Angka kelahiran tinggi
8.Tingkat produktivitas penduduk tinggi8.Tingkat produktivitas penduduk rendah
9.Angka pengangguran rendah9.Angka pengangguran tinggi
10.Tidak bergantung pada luar negeri10.Ketergantungan pada luar negeri tinggi

Beberapa negara maju yang ada di dunia antara lain sebagai berikut.
peta jepang
Peta Negara Jepang
1. Jepang
StrukturDeskripsi
LokasiJepang terletak di barat laut Samudera Pasifik. Negara ini berbatasan di sebelah barat dengan Korea Utara dan Korea Selatan, Rusia, dan China. Di sebelah utara, timur, dan selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik.
Keadaan Alam
  1. Jepang terdiri atas empat pulau besar yaitu Hokkaido (78.513 km), Honshu (230.822 km), Kyushu (42.030 km), dan Shikoku (18.782 km). 
  2. Luas keseluruhan Jepang mencapai 377.835 km2.
  3. Jepang terletak di bagian cincin api yang terdiri atas banyak gunung api. Salah satu diantaranya merupakan yang tertinggi di Jepang, yaitu Gunung Fuji (3.776 m).
  4. 67% wilayah Jepang masih merupakan hutan, jenis tumbuhan yang dapat dijumpai di antaranya adalah pohon ek, kapur barus, bambu, maple, birch, beech, dan poplar
Sumber Daya Alam
  1. Hasil tambang berupa batu bara (kualitas rendah), timah, seng, mangan, tungsten, antimoni, dan krom, dan minyak bumi di Honshu Utara.
  2. Sumber daya mineral yang cukup terpenuhi adalah belerang  karena di Jepang banyak terdapat gunung api.
  3. Hasil pertanian diantaranya kentang dan tanaman sayuran seperti lobak, kol, ketimun, tomat, selada, bayam, wortel. Tanaman buah-buahan seperti jeruk dan apel juga ditanam.
Keadaan Sosial dan Budaya
  1. Beberapa kota tumbuh sangat pesat dan menjadi kota besar seperti Tokyo (36.507 juta jiwa), Osaka-Kobe (11.325 juta jiwa), Nagoya (3.257 juta jiwa), Fukuoka-Kitakyushu (2.809 juta jiwa), Sapporo (2.673 juta jiwa) (2009). 
  2. Penduduk Jepang terdiri atas beberapa etnik, tetapi yang dominan adalah etnik Jepang (98,5%), Korea (0,5%), China (0,4%), dan yang lainnya (0,6%).
  3. Agama yang dianutnya terdiri atas Shinto (83,9%), Buddha (71,4%), Kristen (2%) dan yang lainnya (7,8%).
  4. Negeri dengan jumlah penduduk 127,3 juta jiwa (WPDS, 2013) atau terbesar ke-10.
  5. Prinsip Bushido merupakan semangat bekerja keras tak kenal lelah dalam belajar dan bekerja.
  6. Prinsip Samurai yang mengajarkan tentang harga diri dan tak kenal menyerah.
  7. Budaya Keishan yaitu kerja yang kreatif dan inovatif menurut kesungguhan, kerajinan, minat, dan keyakinan dalam bekerja.
  8. Prinsip Kai Zen yaitu menekankan pentingya tepat waktu dalam bekerja.
  9. Pada tahun 2013, usia harapan hidup penduduk Jepang mencapai 86 tahun untuk wanita dan 79 tahun untuk pria atau jika keduanya digabung mencapai 83 tahun (WPDS, 2013).
  10. Pertumbuhan penduduk Jepang -0,1%, berarti setiap tahun terjadi penurunan jumlah penduduk sebesar 0,1%.
Hubungan dengan Indonesia
  1. Indonesia merupakan eksportir terbesar ke-7 ke Jepang dan Jepang merupakan investor asing terbesar di Indonesia.
  2. Jepang pernah menjajah Indonesia pada tahun 1942-1945.
  3. Hubungan kedua negara terjalin secara resmi tahun 1958 melalui perjanjian kerjasama damai.
  4. Jumlah mahasiswa Indonesia di Jepang mencapai sekitar 3.000 orang. Jepang juga membantu Indonesia dalam pengembangan infrastruktur dan bantuan sosial seperti bantuan penanganan korban bencana alam.

