Home » » Menyunting Teks "Pele"

Menyunting Teks "Pele"

Untuk mengetahui apa saja peran para tokoh dunia, bisa mempelajari berbagai catatan dan rekaman sejarah dari sejumlah sumber. Pencatatan peristiwa tersebut termasuk salah satu bentuk teks cerita ulang, sementara catatan perjalanan kehidupan tokohnya disebut biografi, atau disebut bentuk teks cerita ulang biografi. Banyak sekali tokoh dunia yang menjadi inspirasi bagi banyak orang karena keuletanya maupun karyanya. Melalui pengalaman masa lalu mereka dapat memberi informasi, atau menghibur pembacanya.

Struktur teks cerita ulang terdiri dari orientasi yang merupakan bagian pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh atau pelaku di dalam teks biografi. Bagian peristiwa atau kejadian yang dialami tokoh berisi peristiwa atau kejadian yang terjadi atau pernah dialami oleh tokoh, termasuk masalah yang dihadapinya dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Hal yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan mengharukan yang dialami tokoh juga diuraikan dalam bagian peristiwa. Sedangkan bagian penutup atau reorientasi, berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan.

Salah satu tokoh dunia dalam bidang olahraga khususnya sepak bola adalah Pele. Legenda sepakbola satu ini terlahir dengan nama lengkap Edson Arantes Do Nascimento. Pele adalah satu-satunya pemain yang merasakan tiga kali mengangkat tropi Piala Dunia, pemain paling jenuis yang pernah terlahir di muka bumi. dijuluki sebagai pesepakbola paling sempurna. Setiap kali “Selecao” bermain cantik, orang pasti mengidentikannya dengan kehadiran si pemilik No. 10 tersebut.
pele
Pada tugas sebelumnya abstrak yang telah dibuat tersebut itu dapat diubah menjadi sebuah teks cerita ulang biografi yang menceritakan riwayat hidup Pele, pesepak bola dunia itu. Untuk memudahkan pengerjaannya, berikut ini disediakan orientasi, paragraf pembuka sebagai pengantar berbagai peristiwa dalam perjalanan karier Pele. Berikutnya, lanjutkanlah urutan peristiwa yang terjadi sesuai dengan hasil pengamatan. Urutan peristiwa itu dapat kalian bagi ke dalam beberapa tahap bergantung pada informasi yang akan kalian sampaikan. Dalam bagian penutup, dapat disampaikan pendapat pribadi tentang tokoh yang diceritakan tersebut.

Struktur TeksPeristiwa
Orientasi
  1. Pele dikenal sebagai seniman sepak bola indah.
  2. Pelé lahir pada 23 Oktober 1940 di Tres Coracoes, Brazil.
  3. Pele adalah anak dari Dodinho dengan Dona Celeste Arantes. 
  4. Awalnya dia dipanggil dengan nama Dico tapi kemudian ia dipanggil sebagai Pelé oleh teman-temannya
Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh
  1. Pele hidup dalam kemiskinan di Sao Paulo.
  2. Pele memulai karier profesionalnya di Klub Santos.
  3. Dalam penampilan pertamanya di Piala Dunia, Pele membawa Brasil menjadi juara dunia (1958).
  4. Pele bermain dalam Piala Dunia dan klubnya (Brasil) meraih kemenangan (1970).
  5. Pele mengisyaratkan akan berhenti sebagai pesepak bola dengan meletakkan bola 20 menit sebelum pertandingan final dan berlutut di tengah lapangan (1974).
  6. Karena kesulitan keuangan, Pele menerima tawaran main untuk Klub Cosmos, New York (1975).
  7. Pele pensiun dari Cosmos (1977).
  8. Pele ditunjuk menjadi Menteri Olahraga Brasil (1994).
  9. Pele menjadi Player of The Century.
ReorientasiPelé tampil sebanyak 92 kali dengan mencetak 77 gol (rekor gol terbanyak untuk Brasil sampai saat ini). Pele adalah bintang, bahkan pahlawan bagi para pecandu sepak bola. Rekor yang diukirnya luar biasa, dan di atas segalanya dia telah menjadikan sepak bola bukan hanya permainan, melainkan juga keindahan.

Teks Cerita Ulang "Pele"
Setelah semua informasi tentang Pele terkumpul dan dikelompokkan dengan baik, rangkailah dengan kalimat yang runtut dan bernalar sesuai dengan kaidah kebahasaan dalam menyusun teks cerita ulang biografi. Cermati secara saksama pemilihan kata dan struktur kalimat yang kalian pergunakan. Perhatikan contoh berikut ini.

Struktur TeksPeristiwa
OrientasiSalah satu pesepak bola yang mengguncang dunia adalah Pele. Pele dikenal sebagai seniman sepak bola indah. Selama dua dekade dia mendominasi dunia sepak bola. Dia berhasil membawa Brasil beberapa kali menjadi juara Piala Dunia. Edison Arantes do Nascimento atau lebih dikenal sebagai Pelé lahir pada 23 Oktober 1940 di Tres Coracoes, Brazil. Pele adalah anak dari Dodinho dengan Dona Celeste Arantes. Awalnya dia dipanggil dengan nama Dico tapi kemudian ia dipanggil sebagai Pelé oleh teman-temannya merujuk pada kiper Vasco da Gama yang merupakan idolanya, Bilé.
Urutan Peristiwa Kehidupan TokohPelé hidup dalam kemiskinan di Sao Paulo. Dia mencari uang tambahan sebagai pelayan di kedai teh setempat. Dia kemudian bergabung dengan klub lokal Bauru sejak 1952 namun Pelé tidak mampu membeli sepatu bola. Ia kemudian bermain dengan mengikatkan koran bekas di kakinya sebagai sepatu, dan buah jeruk sebagai bolanya.

