Home » » Karakteristik dan Perkembangan Individu

Karakteristik dan Perkembangan Individu

Perkembangan individu merupakan pola gerakan atau perubahan yang secara dinamis dimulai dari pembuahan atau konsepsi dan terus berlanjut sepanjang siklus kehidupan manusia yang terjadi akibat dari kematangan dan pengalaman (Hurlock, 1991; Rice, 2002). Menurut Hurlock (1991), dalam perkembangan ada dua proses yang bertentangan yang terjadi secara serempak selama kehidupan, yaitu pertumbuhan yang disebut evolusi dan kemunduran yang disebut dengan involusi. Pada awal kehidupan manusia yang berperan adalah evolusi, sedangkan involusi lebih berperan pada akhir kehidupan, yaitu perubahan-perubahan yang bersifat mundur.

Perubahan-perubahan dalam perkembangan individu merupakan hasil dari proses-proses biologis, kognitif dan sosio-emosional yang saling berkaitan. Proses biologis meliputi perubahan pada sifat fisik individu yang semakin bertambah usia akan mengarah kepada kematangan. Untuk proses kognitif meliputi perubahan pada pemikiran, intelegensi dan bahasa individu, sedangkan proses sosio-emosional meliputi perubahan pada relasi individu dengan orang lain, serta perubahan emosi dan kepribadian yang menyertainya.

Dalam Perkembangan Individu ini ada dua istilah yang sering muncul, pertama perkembangan (development) dan kedua adalah pertumbuhan (growth). Istilah perkembangan dititikberatkan pada aspek-aspek yang bersifat psikis (kualitatif), sedangkan pertumbuhan dipakai untuk perubahan-perubahan yang bersifat fisik (kuantitatif). Antara fisik dan psikis ini saling berkaitan dalam menelaah kehidupan manusia. Secara lebih rinci, perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan adalah sebagai berikut:
  1. Pertumbuhan (Growth) : pertumbuhan cenderung lebih bersifat kuantitatif dan berkaitan dengan aspek fisik. Contoh : ukuran berat dan tinggi badan, ukuran dimensi sel tubuh, umur tulang  yang bisa diukur.
  2. Perkembangan (Development): Perkembangan cenderung lebih bersifat kualitatif, berkaitan dengan pematangan fungsi organ individu Contoh :1) Bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur, misalnya dalam perkembangan bahasa, emosi, intelektual, perilaku 2) Perkembangan periode bayi sampai anak. Kita melihat bahwa bayi dan anak berbeda sebagai hasil dari pertumbuhan, tetapi disini juga terdapat perubahan struktur dan bentuk.
1. Pengertian Individu
“Manusia” adalah makhluk yang dapat dipandang sebagai makhluk yang berpikir “Homo sapiens” , makhluk yang berbentuk “Homo faber”, makhluk yang dapat dididik “Homo educandum” dan seterusnya. Manusia secara utuh adalah manusia sebagai pribadi yang merupakan pengejawantahan menunggalnya berbagai karakter hakiki atau sifat kodrati manusia yang seimbang antar berbagai segi, yaitu antara segi : individu dan sosial, jasmani dan rohani, dan dunia dan akhirat.

Setiap manusia pada dasarnya sebagai pribadi atau individu yang utuh. Individu berarti tidak dapat dibagi-bagi, tidak dapat dipisahkan keberadaannya sebagai makhluk yang pilah, tunggal, dan khas. Seseorang berbeda dengan orang lain karena ciri-cirinya yang khusus itu (Webster‟s : 743). Menurut Kamus Echols & Shadaly, Individu adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan, oknum (Echols, 1975 :519).

2. Karateristik Individu
Setiap individu memiliki ciri dan sifat atau karateristik bawaan dan karateristik yang diperoleh dari pengaruh lingkungan. Karateristik bawaan merupakan karateristik keturunan yang dimiliki sejak lahir, baik yang menyangkut faktor biologis maupun faktor sosial psikologis. Natur dan Nurture merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menjelaskan karateristik-karateristik individu dalam hal fisik, mental, dan emosional pada setiap tingkat perkembangan. Karateristik yang berkaitan dengan perkembangan faktor biologis cenderung lebih bersifat tetap, sedang karateristik yang berkaitan dengan sosial psikologis lebih banyak di pengaruhi oleh faktor lingkungan.

B. Perbedaan Individu
Dari perbedaan bahasa bermacam-macam aspek perkembangan individu, dikenal ada dua fakta yang menonjol, yaitu :
  1. Semua manusia mempunyai unsur-unsur kesamaan di dalam pola perkembangannya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:01 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....