Home » » Menangkap Makna Teks Tanggapan Kritis Remaja dan Game Online

Menangkap Makna Teks Tanggapan Kritis Remaja dan Game Online

Teks tanggapan kritis merupakan salah satu jenis teks yang berada pada genre (teks) tanggapan. Dua jenis teks lain adalah teks tanggapan pribadi dan teks reviu. Sebagai teks yang berada di dalam kelompok teks tanggapan, teks tanggapan kritis memiliki tujuan untuk menanggapi pesan yang ada di dalam teks. Agar pesan di dalam teks itu dapat dipahami, kamu harus dapat menangkap makna teks tanggapan kritis. Untuk dapat menangkap makan dalam teks tanggapan kritis harus mengetahui makna kosakata yang berada di dalam teks tersebut. Pada Tugas tulisan ini diharapkan dapat menangkap makna teks tanggapan kritis tentang remaja dan game online. Bacalah teks berikut ini, kemudian pahamilah isinya.

Teks Tanggapan Kritis
Teks tanggapan kritis adalah teks yang berisi tanggapan setuju atau tidak setuju yang disampaikan secara kritis melalui bahasa yang mudah dipahami. Kekritisan tanggapan yang disampaikan sangat ditentukan oleh fakta, data, dan alasan yang dapat meyakinkan orang lain. Tanggapan kritis yang disampaikan itu semakin bermanfaat jika disampaikan dengan data dukung lengkap yang dapat meyakinkan orang lain.

Teks tanggapan kritis memiliki tiga bagian struktur, yaitu evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang.
  1. Evaluasi merupakan bagian awal teks yang berisi pernyataan umum tentang apa persoalan yang disampaikan penulis. Evaluasi ini sama maksudnya dengan penyataan umum dalam teks eksposisi. 
  2. Deskripsi teks merupakan bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan yang menolak pernyataan. 
  3. Sementara itu, penegasan ulang merupakan bagian akhir teks yang bersisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan diputuskan.
Teks Tanggapan Kritis Remaja dan Game Online
game online
StrukturKalimat dalam Teks
EvaluasiKemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game online di internet. Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan waktunya di depan komputer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game online. Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap anak dan lingkungannya.
Deskripsi TeksGame online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar. Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari game online ini. Berikut ini hal-hal yang dapat memengaruhi anak dan lingkungan jika anak atau remaja bermain game online secara berlebihan. Tidak sedikit game online yang beredar mengusung tema kekerasan. Game-game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman, dan tindakan lain yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung oleh anak-anak.

Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Wanita yang berpakaian tidak pantas dan serba terbuka sudah lazim ditemui di gamegame yang beredar. Anak yang bermain game online secara berlebihan dapat membuat anak itu menjadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya. Oleh karena itu, banyak di antara mereka mengabaikan kehidupan nyata. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi dampak yang tidak dapat dihindari apabila anakanak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online.

Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.

Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa 􀀃􀀃game online dapat memengaruhi kemampuan anak ke arah positif seperti merangsang saraf motorik mereka dalam bereaksi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motorik mata dan tangan menjadi lebih terlatih, merangsang kemampuan mereka dalam berstrategi, dan merangsang kemampuan mereka berpikir untuk memecahkan masalah.

Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi negatif, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan. Anak hanya akan peduli pada dirinya sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada 2009 mengatakan bahwa ada hubungan antara kecenderungan game online dengan ranah keterampilan sosial, yaitu korelasi negatif yang signifikan antara kecanduan game online dan sensitivitas emosional serta ekspresi sosial.

Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat dapat diselesaikan jika orang tua dan anak-anak selalu berkomunikasi, memahami apa itu hobi, serta kapan dan di mana anak harus bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.
Penegasan UlangSecara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secara akademis. Banyak juga dampak positif yang diterima oleh anak dan lingkungannya jika mereka bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.

Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing. Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.
Diolah dari sumber: http//www/danu-pungky-w.blog.ugm.ac.id

Teks tanggapan kritis “Remaja dan Game Online” di atas memiliki beberapa kata yang maknanya sulit untuk dipahami. Untuk itu, tentukanlah deskripsi makna kata-kata berikut. Untuk membantu dalam mengerjakan tugas dapat menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai acuan dalam mendeskripsikan maknanya.
No.Kata-kata SulitDeskripsi Makna
1.teknologikeseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia;
2.game onlinejenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet), 
3.dampakpengaruh kuat yang mendatangkan akibat (baik negatif maupun positif);
4.mengusungmengangkut (membawa)
5.hasratkeinginan (harapan) yang kuat:
6.komprehensifluas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi);
7.ranahelemen atau unsur yang dibatasi; bidang disiplin;
8.akademisbersifat ilmiah; bersifat ilmu pengetahuan; bersifat teori, tanpa arti praktis yang langsung:
9.proporsionalsesuai dengan proporsi; sebanding; seimbang; berimbang:
10.kecanduankejangkitan suatu kegemaran (hingga lupa hal-hal yang lain):

Untuk memperdalam pemahaman tentang penggunaan kata-kata yang maknanya sudah ditulis itu, buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut dengan menggunakan kata-kata sendiri.
No.KataKalimat
1.teknologiSebagai pelajar, kamu harus mengikuti perkembangan teknologi karena dapat membantu perkembangan pendidikanmu.
2.game onlineBiasanya game online disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. 
3.dampakArus globalisasi yang melanda seluruh dunia mempunyai dampak bagi bidang sosial budaya suatu bangsa.
4.mengusungDari 15 daerah itu, 12 daerah di antaranya disebabkan karena tidak ada titik temu dalam mengusung calon yang sama.
5.hasratSamheru mengatakan bahwa Hendarji punya hasrat politis meraih kekuasaan, sebab ia pernah kalah bersaing di Pemilu Kepala Daerah DKI Jakarta 2012.
6.komprehensifAsuhan kebidanan komprehensif adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan secara lengkap dengan adanya pemeriksaan laboratorium sederhana dan konseling.
7.ranahRanah Psikomotor berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.;
8.akademisTidak semua peserta didik memiliki keunggulan akademis karena ada juga yang justru menonjol di bidang seni dan olahraga. 
9.proporsionalPenerapan sistem proporsional terbuka dalam pemilihan calon anggota legislatif berpotensi melanggengkan praktik politik berbiaya tinggi.
10.kecanduanSemenjak 2009 terus menelurkan album, singles, dan EP setiap tahun, musisi jazz berparas cantik ini semakin kecanduan musik.

Tentukan pula kalimat utama di dalam bagian struktur yang membangun teks tanggapan kritis “Remaja dan game online” di atas. Jika bagian struktur teks itu memiliki lebih dari satu paragraf, kalimat utama bagian struktur teks itu juga lebih dari satu. Kerjakanlah tugas tersebut sesuai dengan format berikut!
No.Struktur TeksKalimat Utama
1.EvaluasiKemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game online di internet.
2.Deskripsi Teks
  1. Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar. 
  2. Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi oleh anak-anak. 
  3. Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar.
  4. Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa 􀀃􀀃game online dapat memengaruhi kemampuan anak ke arah positif.
  5. Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi negatif, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan. 
  6. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat dapat diselesaikan
3.Penegasan Ulang
  1. Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif. 
  2. Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing. 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:11 PM

3 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....