Pada tahun 1956, Pelé mengikuti seleksi pemain sepakbola di klub Santos, sebuah klub kecil di luar Sao Paulo.  Pelé kemudian memulai debutnya di Santos pada 7 September 1957 mencetak 1 gol dalam kemenangan 7-1 melawan Corinthians dalam pertandingan eksebisi. Pada akhir musim kompetisi Pelé keluar sebagai top scorer liga pada umur 16 tahun. Trofi pertama untuk Pelé bersama Santos adalah Campeonato Paulista atau juara liga dimana Pelé secara menakjubkan keluar sebagai pancetak gol terbanyak dengan 56 gol. Pada 1960 Pelé berhasil membawa Santos memenangkan trofi Campeonato Paulista akan tetapi kalah dalam Torneio Rio-São Paulo. Pelé menyelesaikan kompetisi dengan mencetak 47 gol.

Pertandingan pertama Pelé dalam piala dunia adalah melawan Uni Soviet pada Pilas Dunia 1958 di Swedia. Ia adalah pemain termuda dalam turnamen itu. Pelé menjadi orang termuda yang pernah tampil dalam final Piala Dunia dalam usia 17 tahun 249 hari. Dia mencetak 2 gol pada pertandingan itu, salah satunya di daulat sebagai salah satu gol teindah dalam sejarah Piala Dunia. Pelé menjadi runner-up top scorer dalam turnamen tersebut, di bawah Just Fontaine dengan 6 gol. Brasil pun meraih trofi Piala Dunia nya yang pertama dalam sejarah.

Pada Piala Dunia 1962 di Chile Pelé memulai pertandingan melawan Mexico dimana Pelé memberi 1 assist dan kemudian mencetak gol kedua. Pertandingan itu sendiri berkesudahan 2-0. Sayangnya ia cedera ketika melawan Cekoslowakia. Hal ini membuat Pelé absen sepanjang turnamen, perannya dalam tim Brasil digantikan oleh Garrincha yang berhasil membawa Brasil meraih gelar Piala Dunia ke duanya.

Pelé dipanggil untuk memperkuat tim Brasil selama Piala Dunia 1970 di Brazil. Tim Brasil saat itu disebut-sebut sebagai tim terbaik sepanjang masa dengan Pelé, Rivelino, Jairzinho, Tostão, Gérson, Carlos Alberto Torres dan Clodoaldo sebagai anggotanya. Pelé menyelesaikan turnamen dengan mencetak 6 gol. Trofi Jules Rimet pun menjadi milik Brasil selamanya. Selama berkostum Seleção,

Pelé kemudian pensiun sebagai pemain Santos pada tahun 1974. Pele akan berhenti sebagai pesepak bola dengan meletakkan bola 20 menit sebelum pertandingan final dan berlutut di tengah lapangan. Selama 17 tahun kariernya bersama Santos Pelé telah mengoleksi total 1.115 penampilan dan mencetak 1.091 gol. Ini merupakan sebuah rekor klub. Sepanjang kariernya di Santos Pelé telah mempersembahkan 10 trofi Campeonato Paulista, 4 trofi Torneio Rio-São Paulo, 5 trofi Taca Brazil, 1 trofi Recopa Int. dan trofi Torneio Roberto Gomes Pedrosa.

Karena kesulitan keuangan, Pele menerima tawaran main untuk Klub Cosmos, New York (1975). Walaupun telah berumur 34 tahun, namun kemampuan Pelé masih memukau. Dia bahkan mengantarkan New York Cosmos menjadi juara NASL (North American Soccer League) pada tahun ketiga nya. Total Pelé tampil dalam 107 pertandingan dan mencetak 64 gol.

Pada 1 Oktober 1977 Pele pensiun dari Cosmos dan menutup karir fantastisnya sebagai seorang legenda sepakbola dengan sebuah pertandingan persahabatan antara FC Santos dan New York Cosmos. Pertandingan tersebut digelar di Giants Stadium, New Jersey.

Setelah resmi pensiun Pele lebih banyak aktif di kegiatan-kegiatan amal dan acara yang digelar FIFA dimana Pele menjadi bintang tamunya. Pele juga sempat menjalani profesi sebagai actor. Namun demikian, dia masih terlibat dengan dunia olahraga. Pada 1994, pemerintah Brasil menunjuknya untuk menduduki jabatan sebagai menteri olahraga.

Sepak bola telah melambungkan nama dan popularitas Pele. Prestasinya di bidang ini membuat Internasional Olimpyc Commite menjulukinya sebagai Athlete of The Century (olahragawan abad ini) dan FIFA atau organisasi sepakbola dunia menggelarinya sebagai Player of The Century. 
ReorientasiPelé tampil sebanyak 92 kali dengan mencetak 77 gol (rekor gol terbanyak untuk Brasil sampai saat ini). Pele adalah bintang, bahkan pahlawan bagi para pecandu sepak bola. Rekor yang diukirnya luar biasa, dan di atas segalanya dia telah menjadikan sepak bola bukan hanya permainan, melainkan juga keindahan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....