2. Amerika Serikat
StrukturDeskripsi
LokasiAmerika Serikat terletak di benua Amerika Utara. Negara ini berbatasan di sebelah  barat dengan  Samudra Atlantik di sebelah timur serta Meksiko, Teluk Meksiko, dan Kuba di sebelah selatan. Amerika Serikat atau dikenal dengan nama Negeri Paman Sam merupakan negara federal denga 50 negara bagian.
Keadaan Alam
  1. Amerika Serikat terdiri atas rangkaian dua pegunungan besar, yaitu Pegunungan Rocky (Rocky Mountain) di bagian barat
  2. dan Pegunungan Applachia di bagian timur.
  3. Sungai Missisipi (3.734 km) merupakan sungai terpanjang kedua di Amerika Serikat setelah Sungai Missouri (3.768 km).
  4. Danau besar tersebut adalah Danau Michigan, Danau Huron, Danau Superior, Danau Eire, dan Danau Ontario.
Sumber Daya Alam
  1. Batu bara (27% cadangan dunia), minyak bumi, tembaga, phospat timah, dan besi.
  2. Panjang pantai Amerika mencapai 95.471 mil
Keadaan Sosial dan Budaya
  1. Pada tahun 2013, penduduk Amerika Serikat mencapai 316,2 juta jiwa (WPDS, 2013). 
  2. Penduduk asli Amerika Serikat adalah suku Indian. Komposisi penduduk Eropa sekitar 69 %, keturunan Eropa 13%,  12% penduduk hispanik, 4% keturunan Asia, dan sisanya 2% penduduk asli Amerika. Pendapatan per kapita penduduk Amerika Serikat pada tahun 2013 mencapai 53.143 dolar AS.
  3. Sebagian besar (34,9%) penduduk Amerika Serikat bekerja di sektor manajerial, profesional, dan teknik, keahlian (22,9%), sektor jasa lainnya (16,5%), pertanian, kehutanan, dan perikanan (0,7%). (NationMaster, 2006).
Hubungan dengan Indonesia
  1. Amerika Serikat merupakan mitra dagang terbesar keempat Indonesia setelah Jepang, China, dan Singapura.
  2. Komoditas  perdagangan yang diekspor dari Indonesia adalah getah karet, getah perca, alas kaki, mesin listrik, tekstil, pakaian jadi, barang elektronik, barang hasil industri pakaian, mebel dan perkakas. Sementara itu, ekspor Amerika Serikat ke Indonesia berupa pesawat terbang.
  3. Pada tahun 1952, Amerika Serikat memberikan program beasiswa Fulbright. Amerika memberikan kebebasan maupun keringanan biaya kuliah dan biaya hidup. 
  4. Kementerian Luar Negeri Indonesia dan American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) juga melakukan kerja sama untuk meningkatkan kemampuan diplomat Indonesia.
  5. Di bidang kebudayaan, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta membuka Pusat Kebudayaan Amerika Serikat.

3. Inggris
StrukturDeskripsi
LokasiInggris terletak di Eropa, berbatasan di sebelah utara daengan dengan Samudra Atlantik, di sebelah barat dengan Irlandia dan Samudra Atlantik, di sebelah timur dengan Laut Utara, dan di sebelah selatan dengan Selat English Channel. Luas wilayah Inggris mencapai 244.110 km2 meliputi wilayah England, Scotlandia, Wales, Irlandia Utara, dan sejumlah pulau kecil di sekitarnya. Wilayah ini berukuran 965 km dari utara ke selatan dan lebar 515 km dari timur ke barat.
Keadaan Alam
  1. Inggris terbagi menjadi dua bagian yaitu wilayah yang bergunung-gunung di bagian utara dan dataran rendah dan bagian yang bergelombang di timur dan selatan.
  2. Memiliki iklim sejuk dan basah.
Sumber Daya Alam
  1. Komoditas yang ditanam adalah padi-padian, bit gula, barley (barli), kentang, buah-buahan, dan sayuran. Inggris juga mengembangkan peternakan sapi, domba, babi, ayam dan lain-lain.
  2. Batu bara merupakan hasil tambang yang banyak ditemukan, seperti di Lanarkshire Scotlandia,
  3. Pegunungan Penine, Pegunungan Cambrian Selatan, Pegunungan Cumberland. Inggris juga memiliki berbagai jenis mineral lainnya. Mineral-mineral diantaranya timah putih, tembaga, dan mangan.
    Keadaan Sosial dan Budaya
    1. Pada tahun 2013, penduduk Inggris mencapai 64,1 juta jiwa (WPDS, 2013). Angka pertumbuhan penduduknya hanya 0,4% atau tergolong rendah.
    2. Penduduk Inggris terdiri atas orang Inggris dan sejumlah penduduk pendatang Asia dan Afrika. Orang Inggris terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu bangsa Kelt (mencakup orang Skot, Irlandia, dan Welsh) dan bangsa Jerman (mencakup orang Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman).
    3. Sebagian besar (86,9%) penduduknya beragama Kristen. sisanya adalah Islam, Yahudi, dan tidak beragama (ateis).
    Hubungan dengan Indonesia
    1. Hubungan Indonesia -Inggris terjadi ketika bangsa Inggris mencari rempah-rempah dan hasil bumi lainnya ke Indonesia.
    2. Hubungan perdagangan kedua negara. Indonesia mengekspor minyak bumi, batu bara, baja, dan furniture. Inggris mengekspor ke Indonesia berupa gandum, mesin pabrik, produk IT, makanan olahan, dan lain-lain.

    4. Jerman
    StrukturDeskripsi
    LokasiJerman terletak di antara 470-550 LU dan 60-150 BT. Letak geografisnya berada di Eropa utara dan berbatasan di utara dengan laut Utara, di selatan dengan Austria dan Swiss, di barat dengan Belanda, Prancis, Luxemberg, dan Belgia, di timur dengan Polandia dan Republik Ceko. Jerman memiliki luas wilayah 356.910 km2. Luas wilayahnya tersebut sebelumnya terbagi dua menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur.
    Keadaan Alam
    1. Keadaan alam Jerman dapat dibedakan menjadi Dataran Rendah Utara, Dataran Tinggi Tengah, dan Sistem Pegunungan Alpen. 
    2. Sungai Rhein menjadi prasarana transportasi yang mengangkut hasil pertambangan dan industri dari wilayah ini.
    3. Jerman memiliki iklim kontinen basah. Iklim ini dicirikan dengan musim
    4. winter yang dingin dan summer yang hangat atau lebih panas daripada negaranegara di pantai barat Eropa.
    Sumber Daya Alam
    1. Jerman memiliki sumber daya alam berupa batu bara, minyak bumi,
    2. mangan, timah hitam, dan besi. Batu bara ditambang di daerah Ruhr, Aachen,
    3. dan Sungai Saar. Daerah Ruhr juga menjadi penghasil bijih besi.
    4. Hutan di Jerman mencapai 27% dari luas wilayahnya Jerman sehingga Jerman mengimpor kayu dari Finlandia, Swedia, dan Norwegia.
    Keadaan Sosial dan Budaya
    1. Pada tahun 2013, penduduk Jerman berjumlah 80,6 juta jiwa. Laju pertumbuhan penduduknya adalah -0,2%. Usia harapan hidup penduduk Jerman mencapai 80 tahun dan sebagian besar (73%) dari penduduknya tinggal di daerah perkotaan.
    2. Sekitar 98% pendapatannya diperoleh dari sektor industri, sisanya dari sektor pertanian dan pariwisata. Industri banyak dikembangkan di dekat pertambangan batu bara dan bijih besi seperti di Ruhr dan di sepanjang Lembah Sungai Rhein.
    Hubungan dengan Indonesia
    1. Sejumlah orang Jerman juga datang ke Indonesia bersama Belanda, sebagai insinyur, peneliti, dan ilmuwan.
    2. Sekitar 250 perusahaan Jerman berbisinis di Indonesia dalam bidang transportasi, farmasi, otomotif, dan telekomunikasi. 
    3. Jerman mengimpor tekstil dan garmen, kelapa sawit, kopi, teh, kakao, bahan kimia, karet, tembakau.
    4. Indonesia mengimpor produk industri seperti kendaraan bermotor dan mesin-mesin. 
    5. Hubungan Indonesia dan Jerman dimulai tahun 1952 ketika dibukannya Kantor Perwakilan Indonesia di Bonn.
    6. Jerman dan Indonesia menjalin kerja sama dalam G-20 sebuah kelompok negara-negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropa.
    Posted by Nanang_Ajim
    Mikirbae Updated at: 4:04 PM

    0 komentar:

    Post a Comment

    Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....